Widget HTML #1

Akses Gratis Semua Buku Pelajaran

Akses-Gratis-Semua-Buku-Pelajaran

Pengembangan Sistem Informasi Perbukuan Indonesia merupakan tanggung jawab pemerintah sesuai amanah Undang Undang Nomor 3 Tahun 2017, tentang Sistem Perbukuan.

Sistem ini diharapkan menjadi wahana untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan ekosistem perbukuan dan mewujudkan ekosistem perbukuan yang sehat. Pengembangan Sistem ini dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan.

Sistem Informasi Perbukuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) bisa menjadi salah satu solusi dari masalah keterbatasannya Kegiatan Belajar Mengajar karena pandemi Covid-19. 

Karena terbatasnya waktu pembelajaran ketika sistem PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) dilaksanakan, tidak sedikit peserta didik yang harus mencari alternatif bahan belajar agar tetap bisa mengikuti materi pembelajaran.

Jika memperhatikan Undang-undang Nomor 3 Tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan pada Pasal 1 ayat (1), Sistem Perbukuan adalah tata kelola perbukuan yang dapat dipertanggungiawabkan secara menyeluruh dan terpadu, yang mencakup pemerolehan naskah, penerbitan, pencetakan, pengembangan buku elektronik, pendistribusian, penggunaan, penyediaan, dan pengawasan buku.

Sekarang, Sistem Informasi Perbukuan Indonesia sudah hadir dalam situs internet https://buku.kemdikbud.go.id/. Ada berbagai fitur yang bisa kalian manfaatkan di situs ini. Salah satu fitur menarik dari Situs Informasi Perbukuan Indonesia ialah pengaksesan beragam buku.

Buku yang tersedia terdiri dari tiga jenis utama. Jadi jika sudah mulai bosan belajar dari rumah dengan bahan pembelajaran yang ada, kalian bisa mencoba berbagai alternatif sumber belajar tersebut supaya kembali semangat belajar.  Adapun ketiga jenis buku tersebut  adalah:

Buku PDF

Menyajikan materi dalam format buku PDF, Buku berjenis PDF memiliki keunggulan seperti berukuran tidak terlalu besar, mudah diakses secara online (daring), dan juga dapat dibaca luring (offline) kapan pun setelah diunduh. Terdapat ribuan buku PDF yang dapat kalian pelajari. 

Buku-PDF

Buku-PDF
Tampilan mode baca langsung

Buku Elektronik Interaktif

Menyajikan buku dalam format aplikasi online yang berbagai konten seperti suara, video, animasi, games, VR (virtual reality). 

Hal yang membuat ini menarik adalah animasi ketika kalian membuka halaman berikutnya, terdapat animasi dan suara kertas yang seolah-olah dibalik seperti buku fisik.

Buku-Elektronik-Interaktif

Buku-Elektronik-Interaktif
Mode VR

Wow kereenn...benar-benar interaktif, kombinasi dari suara video, animasi, dan games. Kalian seperti melihat real (langsung). Buku jenis ini sangat rekomended, karena tidak akan membosankan untuk kalian coba dan belajar menjadi semakin mengasyikkan. 😎

Buku Audio

Buku berupa materi suara dengan format mp3 atau ogg (Ogg adalah format pemuat berkas video dan audio standar terbuka bebas yang dipelihara oleh Xiph.Org Foundation) yang dapat kamu dengarkan kapanpun dimanapun (khusus login staff pusat buku). 

Namun, sayangnya untuk Buku Audio kini masih dalam tahap pengembangan.

Buku-Audio

Seluruh buku yang terdapat di website Sistem Informasi Perbukuan Indonesia bisa kalian akses secara gratis. Selain itu, buku-buku yang tersaji sangatlah lengkap mulai dari buku pelajaran jenjang SD, SMP, hingga SMA. Semua mata pelajaran pun ada di dalamnya. 

Jadi, Sistem Informasi Perbukuan Indonesia sangat cocok untuk menunjang proses belajar di rumah. Kalian bisa menambah pengetahuan hanya dari rumah lewat website tersebut.

Semoga bermanfaat.

Salam Literasi Digital.

Post a Comment for "Akses Gratis Semua Buku Pelajaran"