Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Masih Tentang Blog

 

Masih-Tentang-Blog
Blog adalah semacam buku harian online. Pemilik Blog biasanya menuliskan berbagai catatannya kedalam Blog miliknya, seperti halnya buku harian. hasil dari tulisan itu dapat dilihat secara online melalui internet. Selain itu pengunjung Blog juga bisa memberikan komentarnya pada tulisan pemilik Blog. Selain tulisan dapat pula ditambahkan gambar, video, bahkan bisa pula mengupload file. sehingga pengunjung dapat mendownload file yang user (pemilik Blog) masukkan.

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang pengertian Blog, sejarah Blog, struktur dari Blog itu sendiri, beberapa fungsi dan manfaat Blog, serta apa itu Blogging, Blogwalking, dan Blogger. Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai Blog dari sisi lainnya, yang jelas Masih Tentang Blog.

Sebelum sepopuler saat ini, Blog hanya digunakan sebagai buku harian online. saat ini ketika Blog mulai merajalela, Blog tidak hanya menuliskan curahan hati dan pengalaman mereka sehari-hari, berbagai topik keilmuan mulai memasuki Blog, mulai dari sastra, teknik, dan hingga musik. Jika dahulu sangat sulit mencari materi atau konten yang berbahasa Indonesia, seiring dengan berkembangnya Blog saat ini akan lebih mudah mencarinya, bahkan saat ini terdapat buku yang bisa diambil dari sebuah Blog.

Dengan kemudahan layanan yang diberikan oleh beberapa situs yang mengelola Blog tersebut, perkembangan blogger pun bertambah pesat. Menurut statistik yang dikeluarkan oleh situs blogger.com tersebut, jumlah pengguna yang memakai layanan mereka dengan pertumbuhan jumlah sekitar 20-40% per bulan. Setelah blogger.com dan pitas berkembang cukup pesat, muncul berbabagi layanan pembuat Blog online yang diberikan pula oleh beberapa situs, seperti Groukoup (www.grouksoup.com) atau edithispage (www.edithispage.com). Sejak saat itu, Blog kian hari kian bertambah dengan pesat hingga makin sulit untuk mengikutinya. (Teguh Wahyono, Blogspot, (Jakarta: PT elex Media komputindo, 2009 ) Cet 2, hal. 3-5).

Jenis-Jenis Blog

Dari awal "lahirnya" Blog sampai sekarang, jenis Blog terus berkembang, yang semula hanya bersifat pribadi kini menjadi lebih beragam. Berikut ini adalah jenis-jenis Blog yang dapat dikasifiklasikan dari sekian banyak Blog yang berada di internet:

  • Blog politik: Blog yang berisi informasi tentang politik, baik profil, kampanye politik, maupun propaganda. 
  • Blog Pribadi: Blog milik perorangan yang biasanya memuat artikel sesuai dengan minat dan hobby si pemilik Blog.
  • Blog bertopik: Blog yang dikhususkan membahas tentang topik tertentu, misalnya membahas tentang seputar fotografi, bisnis online, pemrograman, dan lain sebagainya. 
  • Blog kesehatan: Blog yang membahas tentang seputar informasi kesehatan. 
  • Blog sastra: Blog yang berisi artikel-artikel mengenai sastra dan seni , baik yang bersifat lokal, regional, nasional, maupun internasional. 
  • Blog perjalanan atau Traveling: Blog yang membahas tentang seputar informasi pariwisata bagi yang hobby traveling.
  • Blog Petunjuk (directory). 
  • Blog bisnis: Blog yang memuat informasi dan referensi tentang bisnis online maupun offline, informasi tentang peluang usaha dan hal yang menyangkut dunia bisnis.
  • Blog riset atau penelitian : Blog yang berisi jurnal penelitian dan riset milik perorangan maupun institusi riset, baik swasta maupun pemerintah. 
  • Blog Hukum: Blog yang membahas seputar hukum, baik nasional maupun internasional.
  • Blog media: Blog tentang informasi terkini sebuah media pemberitaan baik cetak maupun elektronik, misalnya http://blog.liputan6.com 
  • Blog agama : Blog yang berisi dan membahas tentang artikel-artikel seputar keagamaan.
  • Blog penganggu (spam). 
  • Blog pendidikan : blog yang berisi tentang opini tentang dunia pendidik dan kependidikan, atau blog milik institusi pendidikan, misalnya https://www.akoenksembilantujuh.com(Oya suryana, Mataya Studio, Membanggun Blog Wordpress, (Jakarta: PT elex Media Komputindo, 2008) hal. 2-5).

Blog sebagai Media Pembelajaran

Blog merupakan salah satu media yang dapat mengembangkan kemampuan dan gagasan seseorang melalui tulisan. Berdasarkan kenyataan maraknya penggunaan Internet di kalangan pelajar, Blog dapat menjadi sebuah sarana yang dapat meningkatkan kemampuan para siswa untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah. Melalui tulisannya di Blog, setiap siswa dapat mengembangkan hal-hal yang telah didapat dari membaca atau mendengarkan penjelasan dari guru.

Dalam sebuah blog terdapat fasilitas yang dapat memperlihatkan tulisan seseorang langsung di internet dan dapat diakses oleh setiap pengguna internet. hal ini memungkinkan adanya komunikasi antar sesama siswa, guru atau pun pengguna internet lainnya. Tulisan dalam Blog juga dapat lebih berkembang dengan adanya komentar-komentar dari pengguna Blog lainnya dan memungkinkan terjadinya diskusi secara online.

Peran guru dalam membangun culture pembelajaran melaui Blog sangatlah penting. Motivasi setiap siswa untuk menuangkan gagasannya melalui Blog tidaklah terlepas dari dukungan guru sebagai pengajar. Guru juga dapat mengarahkan diskusi dan komentar-komentar tentang materi atau tulisan yang sudah dibuat oleh para siswanya. Selain itu, guru juga bisa menyampaikan materi atau tugas melalui Blog sehingga memudahkan penyebaran informasi.

Blog memberikan sebuah peluang untuk kegiatan belajar lebih menarik dan interaktif. Melalui Blog, sumber-sumber materi yang relevan dapat dipublikasikankan ke seluruh penjuru sehingga dapat diakses oleh siapa saja. Dengan demikian kesulitan siswa dalam mengumpulkan sumber-sumber informasi yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran dapat diatasi. Oleh karena itu, Blog merupakan salah satu media pembelajaran yang strategi untuk meningkatkan proses pembelajaran yang aktif dan interaktif. (Dowaen, Blog Sebagai Media Belajar By Okta di akses Pada tanggal 16 November 2012 dalam http://dowaen.wordpress.com/blog-sebagai-media-belajar-by-okta/).

Blog sebagai media pembelajaran mempunyai manfaat bagi guru maupun peserta didik, diantara manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

Manfaat bagi Guru/Tenaga Pendidik

  1. Blog dapat berfungsi sebagai media writing learning. Dengan Blog seorang guru dapat belajar dan mengasah kemampuannya dalam membuat sebuah karya ilmiah atau karya tulis. Sebelum unjuk gigi dalam bidang karya tulis dalam setiap even resmi seperti; lomba karya tulis, atau sertifikasi, alangkah baiknya guru menggunakan Blog sebagai media writting learning terlebih dahulu.
  2. Blog dapat menjadi media publikasi hasil karya yang paling mudah dan strategis. Misalnya, publikasi hasil penemuan, karya ilmiah dan kegiatan-kegiatan siswa/mahasiswa atau guru/dosen di kampus/sekolah.
  3. Blog dapat berfungsi sebagai media atau tutorial pembelajaran. Guru dapat membuat dan meresume materi pelajaran kemudian meletakkannya ke dalam sebuah Blog, sehingga peserta didik dapat mengakses materi guru/dosen dengan mudah, tanpa dibatasi oleh waktu dan tempat. Penggunaan Blog sebagai media pembelajaran sangat usabilitas (mudah digunakan) dan maintanabel (mudah dikelola dan dirawat).
  4. Blog dapat membantu guru menjalin komunikasi dan interaksi antar komunitas pengajar di seluruh nusantara. dan yang lebih menarik lagi, guru dapat membangun personal branding
  5. Manfaat lain dari Blog untuk seorang yang berprofesi sebagai guru/dosen salah satunya proses pembelajaran akan lebih efisien dan efektif. Misalnya guru/dosen menuliskan apapun tentang kegiatan di sekolah seperti; menceritakan kegiatan belajar yang menyenangkan bersama peserta didik/mahasiswa, menceritakan inovasi dalam metode mengajar yang memang menarik minat dan bisa jadi contoh bagi tenaga pengajar yang lain untuk dipraktekkan di kelas mereka, menuliskan uneg-uneg akan protes kebijakan sekolah/kampus (yang tentunya harus memperhatikan juga tentang Undang-Undang ITE yang berlaku) selain jadi bahan melepas stress juga bisa sebagai ancang-ancang berargumen dengan pimpinan.

Manfaat bagi Siswa/Peserta Didik

  1. Mendorong peserta didik/mahasiswa untuk selalu mendokumentasikan apa yang ada didalam pikiran mereka, termasuk diantaranya adalah pengetahuan, pengalaman, perasaan, pendapat, dan lain-lain, dengan metode yang paling sesuai dengan kepribadian masing-masing, apakah itu lewat tulisan, gambar, suara, atau video. Hal ini, selain berguna sebagai ajang latihan mengungkapkan ide-ide yang terpendam, juga berguna untuk penghematan biaya dalam hal publikasi gagasan karena dengan media blog, sebuah gagasan tidak perlu dimuat dalam ribuan lembar kertas agar dapat terpublikasi secara luas. Setiap buah pikiran yang berhasil mereka dokumentasikan, sebaiknya diberi apresiasi agar mereka juga semakin terpacu untuk mendokumentasikan pengetahuan yang mereka punya. Apresiasi tersebut tidak harus berupa materi, tapi bisa juga berupa tanggapan, pengakuan, pujian, dan bahkan kritikan atas apa yang mereka berhasil dokumentasikan. 
  2. Menggantikan kelas-kelas diskusi yang selama ini selalu terbatas pada waktu dan sebuah ruangan fisik, sehingga proses pembelajaran pun dapat diselenggarakan dengan lebih fleksibel.
  3. Cara yang efektif untuk meningkatkan minat belajar para peserta didik/mahasiswanya. Misalnya seorang guru/dosen memposting suatu permasalahan atau materi pelajaran yang disusun dalam suatu bahasa yang formal tetapi lebih santai. Para peserta didik/mahasiswanya kemudian bisa blogwalking ke Blog tersebut dan kegiatan belajar mengajar pun bisa menjadi lebih menyenangkan. 
  4. Materi pelajaran yang diposting melalui media blog bisa menjadi sebuah konten hebat yang bermanfaat bagi kemajuan dunia pendidikan.
  5. Memperkenalkan teknologi internet dikalangan pelajar dan pengajar, juga bisa menjadi terobosan baru di dunia pendidikan. (Milya Sari, Dosen Go Blog, Diakses pada tanggal 16 November 2012 dalam http://tarbiyahiainib.ac.id/dosen/artikel-dosen/171-dosen-go-blog).

Panduan memilih Platform Blog

Berniat membuat sebuah blog? Apakah mengalami kesulitan? Memang proses membuat sebuah Blog merupakan sesuatu yang dibayangkan. Selain harus menentukan topik Blog nya, branding Blog nya, bagaimana pengguna nanti ingin berinteraksi dengan pembaca, dan apakah juga berniat membuka e-commerce di blognya?, masih banyak hal lain yang harus dipertimbangkan.

Tetapi jangan merasa pesimis dengan hal-hal diatas karena Blog dapat memberikan beberapa keuntungan bagi pengguna (pemilik Blog) secara pribadi maupun bisnis. Apalagi di jaman sekarang, Blog juga bisa menghasilkan uang.

Untuk memulai sebuah Blog, hal pertama yang paling dibutuhkan adalah platform bloggingnya sendiri. Memang memilih platform blogging bisa menjadi hal yang mencengangkan karena ada banyak platform yang tersedia "diluar sana".

Hal pertama yang harus ditentukan adalah tempat dimana nanti pengguna (pemilik Blog) akan membangun Blognya dan/atau yang sering dengan platform blogging. Banyak orang memang mengatakan bahwa akan lebih mudah jika menggunakan WordPress, Squarespace, atau Wix dan lain sebagainya. Padahal masih ada beberapa pilihan diluar sana yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Blog setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Pemilik Blog atau blogger juga beroperasi atau bekerja dengan cara yang berbeda-beda. Semua orang memiliki level pengalaman, proses kreatif, dan tujuan yang berbeda dalam membangun sebuah Blog. Karena itu, setiap blogger memiliki kebutuhan blogging yang berbeda antar satu dengan yang lainnya. Setiap platform blogging dirancang khusus untuk digunakan oleh niche yang berbeda. 

Sebagai contoh, seorang blogger pemula tentu memiliki kebutuhan yang berbeda dengan blogger lain yang memiliki keterampilan coding. Selain itu, seorang blogger yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah daftar email yang tentu memiliki kebutuhan yang berbeda dengan seseorang yang berniat menggunakan blognya untuk membantu menjual produk yang dia jual di situs web e-commerce-nya.

Untuk menentukan platform blogging mana yang paling sesuai dengan kebutuhan pengguna (pemilik Blog) memang dibutuhkan riset. Seorang pengguna harus memperhatikan beberapa faktor seperti biaya, fitur, dukungan, kemudahan penggunaan, integrasi, desain, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kebanyakan setiap platform blogging sudah atau ada yang telah memiliki tempat di pasaran. Tinggal bagaimana seorang pengguna perlu memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan kegiatan onlinenya.

Platform penyedia Blog Gratis

Ada beberapa aplikasi atau platform yang dapat membantu user (pemilik Blog) untuk membuat Blog secara gratis untuk mempublikasikan artikel-artikelnya. Beberapa tidak perlu membutuhkan kemampuan teknis yang baik, cukup mengikuti beberapa panduan sederhana dan seorang user (pemilik Blog) sudah bisa membuat konten yang bisa diakses oleh pengguna internet di seluruh dunia.

Berikut ini beberapa platform/website populer untuk membuat Blog gratis yang bisa atau patut dicoba:

Masih-Tentang-Blog

  • WordPress.com. Merupakan salah satu platform pembuatan website terkenal di dunia. WordPress menyediakan dua layanan utama, yaitu WordPress.org dan WordPress.com. WordPress.com dapat digunakan secara gratis. Pengguna atau user cukup mendaftar pada halaman website dan langsung dapat membuat website menggunakan server hosting web milik WordPress. Platform ini sangat fleksibel digunakan karena dapat menambahkan berbagai macam plugin, mengganti tema, dan bahkan menggunakan tema user (pemilik Blog) sendiri. Ada ratusan bahkan ribuan tema dari toko online, aplikasi perkantoran, hingga teknologi terbaru yang bisa ditemukan ketika menggunakan platform WordPress.com. Namun beberapa fitur bisa digunakan ketika user (pemilik Blog) menggunakan akun bisnis atau berbayar.
Masih-Tentang-Blog
  • Blogger.com. Salah satu platform blogging tertua diluar sana. Saat ini, ini dijalankan oleh Google, jadi yang user (pemilik Blog) hanya perlu masuk dengan akun Google standar user (pemilik Blog). Tercatat platform ini sudah ada sejak tahun 2003 yang dikembangkan oleh Google melalui Pyra Labs. Pada umumnya blogger diakses menggunakan alamat domain blogspot.com. Ini adalah salah satu platform yang sangat terkenal saat ini. Jaminan keamanan dan kemudahan yang diberikan karena terintegrasi dengan Google menjadi nilai positif yang dimiliki oleh platform ini. Pengembangan website pun cukup mudah. Navigasi yang disediakan tidak terlalu membingungkan bagi pengguna yang bahkan sama sekali belum pernah membukanya. Selain itu, ada fitur custom domain yang bisa digunakan untuk membuat website dengan menggunakan domain (domain berbayar) sendiri secara gratis tanpa harus upgrade atau membayar.

Masih-Tentang-Blog
  • Squarespace.com. Adalah pembuat situs web yang mudah digunakan dan layanan hosting situs web. Squarespace adalah salah satu solusi membangun website all-in-one terbaik di luar sana. Anda bisa menggunakannya untuk meluncurkan Blog, situs bisnis, toko e-commerce, dan masih banyak lagi. sangat mudah digunakan, meskipun ini pertama kalinya user membangun sebuah situs web atau Blog. Squarespace memiliki interface yang jelas, dan intuitif. Penerbitan konten baru juga sederhana, dan LayoutEngine kustom mereka memungkinkan user mengatur konten Blog nya namun user suka melalui drag-and-drop. Berbagai fitur yang paling penting sudah termasuk dari awal, selain itu masih ada plugin eksternal yang tersedia melalui situs lain. Tidak ada keterampilan desain yang diperlukan, dan keseluruhan prosesnya sangat mudah.
Masih-Tentang-Blog
  • Penzu.com. Dengan slogan/motto “Your Private Online Journal”, Penzu.com menawarkan platform berbagi journal dengan tingkat keamanan yang tinggi. Penzu menjaga journal user (pemilik Blog) tetap aman dengan proteksi password ganda dan enkripsi militer yang sangat kuat untuk memastikan apa yang user (pemilik Blog) masukkan aman di Penzu Vault. Selain itu fleksibilitas yang ditawarkan juga menjadi daya tarik sendiri seperti adanya tiga jenis/tipe Blog yang ditawarkan: Daily Diary (publik), Ekspresif Journal (pribadi), dan Travel Journal. Penzu adalah buku harian, jurnal, dan buku catatan gratis terpopuler. Ini adalah tempat terbaik untuk menjaga pikiran atau ide paling pribadi user (pemilik Blog) tetap aman dan terlindungi. Sinkronkan jurnal Anda ke Penzu dimana catatan Anda dapat diakses dari hampir semua perangkat di dunia. Sangat sederhana dan menyenangkan sehingga user (pemilik Blog) akan meninggalkan buku harian kertasnya.
Masih-Tentang-Blog
  • Weebly.com. Website builder yang sangat lengkap untuk membantu user (pemilik Blog) untuk menyusun/membangun website secara cepat; tanpa melakukan coding. Pengguna dapat membuat website pribadi, bisnis, event, portofolio, dan Blog. Tersedia juga beberapa tema yang bisa digunakan langsung tanpa harus menyusunnya dari awal. Weebly.com juga menawarkan pengembangan website dengan drag dan drop saja. user (pemilik Blog) bisa menyesuaikan tampilan tanpa harus berurusan dengan baris kode. Bahkan, tersedia juga lebih dari 200 aplikasi dengan kualitas yang baik yang membuat pengembangan website menjadi lebih simpel. Aplikasi tersebut seperti penjadwalan (scheduling), akuntansi (accounting), chat langsung (live chat), dan masih banyak lagi yang lainnya. Weebly adalah salah satu pembuat situs web paling populer diantara para blogger yang telah digunakan oleh 40 juta pengguna. Platform pembuatan situs web ini menawarkan fitur-fitur yang kuat dan menarik, mudah digunakan dan juga ditujukan untuk mereka yang memerlukan situs web bisnis, profesional atau penggunaan pribadi.
Masih-Tentang-Blog
  • Wix.com. Sama seperti Squarespace adalah pembuat situs web yang mudah digunakan dan layanan hosting situs web. Wix pada dasarnya bekerja seperti Squarespace, tapi memiliki beberapa perbedaan. Wix menawarkan fitur serupa dalam hal membangun situs dan kemampuan membangun Blog, namun gaya eksekusinya sedikit berbeda. Untuk menggunakan Wix, user (pemilik Blog) bisa menggunakan plan gratis atau berbayar. Jika user (pemilik Blog) menggunakan plan gratis user (pemilik Blog) hanya akan mendapat subdomain, tetapi jika Anda menggunakan plan berbayar user (pemilik Blog) juga akan mendapat domainuser (pemilik Blog) akan secara otomatis mendapat hosting, tidak peduli plan mana yang user (pemilik Blog) pilih. Wix sangat mudah digunakan saat meluncurkan situs web baru. Namun, user (pemilik Blog) perlu melalui beberapa langkah tambahan untuk menambahkan modul Blog. Tidak ada yang terlalu sulit tapi tetap saja secara keseluruhan, Wix memberi user (pemilik Blog) wizard langkah-demi-langkah untuk menyelesaikan keseluruhan proses.
Masih-Tentang-Blog
  • Webs.com. Merupakan website yang cukup mudah digunakan untuk membangun situs yang menarik. Pengguna dapat menyesuaikan tampilan antarmuka berbasiskan browser cukup dengan melakukan drag dan drop elemen untuk menyesuaikan halaman. Platform ini cocok untuk user (pemilik Blog) yang ingin membuat web profesional seperti company profile. Tidak hanya company profile, pengguna juga dapat membuat berbagai jenis website sesuai dengan tujuan dan kegunaannya masing-masing. Webs.com menyediakan jasa penyedian subdomain gratis, dimana user serasa memiliki website pribadi  dengan pelayanan bandwith yang cukup besar. Webs.com memberikan kemudahan kepada untuk melakukan pengolahan desain web nya maupun yang sudah disediakan (template) yang sudah disediakan webs.com. SiteBuilder, merupakan keunggulan dari webs.com. user (pemilik Blog) seolah akan diberikan kemudahan untuk mendesain web nya sendiri tanpa melalui kodingan (CSS, atau HTML). Dengan melakukan drag & makeuser (pemilik Blog) bisa membuat desain nya sendiri (easy to use). Fasilitas Social Networking yang sudah di integrasi kan oleh web user (pemilik Blog). Search engine intergrated.  user (pemilik Blog) bisa membuat website, yang bukan sekedar website. User (pemilik Blog) bisa mengisinya dengan multimedia, Blog, forum, chat, dan banyak lagi yang lainnya.
Masih-Tentang-Blog
  • Medium.com. Salah satu platform penulisan yang bisa user (pemilik Blog) gunakan secara gratis. Medium dikembangkan oleh Evan Williams, mantan CEO Twitter dan salah satu pengembang Blogger, bersama dengan Biz Stone. Sejak tahun 2012 Medium.com sudah digunakan oleh banyak penulis untuk membagikan tulisannya. Tampilan yang menarik dan terkesan minimalis membuat orang-orang betah untuk berselancar didalamnya. Medium adalah tempat untuk tulisan kita. Jadi saat user (pemilik Blog) punya keinginan membagi informasi (yang umumnya berupa tulisan) user (pemilik Blog) bisa menggunakan medium.com. Jika user (pemilik Blog) menggunakan twitter dengan batas maksimal 140 karakter, tentunya menyulitkan user (pemilik Blog) yang ingin membuat tulisan. Sedangkan Medium adalah tempat dimana user (pemilik Blog) bisa membuat tulisan yang lebih panjang dan berisi kemudian mempublikasikannya. Kelebihan medium dibandingkan dengan Blog pada umumnya adalah ada fitur untuk trending topic, kolom penulis, dan lain sebaagainya.

Ada banyak website atau platform Blog yang bisa digunakan untuk menjadi sarana untuk menyebarkan tulisan para blogger secara gratis dan mudah. Selain menawarkan kemudahan, platform-platform tersebut juga memberikan tampilan yang menarik sehingga tidak membosankan bagi pengunjung untuk membaca artikel-artikel yang ada didalamnya. Para pemilik Blog (user) juga bisa menggunakan beberapa platform sekaligus untuk menyebarkan tulisan-tulisan atau konten yang ingin dibuat. Bersambung...

Terima Kasih dan semoga bermanfaat.

Salam Literasi!

Post a Comment for "Masih Tentang Blog"