Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mulai 1 April 2021 Tayangan Program BDR di TV Edukasi

 

Mulai-1-April-2021-Tayangan-Program-BDR-di-TV-Edukasi

Program Belajar Dari Rumah (BDR) jenjang pendidikan PAUD dan Sekolah Dasar (SD) mulai 1 April 2021 akan ditayangkan di TV Edukasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Peralihan medium penayangan program BDR tersebut dilakukan berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan secara berkala sejak penayangan di awal masa pandemi dan yang terakhir, yaitu pada bulan Februari 2021. Hasil evaluasi terkini didapatkan melalui metode survei dan diskusi kelompok yang dilakukan terhadap lebih dari 6.200 pemangku kepentingan, termasuk yang berdomisili di daerah tertinggal.

“Dalam perjalanannya, program BDR tidak dapat dilepaskan dari perkembangan situasi pandemi. Oleh sebab itu, evaluasi terus dilakukan secara berkala terhadap program BDR di TVRI dan menjadi acuan penentuan kebijakan penayangan,” terang pelaksana tugas (plt) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM), Hendarman, di Jakarta, Sabtu (27/3).

Berdasarkan hasil evaluasi, secara umum responden dan informan menganggap konten dan cara penyajian program BDR sudah relevan dan baik. Sebagian besar responden juga menganggap program BDR membantu guru menambah wawasan dalam mengajar dan membantu siswa memahami materi belajar.

Selain itu, hasil evaluasi juga memvalidasi terdapatnya perubahan pola perilaku di masa pandemi terkait media pembelajaran yang diminati. Jika sebelumnya pemangku kepentingan menyaksikan tayangan televisi (TV), sekarang cenderung beralih ke media sosial dan platform berbagi digital. Selain itu, ada kebijakan pendukung dari Kemendikbud seperti bantuan kuota data internet tahun 2020 dan 2021, serta  alternatif sumber pembelajaran lainnya sehingga penayangan pembelajaran melalui TV kurang diminati.

Menimbang hal tersebut dan merujuk pada arahan Presiden RI Bapak Joko Widodo agar vaksinasi bagi pendidik dan tenaga kependidikan diakselerasi untuk mendukung pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas pada tahun ajaran baru, masukan pemangku kepentingan, efisiensi anggaran, dan cakupan siaran yang perlu diperluas, maka program BDR akan ditayangkan pada tanggal 1 April s.d. 30 Juni 2021, melalui: (1) TV Edukasi Kemendikbud; (2) Kanal YouTube TV Edukasi; dan (3) Kanal YouTube Rumah Belajar.

“Pemangku kepentingan merekomendasikan medium penayangan program BDR di antaranya melalui YouTube,  media sosial, TV Edukasi Kemendikbud, dan TV lokal. Alasan utama publik memilih medium tersebut adalah karena bisa ditonton ulang dan mudah diakses,” jelas Hendarman. Lebih lanjut Hendarman mengajak para pendidik, dan peserta didik, serta orang tua untuk senantiasa memanfaatkan program BDR melalui medium yang telah disediakan Kemendikbud.

Siaran TV Edukasi Kemendikbud mengudara dengan dukungan satelit Telkom Merah Putih dan bisa diakses secara bebas melalui antena parabola oleh pemirsa di seluruh wilayah Indonesia. Untuk memberi kemudahan akses bagi masyarakat, TV Edukasi Kemendikbud juga bekerjasama dengan TV daerah, saluran video-on-demand (VoD), dan kanal over-the-top (OTT).

TV Edukasi memberikan beragam tayangan pembelajaran yang disiarkan secara langsung. Termasuk beragam video pembelajaran yang bisa diakses kapanpun secara gratis.

Misalnya, untuk 6 April 2020, TV Edukasi Kemendikbud menyuguhkan program Gemar Matematika Bersama Pak Ridwan untuk SD, Mantul Matematika untuk SMP, serta Klinik Matematika untuk SMA. Menariknya, selain materi sesuai kurikulum, TV Edukasi juga memberikan banyak pelajaran tentang pengetahuan umum, pendidikan karakter, hingga aktivitas kreatif. 

PLT Dirjen Paud Dikdasmen Haris Iskandar mengatakan, dalam pembelajaran daring seluruh guru diminta tidak hanya fokus pada pembelajaran akademik dan kurikulum saja tetapi juga fokus pada pembelajaran kontekstual dan mengarah pada peningkatan keahlian dan kreativitas anak.

Setiap hari, TV Edukasi menyuguhkan program edukasi yang bisa dinikmati oleh siswa dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, hingga SMK.

Berikut jadwal lengkapnya untuk minggu ini:

Mulai-1-April-2021-Tayangan-Program-BDR-di-TV-Edukasi
Senin - Rabu (6-8/4/2020)


Mulai-1-April-2021-Tayangan-Program-BDR-di-TV-Edukasi
Kamis - Minggu, (9-12/4/2020)

TV Edukasi melalui kanalnya di Vidio akan menyuguhkan konten pendidikan yang dikemas dengan menarik, sehingga juga dapat menghibur pemirsanya.

TV Edukasi membagi 3 segmen waktu, untuk pendidikan Sekolah Dasar (SD) yang akan tayang setiap pukul 07.00 WIB. Untuk pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang tayang setiap pukul 08.00 WIB dan untuk jenjang pendidikan Sekolah Menangah Atas (SMA) hadir setiap pukul 10.00 WIB.

Siaran TV Edukasi Kemendikbud dapat diakses melalui tautan http://tve.kemdikbud.go.id/live

Tautan Youtube Program BDR di Televisi Edukasi Kemendikbud untuk Sekolah Dasar

Kelas 1

Mulai-1-April-2021-Tayangan-Program-BDR-di-TV-Edukasi

http://ringkas.kemdikbud.go.id/BDRSDkelas1

Kelas 2

Mulai-1-April-2021-Tayangan-Program-BDR-di-TV-Edukasi
http://ringkas.kemdikbud.go.id/BDRSDkelas2
Kelas 3

Mulai-1-April-2021-Tayangan-Program-BDR-di-TV-Edukasi
http://ringkas.kemdikbud.go.id/BDRSDkelas3
Kelas 4

Mulai-1-April-2021-Tayangan-Program-BDR-di-TV-Edukasi
http://ringkas.kemdikbud.go.id/BDRSDkelas4
Kelas 5

Mulai-1-April-2021-Tayangan-Program-BDR-di-TV-Edukasi
http://ringkas.kemdikbud.go.id/BDRSDkelas5
Kelas 6

Mulai-1-April-2021-Tayangan-Program-BDR-di-TV-Edukasi
http://ringkas.kemdikbud.go.id/BDRSDkelas6

Untuk menyampaikan masukan dan saran mengenai program BDR, dapat mengisi survei di s.id/surveibdr, mengunjungi website http://ult.kemdikbud.go.id/, atau mengirim surat elektronik ke: pengaduan@kemdikbud.go.id.

Terima Kasih, Semoga Bermanfaat.

Salam Literasi!

Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 96/sipres/A6/III/2021

Post a Comment for "Mulai 1 April 2021 Tayangan Program BDR di TV Edukasi"