Daftar Sekolah Tahap 1 Rencana Gelombang 2 Tahun 2021

Table of Contents

 Daftar-sekolah-Tahap-1-Rencana-Gelombang-2-Tahun-2021

Skema penyaluran dana BOS 2020 dimulai dari data rekening yang dimasukkan oleh sekolah ke Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Kemudian data dari Dapodik ditarik ke aplikasi BOS Salur untuk di verifikasi dan validasi (verval) baik oleh Kemendikbud maupun bank.

Kemudian, jika data sudah sama atau valid, maka data akan dikirmkan ke sistem Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OM SPAN) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) untuk diproses pencairan nya dengan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) agar dana bisa diterima oleh rekening sekolah secara langsung. 

Namun pada saat ini, perbaikan data rekening dapat langsung melalui laman bos.kemdikbud.go.id, yang selanjutnya akan turun datanya ke Aplikasi Dapodik.

Masih banyaknya permasalahan dalam pencairan BOS dikarenakan tidak/belum di verval ulang data rekening sekolah di Portal BOS yang akan di padan kan dengan data bank penyalur oleh satuan pendidikan. 

Jika, terkait retur, apabila sekolah melakukan perubahan data informasi rekening setelah proses matching dilakukan, maka solusinya sekolah perlu meng-update data pada laman bos.kemdikbud.go.id. 

Terkait data rekening sekolah jika terdeteksi ganda, penulisan nama rekening, alamat, format yang di input tidak sesuai format bank maka solusinya adalah update pada bos.kemdikbud.go.id dengan meng-input rekening atas nama sekolah yang aktif, jika tidak memiliki, buka rekening baru. 

Terkait status sekolah dan penerimaan BOS, jika masih terdapat sekolah negeri menolak BOS, status sekolah swasta ter input sekolah negeri, maka lakukan update pada bos.kemdikbud.go.id. Dan masih terdapat sekolah yang terlambat melakukan sinkronisasi sesuai batas waktu yang ditentukan.

Berikut Daftar sekolah Tahap 1 Rencana Gelombang 2 Tahun 2021 dengan kriteria: Belum Lapor dan/atau Rekening Belum Verifikasi. Untuk yang Keterangan/Uraian : Selesai artinya sudah tidak masalah.

File Excel nya dapat di unduh disini.

Bagaimana Pelaporan BOS Untuk Satuan Pendidikan Yang Hanya Menerima Tahap 3 Tahun 2020

Bagi satuan pendidikan yang disalurkan dana BOS hanya tahap 3 2020 (tahap 1 dan 2 tidak disalurkan), pelaporan BOS hanya bisa dilakukan di BOS Salur (https://bos.kemdikbud.go.id). Saat ini belum bisa dilakukan di ARKAS, jika sudah ada perkembangan akan di informasi kan kembali.

Status Sekolah Yang Belum Lapor Dan Rekening Belum Verifikasi (Status 28 Pebruari 2021)

Status Sekolah Yang Belum Lapor Dan Rekening Belum Verifikasi (Status 1 Maret 2021)

Status Sekolah Yang Belum Lapor Dan Rekening Belum Verifikasi (Status 3 Maret 2021)

Status Sekolah Yang Belum Lapor Dan Rekening Belum Verifikasi (Status 12 Maret 2021)

Terima Kasih, semoga bermanfaat.

Salam Literasi.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia

Post a Comment