Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

[Katanya] Jantung Sekolah

[Katanya]-Jantung-Sekolah

Peran yang begitu sangat penting bagi seorang operator sekolah yang dimiliki dalam sebuah sistem pendataan pendidikan dasar atau yang dikenal dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Berbagai kebijakan pendidikan seperti penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), tunjangan guru serta bantuan bagi siswa tidak mampu didasarkan pada data yang telah di input oleh operator sekolah. 

Oleh karenanya kepala sekolah diharapkan memberikan perhatian penuh kepada mereka dengan menyediakan kelengkapan data yang dibutuhkan. 

Dibandingkan dengan guru, nasib operator sekolah memang sangat memprihatinkan.

Disaat guru mendapat "hadiah" dengan berbagai tunjangan seperti tunjangan profesi, honor daerah, tunjangan inpassingoperator sekolah hanya bisa bersedih. Bahkan operator sekolah yang paling sibuk menyiapkan persyaratan untuk guru-guru yang akan mencairkan tunjangan nya. 

Mulai dari menyiapkan berbagai SK sampai dengan melakukan update data online yang sebenarnya merupakan tugas guru. Masih beruntung jika ada guru yang mengingat jasa-jasa mereka dengan menyisihkan sebagian rezekinya saat tunjangan tersebut cair. 

Namun tidak sedikit juga yang berpura-pura lupa seakan operator sekolah tidak pernah membantunya.

Untuk menghindari kesenjangan lebih lanjut, pemerintah diharapkan lebih memperhatikan kesejahteraan operator sekolah dengan cara mengeluarkan kebijakan yang melindungi profesi mereka. 

Program sertifikasi hendaknya tidak hanya diberlakukan bagi tenaga pendidik saja namun juga tenaga kependidikan. Hal ini dikarenakan sebagai salah satu komponen yang turut berperan penting dalam men-sukseskan program pemerintah, tenaga kependidikan terutama yang bertugas sebagai operator sekolah juga memiliki hak untuk meningkatkan kompetensi serta kesejahteraan nya. 

Banyak operator sekolah hingga saat ini masih berjuang siang malam melakukan sinkronisasi, sejak dirilis nya aplikasi Dapodik beserta patch-nya karena begitu banyak kendala ditemui. 

Di antaranya begitu rumit dan kompleks nya sistem pengisian Dapodik, susahnya sinkronisasi, dan kurangnya pengetahuan operator sekolah dalam mengaplikasikan nya serta menangani permasalahan-permasalahan yang muncul. 

Satu sisi yang lain, para operator sekolah juga mendapatkan tekanan dari para guru ber-sertifikasi dan kepala sekolah. Ada beban moral operator agar mengisikan data-data secara benar dan tepat waktu. Sejak penggunaan Dapodik sebagai satu-satunya data pokok pendidikan, data yang benar dan akurat mutlak diperlukan. 

Dan, saat ini Dapodik sudah diperluas pemanfaatannya dalam proses pencairan dana aneka tunjangan bagi para guru, Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan PIP, hingga dana rehabilitasi sekolah. Ini jelas menambah beban kerja dan moral para operator sekolah. 

Beberapa hal di atas tersebut dapat menggambarkan bahwa peran operator sangatlah penting didalam sebuah sistem manajemen di sekolah dimana pekerjaan yang cukup berat, uniknya pekerjaan yang tidak semua orang bisa mengerjakannya, pemberdayaan para operator sekolah demi terwujudnya sebuah sistem pendidikan yang tersinkron, reward yang harus di terima oleh operator sekolah.

(Katanya) jantung sekolah, memang tidak terlihat tetapi detak nya membuat hidup seluruh sendi-sendi dan komponen sebuah sistem manajemen di sekolah. Budayakan literasi, karena jantungnya dari jantung sekolah adalah "panduan", katanya.

Kamu tidak sendirian, bagaimana? Mari kita sukseskan "Satu Data Indonesia" untuk menuju Indonesia lebih baik dan maju.


Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.