Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

BEASISWA PRESTASI TALENTA [S1 Dalam Negeri/Luar Negeri]

 

BEASISWA-PRESTASI-TALENTA-[S1-Dalam-Negeri/Luar-Negeri]

Fokus utama pembangunan Indonesia yang dituangkan pada RPJP 2020-2025, sejalan dengan amanat UUD 1945, yaitu peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan inovasi. Isu strategis tersebut diejawantahkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024 sebagaimana diatur di dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020. Agenda utama Presiden salah satunya adalah pengelolaan Manajemen Talenta Nasional dengan arah kebijakan dan strategi sebagai berikut:

  1. Pemetaan kebutuhan dan persediaan talenta berdasarkan bidang keahlian dan profesi;
  2. Pengelolaan database persediaan dan kebutuhan talenta (talent pool);
  3. Peningkatan keahlian, kapasitas, dan kinerja serta pengembangan karir dan prestasi talenta;  
  4. Penciptaan lingkungan yang kondusif sebagai daya tarik untuk mengakuisisi talenta, serta bagi pengembangan potensi, minat, keahlian, dan prestasi talenta, dan;
  5. Pembentukan Lembaga Manajemen Talenta Indonesia.

Melalui Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia berupaya mensukeskan agenda Manajemen Talenta Nasional tersebut dengan membangun Sumber Daya Manusia Unggul di hulu proses pengembangan. Pembentukan talenta ini dilakukan dalam ruang lingkup peserta didik dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini hingga jenjang Perguruan Tinggi (yang mencapai lebih dari 52 juta siswa, mahasiswa serta santri). 

Pada tahun 2020, Pusat Prestasi Nasional telah menyelanggarakan ajang kompetisi / olimpiade / lomba / festival / eksibisi guna menemukenali talenta peserta didik tersebut dengan mengkanalisasi berdasar bidang-bidang tertentu yaitu (1) Bidang sains, riset, teknologi dan inovasi; (2) Bidang seni, bahasa, dan literasi; (3) Bidang vokasi dan kewirausahaan; serta (4) Bidang olahraga dan kebugaran jasmani. Ajang-ajang ini telah menghasilkan sekitar 2309 talenta berprestasi di tingkat nasional, serta 68 raihan penghargaan internasional.

Dalam membangun serta mengembangkan potensi ketalentaan seluruh anak-anak Indonesia, perlu ada kolaborasi yang konsisten dari seluruh elemen bangsa. Oleh karena itu, dalam rangka menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk talenta-talenta berprestasi, Kemendikbud melalui Pusat Prestasi Nasional dengan dana yang bersumber dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) membuka kesempatan dengan memberikan beasiswa prestasi untuk program S1 Dalam Negeri dan S1 Luar Negeri dalam rangka mensukseskan karir belajar talenta muda Indonesia. 

Apa Itu Beasiswa Prestasi Talenta?

Beasiswa Prestasi Talenta untuk S1 merupakan penghargaan yang diberikan kepada:

  1. Peserta didik berprestasi di tingkat nasional dan internasional pada Bidang sains, riset dan teknologi; Bidang seni, budaya dan literasi, Bidang vokasi dan kewirausahaan; serta Bidang olahraga dan kebugaran jasmani.
  2. Peserta didik pra-sejahtera berprestasi akademik non pemenang kompetisi yang berhasil diterima di 15 (lima belas) Perguruan Tinggi Utama Dunia yang ditetapkan oleh LPDP.

Penghargaan yang diberikan kepada perserta didik berprestasi dan peserta didik pra-sejahtera sebagai bentuk fasilitasi pengembangan karir belajar dan karir profesional talenta emas Indonesia dalam kerangka Manajemen Talenta Nasional dengan mengacu pada skala prioritas berdasarkan kriteria dan persyaratan yang telah ditentukan.

Siapa Saja Sasaran Beasiswa Prestasi Talenta?

Sasaran dari program Beasiswa Prestasi Talenta yaitu:

  1. Pemenang lomba/kompetisi/festival tingkat Nasional dan Internasional yang diselenggarakan atau difasilitasi oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk program S1 dan S2 dalam negeri maupun luar negeri. Lomba/kompetisi/festival meliputi 4 bidang pengembangan talenta yaitu: i) Sains, Riset dan Teknologi, ii) Seni, Budaya dan Literasi, iii) Vokasi dan Kewirausahaan, iv) Olahraga dan Kebugaran Jasmani.
  2. Peraih medali/penghargaan untuk pemenang pada ajang talenta internasional yang tidak dilaksanakan dan/atau tidak difasilitasi langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  3. Peserta didik pra-sejahtera non pemenang kompetisi/lomba/ festival yang berhasil diterima untuk melanjutkan studi S1 Luar Negeri di 15 (lima belas) Perguruan Tinggi Utama Dunia yang ditetapkan oleh LPDP.

Skema Beasiswa Prestasi Talenta

Beasiswa Prestasi Talenta diberikan untuk jenjang pendidikan:

  1. S1 Dalam Negeri dengan masa belajar paling lama 4 (empat) tahun. 
  2. S1 Luar Negeri dengan masa belajar paling lama 4 (empat) tahun Khusus untuk program studi kedokteran tidak termasuk dalam Beasiswa Prestasi Talenta ini.

Kriteria Pendaftar Beasiswa Prestasi Talenta

Adapun sasaran dari program Beasiswa Prestasi Talenta adalah sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia (dibuktikan dengan salinan KTP atau salinan Kartu Keluarga). 
  2. Telah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / sederajat (dibuktikan dengan salinan ijazah atau legalisir Surat Keterangan Lulus). 
  3. Pemenang lomba / kompetisi / festival tingkat internasional dan nasional yang diselenggarakan / difasilitasi oleh Kemendikbud dalam 4 bidang pengembangan talenta yaitu: i) Sains, Riset dan Teknologi, ii) Seni, Budaya dan Literasi, iii) Vokasi dan Kewirausahaan, iv) Olahraga dan Kebugaran Jasmani Dibuktikan dengan sertifikat atau dalam bentuk lainnya yang menginformasikan mengenai ketentuan tersebut. 
  4. Peraih medali / penghargaan olimpiade / kompetisi internasional di bidang akademik dan non akademik yang tidak dilaksanakan dan/atau tidak difasilitasi langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  5. Peserta didik pra-sejahtera yang berhasil diterima untuk melanjutkan studi S1 Luar Negeri di 15 (lima belas) Perguruan Tinggi Utama Dunia yang ditetapkan oleh LPDP, dibuktikan dengan Letter of Acceptance (LoA) unconditional. 
  6. Tidak sedang mendapatkan beasiswa dari sumber lainnya. 
  7. Telah diterima pada perguruan tinggi yang telah ditentukan. 
  8. Efektivitas pemberian beasiswa sangat penting. Oleh karena itu, seleksi tertentu diberlakukan dengan memperhatikan derajat prestasi, ketersediaan anggaran, integritas kepribadian dan kebangsaan peserta didik, orientasi Desain Besar Manajemen Talenta Nasional, dan kriteria lainnya yang dinilai penting sesuai dengan kebutuhan pengembangan talenta emas Indonesia. 
  9. Beasiswa diperuntukkan bagi jalur reguler, jalur afirmasi dan jalur disabilitas. 

Apa Saja Komponen Biaya yang Diberikan?

1. Komponen Pembiayaan S1 Dalam Negeri

Biaya Pendidikan:

  • Biaya Pendaftaran 
  • Biaya SPP/Tuition Fee 
  • Tunjangan Buku 
  • Biaya Skripsi

Biaya Pendukung:

  • Transportasi 
  • Asuransi Kesehatan 
  • Biaya Hidup Bulanan 
  • Biaya Kedatangan 
  • Biaya Keadaan Darurat

Biaya Pendukung (Penerima beasiswa disabilitas):

  • Dana Transportasi Pendamping 
  • Dana Asuransi Kesehatan 
  • Pendamping 
  • Biaya Pendukung Lainnya yang disetujui LPDP

2. Komponen Pembiayaan S1 Luar Negeri

Biaya Pendidikan:

  • Biaya Pendaftaran 
  • Biaya SPP/Tuition Fee 
  • Tunjangan Buku 
  • Biaya Skripsi

Biaya Pendukung:

  • Transportasi 
  • Aplikasi Visa/Residence Permit
  • Asuransi Kesehatan 
  • Biaya Hidup Bulanan 
  • Biaya Kedatangan 
  • Biaya Keadaan Darurat

Persyaratan Umum Pendaftaran Beasiswa Prestasi Talenta

Persyaratan umum Beasiswa Prestasi Talenta program S1 dalam negeri dan luar negeri adalah sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia (dibuktikan dengan salinan KTP atau salinan Kartu Keluarga). 
  • Telah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/sederajat (dibuktikan dengan salinan ijazah atau legalisir Surat Keterangan Lulus), atau sedang melaksanakan studi pada Perguruan Tinggi tertentu maksimal Semester IV pada saat pendaftaran calon penerima beasiswa LPDP. 
  • Memiliki integritas kebangsaan sebagai Pelajar Pancasila calon penerus masa depan bangsa. 
  • Mengunggah Surat Keterangan sehat jasmani dan bebas NAPZA (Narkotika, Alkohol, Psikotropika dan Zat Adiktif). 
  • Mengunggah sertifikat juara/pemenang lomba/kompetisi/festival tingkat nasional maupun internasional.
  • Memperoleh Letter of Acceptance (LoA) Unconditional dari Perguruan Tinggi bagi calon mahasiswa yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi atau Surat Keterangan sebagai mahasiswa aktif di Perguruan Tinggi untuk mahasiswa on going
  • Mengunggah transkip akademik bagi mahasiswa on going (Persyaratan IPK untuk Sains, Riset dan Teknologi = 3,25 dan untuk 3 (tiga) jenis bidang lainnya = 2,75 pada skala 4). 
  • Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran online
  • Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler dan tidak diperuntukkan untuk kelas-kelas sebagai berikut:
       - Kelas Eksekutif; 
       - Kelas Khusus; 
       - Kelas Karyawan; 
       - Kelas Jarak Jauh; 
       - Kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk; 
       - Kelas Internasional khusus tujuan Dalam Negeri; 
       - Kelas yang diselenggarakan di lebih dari 1 negara perguruan tinggi; atau
       - Kelas lainnya yang tidak memenuhi ketentuan.
  • Mengisi surat bermeterai Rp. 10.000 (format terlampir). 
  • Pendaftar beasiswa yang telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa tidak dapat mengajukan perpindahan Perguruan Tinggi tujuan dan Program Studi tujuan, terkecuali apabila terdapat sesuatu hal atau kendala yang bukan masalah akademis dan harus diketahui serta disetujui oleh Pengelola Beasiswa
  • Ketentuan batas usia mendaftar pada tanggal 31 Desember di tahun pendaftaran yaitu paling tinggi berusia 22 tahun. 
  • Program studi yang dipilih tidak harus linier dengan bidang prestasi yang dimenangkan.

Persyaratan Khusus Pendaftaran Beasiswa Prestasi Talenta

Program S1 Dalam Negeri

Untuk Pemenang Lomba Pendidikan Menengah (SMA/SMK) dan DIKTI:

  • Wajib mengunggah sertifikat juara/ pemenang lomba / kompetisi / festival tingkat nasional maupun internasional. 
  • Memperoleh LoA Unconditional dalam batas sebelum masa pendaftaran berakhir. 
  • Untuk mahasiswa on going, maksimal Semester IV dan mengunggah transkip akademik (Persyaratan IPK untuk Sains, Riset dan Teknologi = 3,25 dan untuk 3 (tiga) jenis bidang lainnya = 2,75 pada skala 4). 
  • Menyusun tulisan yang terdiri dari personal statement yang berisi rencana kontribusi di Indonesia pasca studi.

Untuk Pemenang Lomba Pendidikan Khusus (Difabel):

  • Wajib mengunggah sertifikat juara/ pemenang lomba / kompetisi / festival tingkat nasional maupun internasional.
  • Memperoleh LoA Unconditional dalam batas sebelum masa pendaftaran berakhir. 
  • Menyusun tulisan yang terdiri dari personal statement yang berisi rencana kontribusi di Indonesia pasca studi. 
  • Melampirkan surat keterangan yang menyatakan jenis kekhususan dari Rumah Sakit atau Dokter Spesialis. 
  • Melampirkan surat persetujuan dari orang tua tanda tangan di atas materai 10.000. 
  • Melampirkan surat permohonan pendamping bagi calon penerima beasiswa.
  • Calon Mahasiswa Difabel yang dapat mengajukan beasiswa ini yaitu Autis, Tuna Netra, Tuna Rungu, Tuna Wicara, Tuna Daksa.

Program S1 Luar Negeri

Untuk Prestasi Lomba/Kompetisi/ Festival Pendidikan Menengah (SMA/SMK/sederajat):

  • Wajib mengunggah sertifikat juara/ pemenang lomba / kompetisi / festival tingkat nasional maupun internasional. 
  • Memperoleh LoA Unconditional dalam batas sebelum masa pendaftaran berakhir. 
  • Menyusun tulisan yang terdiri dari personal statement yang berisi rencana kontribusi di Indonesia pasca studi. 
  • Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku. TOEFL ITP® 450, atau TOEFL IBT® 52, atau TOEFL CBT® 155, atau TOEIC® 625, atau PTE® (Pearson Test of English) 34, atau IELTS™ 4.5.

Untuk Peserta Didik Berprestasi Akademis yang Telah Diterima di 15 Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD):

  • Wajib mengunggah Letter of Acceptance (LoA) Unconditional dari salah satu Perguruan Tinggi Utama Dunia pada saat mendaftar. 
  • Mengunggah Surat Keterangan Tidak Mampu dari lembaga yang relevan/berwenang dan/atau bukti pendukung lainnya (Contoh: KIP). 
  • Mengunggah transkip akademik bagi mahasiswa on going dengan IPK minimal 3,25. 
  • Menyusun tulisan yang terdiri dari personal statement yang berisi rencana kontribusi di Indonesia pasca studi dalam Bahasa Inggris. 
  • Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan Bahasa Inggris (bisa menggunakan TOEFL ITP® 450, atau TOEFL IBT® 52, atau TOEFL CBT® 155, atau TOEIC® 625, atau PTE® (Pearson Test of English) 34, atau IELTS™ 4.5).

Contoh Dokumen Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris dapat dilihat pada Frequently Asked Questions Beasiswa Unggulan.

Kriteria Perguruan Tinggi Tujuan

Untuk sasaran peraih medali nasional dan internasional:

  1. S1 Dalam Negeri: 1.643 perguruan tinggi negeri maupun swasta di dalam negeri yang termasuk dalam daftar Perguruan Tinggi tujuan. 
  2. S1 Luar Negeri: 400 Perguruan Tinggi terbaik dunia dalam daftar Perguruan Tinggi tujuan. 
  3. Khusus untuk program studi kedokteran tidak termasuk dalam Beasiswa Prestasi Talenta ini

Untuk sasaran peserta didik non pemenang kompetisi:

  1. S1 Luar Negeri: 15 (lima belas) Perguruan Tinggi Utama Dunia yang ditetapkan oleh Kemendikbud. 
  2. Khusus kategori pra-sejahtera. 
  3. Khusus untuk program studi kedokteran tidak termasuk dalam Beasiswa Prestasi Talenta ini.

Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Beasiswa Prestasi Talenta

BEASISWA-PRESTASI-TALENTA-[S1-Dalam-Negeri/Luar-Negeri]

Bagaimana Cara Mendaftarnya?

  1. Mendaftar secara online pada situs Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia: http://beasiswa.kemdikbud.go.id/.
  2. Melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran.
  3. Pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran.

Apa Saja Proses Seleksi Beasiswa Prestasi Talenta?

Proses Seleksi Beasiswa Prestasi Talenta sebagai berikut:

  • Seleksi Administrasi; dan 
  • Seleksi Substansi.

Dokumen apa saja yang harus diisi atau diunggah pada aplikasi pendaftaran Beasiswa Prestasi Talenta?

BEASISWA-PRESTASI-TALENTA-[S1-Dalam-Negeri/Luar-Negeri]

Seperti Apa Format Rencana Kontribusi di Indonesia Pasca Studi?

Tulis rencana kontribusi di Indonesia pasca studi (1500 – 2000 kata).

  • Deskripsikan diri Saudara. 
  • Deskripsikan masalah urgent yang sedang dialami oleh Indonesia ataupun lingkungan sekitar anda dan solusi penyelesaian yang Anda tawarkan. 
  • Deskripsikan pentingnya ilmu yang akan Anda ambil dan bagaimana ilmu dan Anda dapat berkontribusi dalam penyelesaian masalah yang terjadi 
  • Deskripsikan mimpi Saudara tentang Indonesia masa depan. 
  • Deskripsikan peran apa yang akan Saudara lakukan. 
  • Deskripsikan cara Saudara mewujudkan mimpi tersebut.

Daftar Perguruan Tinggi Utama Dunia Tahun 2021

BEASISWA-PRESTASI-TALENTA-[S1-Dalam-Negeri/Luar-Negeri]

Daftar Perguruan Tinggi Beasiswa Prestasi Talenta

Selengkapnya Daftar Perguruan Tinggi Beasiswa Prestasi Talenta, baik Dalam Negeri mapun Luar Negeri dapat dilihat dibawah ini:

Demikian informasi dan penjelasan singkat mengenai BEASISWA PRESTASI TALENTA [S1 Dalam Negeri/Luar Negeri], semoga bermanfaat...

Terima Kasih

Salam Literasi!

Post a Comment for "BEASISWA PRESTASI TALENTA [S1 Dalam Negeri/Luar Negeri]"