Widget HTML #1

Program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)

 Program-Guru-Belajar-seri-Pegawai-Pemerintah-dengan-Perjanjian-Kerja-(-PPPK-)

Program Guru Belajar seri Pendidikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) adalah Program pembelajaran yang dirancang untuk membantu para Guru Non PNS dalam memahami tujuan pembelajaran mandiri calon Guru PPPK.

Bagi Guru Non PNS yang berkeinginan mengikuti tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dan ingin mengetahui kompetensi serta mampu melakukan sesuai kompetensi yang dimilikinya, silahkan masuk ke laman https://portal-belajar.simpkb.id/seri-pppk/. 

Portal tersebut hadir menyediakan fasilitas untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan serta latihan soal-soal sebagai bekal dalam mengikuti seleksi Guru PPPK, saat ini masih belum bisa di akses ya... harap bersabar.

Adapun tujuan program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja adalah sebagai berikut:

  • Guru mampu menggunakan bahan belajar mandiri dan latihan soal yang membekali pengetahuan dan keterampilan dalam mengikuti seleksi Guru PPPK.
  • Guru mampu menggunakan sistem bahan belajar mandiri yang User Friendly (mudah, ringan, ringkas).
  • Guru mampu menggunakan komunitas pembelajaran (Learning Community) dalam mengkonstruk pengetahuan dan keterampilannya.

Adapun tahapan Program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja adalah sebagai berikut:

  • Tahap 1, Pada tahap ini peserta terlebih dahulu mengikuti Orientasi yang membekali peserta mengenai tantangan belajar mandiri, tujuan, manfaat, dan alur sistem belajar mandiri calon Guru PPPK, penjelasan pentingnya komunitas pembelajaran, penjelasan teknis dan penggunaan sistem bahan belajar mandiri.
  • Tahap 2, Pada tahap ini peserta akan disediakan bahan belajar mandiri dan latihan soal sebagai bekal dalam mengikuti seleksi Guru, sistem bahan belajar mandiri yang User Friendly (mudah, ringan, dan ringkas), pendekatan pedagogi belajar mandiri secara daring dengan menggunakan konstruktivisme sosial melalui komunitas pembelajaran.
  • Tahap 3, Membiasakan calon guru PPPK mencoba soal-soal sesuai bidang studinya. Mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman substansi materi sesuai bidang studinya.

Apa saja sih yang didapatkan peserta Program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja?

  • Mendapatkan pengalaman belajar yang seru.
  • Mendapatkan pengalaman belajar bersama sesama guru.
  • Akan lebih siap dalam menghadapi seleksi guru PPPK nanti.

Program-Guru-Belajar-seri-Pegawai-Pemerintah-dengan-Perjanjian-Kerja-(-PPPK-)
Gambar 1

Untuk jadwal pelaksanaan program berdasarkan tahapannya, seperti tadi yang saya sampaikan, masih harus bersabar ya... karena web nya masih belum bisa di akses...😎

Siapa saja ya yang bisa menjadi peserta Program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja? Hanya ada dua syaratnya, pertama semua Guru Non PNS dan kedua adalah guru yang telah memiliki Akun SIM PKB.

Nah... untuk syarat yang kedua, para guru Non PNS wajib terdaftar di Aplikasi Dapodik. Karena dengan terdaftar nya di Dapodik, maka otomatis akan memiliki Akun SIM PKB. Tapi jangan senang dulu 😂 karena tahapan untuk dapat memiliki Akun SIM PKB harus melewati beberapa langkah.

Langkah pertama adalah mencari Nomor UKG nya dulu, apakah sudah terbit atau belum. Biasanya sih seminggu sampai sebulan semenjak terdaftar di Dapodik, itu rentang waktu paling cepat ya... Baca jugaPanduan Pencarian Nomor UKG.

Langkah selanjutnya adalah registrasi. Apabila Nomor UKG nya sudah terbit atau ditemukan, maka segera registrasi kan agar dapat memiliki Akun SIM PKB. Baca jugaPanduan Registrasi Akun SIM-PKB, harus banyak-banyak literasi ya, biar pinter... hee.

Langkah terakhir, setelah registrasi nanti akan muncul username dan password untuk bisa login ke Portal SIM PKB [https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/]. 

Username dan password itulah nanti yang disebut Akun SIM PKB. Simpan baik-baik akun tersebut jangan sampai hilang atau lupa, simpan file PDF nya ya...


Segera daftarkan bagi yang belum terdaftar di SIM PKB sebelum nantinya bermasalah.

Selamat berjuang dan tercapai apa yang di cita-cita kan ya...


Salam Satu Data Pendidikan Indonesia

Post a Comment for "Program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)"