Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

[FAQ] Program Guru Belajar seri Pendidikan Keterampilan Hidup

 

[FAQ]-Program-Guru-Belajar-seri-Pendidikan-Keterampilan-Hidup

Program pembelajaran yang dirancang bagi Guru SMP dan SMA/SMK dengan tujuan untuk membantu dan membekali para peserta didik dengan keterampilan abad ke-21 yang bermanfaat untuk masa depan mereka termasuk mengembangkan kemampuan belajar dan menggali potensi diri. Seri ini adalah hasil kerjasama Kemendikbud RI dan UNICEF.

Apa itu Program Guru Belajar seri Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH)?

Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH) bagi para guru SMP dan SMA/SMK di Indonesia dirancang agar guru SMP & SMA/SMK dapat mendukung peserta didik dalam mengembangkan keterampilan abad ke-21 (seperti pemecahan masalah, kreativitas dan komunikasi), dan agar mereka memperoleh pengetahuan komprehensif tentang berbagai topik penting (seperti kesetaraan gender, keamanan menggunakan internet, dan perundungan/bullying).

Apa saja metodologi yang digunakan dalam sesi-sesi pembelajaran PKH? 

Metodologi yang dipakai sangat bervariasi, termasuk permainan, diskusi, penilaian diri, role-play /drama, studi kasus, pekerjaan rumah, pemetaan pemikiran, tugas proyek, dan presentasi. 

Apa kriteria untuk mengikuti? 

Guru SMP & SMA/SMK, memiliki akun SIMPKB , berkomitmen menyelesaikan seluruh tahap dalam Program Guru Belajar seri PKH, dan tidak sedang mengikuti pelatihan/kegiatan peningkatan kapasitas lain pada saat yang sama.

Apakah guru PAUD/TK dan SD bisa mengikuti Program Guru Belajar seri PKH?

Untuk saat ini, Program Guru Belajar seri PKH hanya diperuntukkan bagi guru-guru SMP dan SMA/SMK.

Apakah Program Guru Belajar seri PKH hanya diperuntukkan bagi guru SMP & SMA/SMK yang mengajar mata pelajaran tertentu?

Tidak, Program Guru Belajar seri PKH bisa diikuti oleh guru semua mata pelajaran di SMP dan SMA/SMK yang ingin mempelajari cara-cara guna dapat mendukung peserta didik dalam mengembangkan keterampilan abad ke-21.

Bagaimana saya bisa menjadi peserta Program Guru Belajar seri PKH?

Silahkan kunjungi laman gurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-pendidikan-keterampilan-hidup dan memilih jadwal berdasarkan kuota yang tersedia.

Bagaimana teknis pelaksanaan Program Guru Belajar seri PKH?

Anda login atau masuk untuk mendaftar sebagai peserta sesuai kuota dan jadwal yang tersedia. Kemudian menyelesaikan tahap berikut:

  1. Menyelesaikan e-learning.
  2. Mengikuti coaching clinic.
  3. Pengimbasan.

[FAQ]-Program-Guru-Belajar-seri-Pendidikan-Keterampilan-Hidup
flow chart
Kapan dan bagaimana tahapan seleksi untuk bisa mengikuti Program Guru Belajar seri PKH?

Pendaftaran dibuka sejak peluncuran/launch tanggal 1 Desember 2020 hingga kuota terpenuhi. Tidak ada tahapan seleksi, pendaftaran dibuka dengan sistem pendaftar tercepat hingga kuota terpenuhi.

Adakah nilai minimum untuk menyelesaikan setiap tahap? Berapa?

Ada, untuk e-Learning Pendidikan Keterampilan Hidup nilai minimal kelulusan adalah 70% ini untuk mengukur keterserapan materi oleh peserta. Sedangkan untuk tahapan Coaching Clinic penilaian akan dilakukan oleh master trainer.

Jika saya tidak berhasil mendapat nilai minimal, apakah saya masih bisa melanjutkan ke tahap berikutnya?

Anda tidak bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. Anda di beri 3 kesempatan untuk mengerjakan Post Asessment untuk memperbaiki nilai. Jika tidak lulus, Anda dapat mendaftar ulang sebagai peserta baru pada Angkatan selanjutnya selama kuota masih tersedia.

Saat mengikuti materi secara daring, koneksi di daerah saya kurang stabil, apa yang harus saya lakukan?

Koneksi internet yang stabil diperlukan untuk mengakses materi e-learning Pendidikan Keterampilan Hidup dan Coaching Clinic. Demi kelancaran proses e-learning, diharapkan Anda dapat menggunakan koneksi internet yang stabil.

Apakah saya harus menyiapkan perangkat (smartphone/laptop/pc dekstop) dan internet secara mandiri untuk mengikuti Pendidikan Keterampilan Hidup secara daring?

Ya, smartphone /komputer dan internet disiapkan secara mandiri oleh peserta Pendidikan Keterampilan Hidup. Fasilitas ini dibutuhkan selama mengikuti tahapan program Pendidikan Keterampilan Hidup.

Bagaimana jika saya tidak memiliki smartphone /komputer?

Peserta wajib mengusahakan ketersediaan smartphone / komputer.

Apakah ada spesifikasi perangkat untuk dapat mengakses materi e-Learning?

Untuk perangkat smartphone Android , pastikan perangkat Anda berbasis Android dengan versi minimal Android 4 Kitkat ke atas dan disarankan menggunakan browser Google Chrome. Untuk perangkat Komputer/laptop minimal menggunakan sistem operasi Windows 7 dan menggunakan browser Google Chrome.

Bagaimana jika saya lupa akun atau password SIM PKB?

Anda bisa menghubungi admin SIM-PKB Dinas Pendidikan Provinsi untuk jenjang Pendidikan SMA, dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk jenjang Pendidikan TK, SD, SMP.

Saya sudah login namun kuota sudah habis, apakah akan ada pendaftaran batch berikutnya?

Untuk saat ini pendaftaran batch berikutnya belum tersedia. Anda diharapkan sering mengunjungi halaman Guru Belajar, atau memantau akun media sosial Guru Belajar untuk mendapat update informasi bilamana ada angkatan selanjutnya.

Saya terdaftar di PKH Angkatan 2, bolehkah saya mengganti jadwal?

Tidak, Anda tidak bisa mengganti jadwal. Jika Anda tidak mengikuti materi yang sudah tersedia sesuai jadwal, maka Anda dianggap gugur.

Bilamana saya dianggap gugur, apakah saya masih bisa mengikuti program PKH?

Ya, selama kuota pada pendaftaran berikutnya masih tersedia.

Saya sudah menyelesaikan e-Learning, dan mengerjakan post test, lalu apa yang akan saya lakukan selanjutnya?

Silahkan tunggu jadwal berikutnya untuk Coaching Clinic.

Saya sudah menyelesaikan sebuah topik, tetapi saya mengapa tidak bisa melanjutkan ke topik selanjutnya?

Untuk dapat melanjutkan ke topik/ modul berikutnya, modul atau materi sebelumnya wajib tertandai centang hijau pada tab sebelah kiri halaman e-Learning. Coba refresh slide terakhir pada topik yang tidak dapat tercentang hijau.

Saya sudah menyelesaikan hingga Post Asessmen, namun progress e-Learning tidak menunjukkan angka 100%, apa yang harus saya lakukan?

Silahkan periksa lagi topik atau materi-materi dalam modul PKH, apakah masih ada yang tidak tercentang. Jika ada, buka kembali modul yang tidak tercentang. Jika masih tidak ada perubahan silahkan hubungi admin Guru Belajar.

Saya sudah menyelesaikan modul (1/2/3/4/5) namun tidak dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya, apa yang harus saya lakukan?

Di setiap modul / lesson akan ada tombol  yang akan muncul jika materi disetiap pertemuan telah diakses. Klik tombol tersebut untuk menandai bahwa modul telah diakses dan melanjutkan ke modul selanjutnya. 

Apakah Anda ingin memiliki kemampuan untuk memfasilitasi pembelajaran yang komprehensif terkait beragam topik dan kecakapan penting guna membekali peserta didik dalam membuat keputusan dan mengelola risiko dalam hidup mereka? Ayo belajar bersama dalam program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Keterampilan Hidup

Demikian Artikel Rangkuman dari Pertanyaan yang Sering Ditanyakan di Seri Pendidikan Keterampilan Hidup. Semoga bermanfaat...

Salam Literasi!

Post a Comment for "[FAQ] Program Guru Belajar seri Pendidikan Keterampilan Hidup"