Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Peran Guru Terhadap TIK dalam Pendidikan

 

Peran-Guru-Terhadap-TIK-dalam-Pendidikan

Dengan menggunakan teknologi maka guru akan mendapatkan kemudahan dalam menjalankan tugasnya dalam mengajar, maka proses belajar mengajar akan lebih menarik sehingga siswa akan termotivasi dengan tampilan mengajar menggunakan gambar atau animasi materi pelajaran yang akan membuat siswa cepat memahami dam lebih mendalami materi.

Guru akan dengan mudah menggali informasi lebih tentang materi yang akan disampaikan kepada para siswanya, jika sudah menguasai teknologi informasi dan komunikasi guru akan lebih mengembangkan bahan ajarnya melalui internet. Didukung dengan teknologi, kelas akan lebih kondusif dan terkontrol. Membuat guru lebih tenang dan nyaman dalam menyampaikan materinya.

Peran-Guru-Terhadap-TIK-dalam-Pendidikan

Dengan begitu, guru akan lebih pandai dalam memilih media yang cocok untuk mata pelajaran yang lebih efektif, efisien, dan dapat mudah dipahami. Dan guru dapat memanfaatkan fasilitas yang ada seperti wifi, komputer, internet, intranet.

Pengertian TIK

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terdiri dari dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi contoh dalam penggunannya seperti internet, radio, dan lain-lain yang berkaitan dengan proses, memanipulasi bahkan sebagai alat bantu pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi sepertinya sudah sering dijumpai bahkan digunakan seperti pesawat telepon, handphone dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan proses pengiriman, penyaluran, penyebaran atau publikasi data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Teknologi dan informasi adalah payung besar termonilogy yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses  dan menyampaikan informasi [Wikipedia]. Memiliki peranan TIK dalam pendidikan Indonesia, pegolahan informasi dan pendistribusiannya melalui jaringan telekomunikasi membuka banyak peluang untuk dimanfaatkan diberbagai bidang kehidupan manusia termasuk salah satunya pendidikan. 

Peran Guru Terhadap TIK dalam Pendidikan

Dengan menggunakan teknologi maka guru akan mendapatkan kemudahan dalam menjalankan tugasnya dalam mengajar, maka proses belajar mengajar akan lebih menarik sehingga siswa akan termotivasi dengan tampilan mengajar menggunakan gambar atau animasi materi pelajaran yang akan membuat siswa cepat memahami dan lebih mendalami materi.

Guru akan dengan mudah menggali informasi lebih tentang materi yang akan disampaikan kepada para siswanya, jika sudah menguasai teknologi informasi dan komunikasi guru akan lebih mengembangkan bahan ajarnya melalui internet. Dengan dukungan teknologi , kelas akan lebih kondusif dan terkontrol. Membuat guru lebih tenang dan nyaman dalam menyampaikan materi ajarnya. 

Dengan begitu, guru akan lebih pandai dalam memilih media yang cocok dan sesuai untuk mata pelajaran yang lebih efektif, efisien, dan dapat dengan mudah dipahami. Guru juga dapat memanfaatkan fasilitas yang ada seperti wifi, komputer, internet, dan intranet. 

Tidak hanya sebagai tuntutan dalam kompetensi guru saja, TIK juga harus dikuasai oleh para guru. Karena TIK juga dapat digunakan untuk membantu pekerjaan atau tugas-tugas administratifnya.

Peran-Guru-Terhadap-TIK-dalam-Pendidikan

TIK juga dapat digunakan oleh guru untuk membantu mengemas bahan pembelajaran atau materi ajar yang akan disampaikan kepada siswanya, selain itu juga dapat digunakan untuk membantu proses manajemen pembelajaran seperti e-learning, kebutuhan tingkat lanjut, dan lain sebagainya.

Tiga fungsi utama yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran, diantaranya:

  1. TIK adalah merupakan alat yang digunakan untuk membantu pembelajaran, misalnya untuk mengolah kata, mengolah angka, membuat unsur grafis, membuat database, membuat program administratif untuk siswa, guru dan staf, data kepegawaian, keuangan dan lain sebagainya.
  2. TIK berfungsi sebagai ilmu pengetahuan, teknologi ini tidak semua dikuasai oleh para siswa karena sebagai bagian dari disiplin ilmu dimana siswa tersebut harus menguasainya. Misalnya teknologi komputer yang dipelajari dalam beberapa jurusan seperti multimedia atau yang berhubungan dengan jaringan komputer.
  3. TIK sebagai alat/bahan untuk pembelajaran, dalam hal ini adalah komputer yang akan diprogram sedemikian rupa sehingga siswa dapat dibimbing untuk menggunakan prinsip pembelajaran tuntas untuk menguasai kompetensi.
Peran-Guru-Terhadap-TIK-dalam-Pendidikan

Dalam hal pemanfaatan teknologi dan informasi ini, dimana suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses belajar mengajar. 

Semoga bermanfaat, Salam Literasi.

Post a Comment for "Peran Guru Terhadap TIK dalam Pendidikan"