Beasiswa Daring Wikimedia Indonesia Periode Juli - September

Table of Contents

Beasiswa-Daring-Wikimedia-Indonesia-Periode-Juli-September

Mempertimbangkan kondisi pandemi yang tampaknya belum akan berakhir dalam waktu dekat, Wikimedia Indonesia memberikan Beasiswa Daring bagi sukarelawan proyek Wikimedia.

Beasiswa Daring ini dapat Anda gunakan untuk mendukung kegiatan daring yang bertujuan memperbaiki kualitas infrastruktur dan konten proyek Wikimedia dalam bahasa Indonesia dan daerah.

Karena hanya mendukung kegiatan daring, beasiswa ini hanya mendanai pulsa dan konsumsi harian. Komponen-komponen tersebut mengacu pada standar keuangan Wikimedia Indonesia, yaitu maksimal Rp200.000 untuk pulsa per orang per kegiatan dan maksimal Rp100.000 untuk konsumsi per orang per hari.

Beasiswa yang akan Anda dapatkan adalah akumulasi dari jumlah orang yang terlibat dikali jumlah hari (minimal 3 hari dan maksimal 10 hari) dalam kegiatan Anda dikali nominal konsumsi per hari ditambah jumlah orang yang terlibat dikali pulsa per kegiatan. Sebagai contoh: Tim Jingga terdiri dari 2 orang yang mengerjakan kegiatan selama 10 hari. Dengan demikian, Tim Jingga akan memperoleh beasiswa sebesar Rp2.400.000 (2 orang x 10 hari x Rp100.000 + 2 orang x Rp200.000).

Syarat

Permohonan

  1. Setiap permohonan beasiswa program diajukan oleh satu orang pemohon, yang mewakili diri sendiri atau mewakili kelompok; bagi yang berkelompok, maksimal anggota kelompok adalah 4 orang (total 5 orang yang mencakup pemohon dan anggotanya). Permohonan dibuat melalui formulir permohonan di bawah.
  2. Tenggat permohonan: 14 Juni 2021.

Kegiatan

Kegiatan dilakukan secara daring. Kegiatan luring tidak diperkenankan.

Kegiatan seperti merapikan kategori tentang kecamatan di Wikipedia Indonesia, menambah kosakata di Wiktionary Nias, meningkatkan keaktifan Wikisource Sunda di Multilingual Wikisource atau Wiktionary Gorontalo di Wikimedia Incubator, membuat desain grafis untuk melengkapi artikel Wikipedia Jawa, mengunggah foto tematik tentang Indonesia ke Wikimedia Commons, dan memperbaiki kualitas artikel di Wikipedia Minangkabau adalah kegiatan-kegiatan yang layak didanai dalam beasiswa daring ini. Kegiatan lain selama sejalan dengan tujuan beasiswa daring ini merupakan kegiatan yang layak didanai.

Topik kegiatan yang diutamakan adalah topik apa pun tentang Indonesia atau topik penting Level 2, yaitu: Komunikasi, Listrik, Filsafat, Kedokteran, dan sebagainya.

Deskripsikan kegiatan daring yang akan Anda lakukan secara rinci dalam permohonan Anda. Jawab pertanyaan-pertanyaan ini di dalamnya: (1) Apa kegiatan Anda? (2) Apa alasan Anda membuat kegiatan ini? (3) Mengapa kegiatan Anda layak didanai? (4) Sebagai ukuran kesuksesan kegiatan Anda, apa yang ingin Anda capai dari kegiatan Anda? Sebagai contoh, menambah 200 entri baru pada Wiktionary Nias atau membuat 7 desain grafis untuk diletakkan pada 7 artikel Wikipedia Jawa.

Lama kegiatan minimal 3 hari dan maksimal 10 hari.

  • Anda bebas mengusulkan jumlah hari, namun Wikimedia Indonesia akan memutuskan jumlah hari yang layak untuk kegiatan Anda berdasarkan evaluasi terhadap halaman permohonan Anda.
  • Tanggal kegiatan bebas dalam rentang waktu Juli dan Agustus 2021, tidak harus berurutan, namun sebaiknya ditentukan secara rinci dalam halaman permohonan.
  • Apabila belum tahu tanggalnya, Anda boleh menulis 'tentatif' pada halaman permohonan. Sebagai contoh, tuliskan 'tentatif 4 hari'.
  • Catatan: Jumlah orang dan jumlah hari menentukan banyaknya nominal beasiswa yang akan Anda terima. Apabila lolos, Anda hanya akan menerima dana untuk konsumsi harian yang harus Anda kelola sendiri, sedangkan dana untuk pulsa akan dibelanjakan langsung untuk Anda oleh Wikimedia Indonesia pada awal Juli 2021.

Contoh-contoh kegiatan yang lolos para periode Beasiswa Daring sebelumnya. Ukuran kesuksesan tidak seragam karena keahlian sukarelawan yang beragam, tetapi masih memungkinkan untuk diselesaikan oleh sukarelawan.

Wikipedia

  • Wiki Museum (laporan): membuat artikel rintisan bertopik 'museum di Indonesia' di Wikipedia bahasa Indonesia.
  • Peneliti-Peneliti Indonesia (laporan): membuat artikel bertopik 'peneliti Indonesia' di Wikipedia bahasa Indonesia.
  • Wiki Elektrik (laporan): membuat artikel rintisan bertopik 'kelistrikan' di Wikipedia bahasa Indonesia.
  • Pembuatan Artikel dan Kategori Kecamatan di Indonesia (laporan): membuat artikel rintisan dan kategori bertopik 'kecamatan di Indonesia' di Wikipedia bahasa Indonesia.
  • Pengembangan Artikel Rintisan Wikipedia Bahasa Indonesia yang Bertopik Dasar dan Pengukuran Listrik Menjadi Artikel Kelas C (laporan): mengembangkan artikel bertopik 'pengukuran listrik' di Wikipedia bahasa Indonesia.

Wikidata

  • Memasukan Titik Koordinat Kecamatan di Sumatera Barat (laporan): membuat butir bertopik 'kantor kecamatan se-Sumatera Barat' beserta keterangan koordinatnya.
  • Pers Perempuan Indonesia: Napak Tilas Penerbitan Pers Perempuan Indonesia (laporan): membuat butir bertopik 'pers perempuan Indonesia'.

Wikimedia Commons

  • WikiPiksir (laporan): membuat desain grafis bertopik 'Jawa' untuk Wikipedia bahasa Jawa dan media sosialnya.
  • WikiSalatiga (laporan): mengunggah foto bertopik 'Salatiga' untuk melengkapi artikel-artikel terkait.

Wiktionary

Menambah Entri Wiktionary Incubator Dahasa Daerah Nias (laporan): menambah entri kosakata bahasa Nias di Wiktionary bahasa Nias.

Pemohon

  1. Pemohon dan anggotanya adalah sukarelawan proyek Wikimedia yang telah memiliki setidaknya 10 suntingan dan memiliki NIK.
  2. Pemohon dan anggotanya adalah sukarelawan yang tidak sedang diblokir, telah menyelesaikan kewajiban dari Wikimedia Indonesia atas program yang telah usai (seperti Saraswati), tidak pernah melanggar Kebijakan Ruang Ramah, bukan staf atau kontraktor Wikimedia Indonesia.
  3. Pemohon dan anggotanya tidak diperkenankan mengerjakan lebih dari satu kegiatan daring dalam program Beasiswa Daring ini.

Mengapa Permohonan Anda Tertolak?

Ada beberapa hal mengapa permohonan Beasiswa Daring tertolak. Simak catatan panitia di bawah ini:

  1. Kegiatan tidak jelas. Pemohon harus menjelaskan kegiatan yang akan dikerjakan, misalnya: (1) membuat artikel Wikipedia, (2) membuat lema di Wiktionary, (3) mengunggah foto di Wikimedia Commons, (4) membuat butir data di Wikidata. Kegiatan tidak bisa membuat dan mengembangkan sekaligus, harus pilih salah satu, membuat atau mengembangkan. Kegiatan yang tidak berkaitan dengan proyek Wikimedia tidak akan disetujui.
  2. Proyek wiki tidak jelas. Pemohon harus menjelaskan di proyek wiki mana kegiatan akan dikerjakan, misalnya: (1) Wikipedia bahasa Indonesia, (2) Wikipedia bahasa Banjar, (3) Wiktionary bahasa Nias, dan (4) Wikisource multibahasa.
  3. Ukuran kesuksesan tidak jelas. Pemohon harus merincikan ukuran kesuksesan kegiatannya secara kuantitatif, misalnya: (1) membuat 10 artikel baru yang masing-masing mengandung 7500 bita dengan 3 referensi, (2) membuat 200 lema baru yang masing-masing mengandung dua contoh kalimat, (3) mengujibaca 1 buah buku yang berisi 200 halaman, (4) mengunggah 100 foto dengan objek foto masing-masing berbeda-beda.
  4. Topik tidak berkaitan dengan Indonesia atau tidak termasuk topik penting Level 2.
  5. Nama kegiatan tidak jelas. Pastikan nama kegiatan singkat dan mudah diingat, misal: WikiSalatiga, WikiSalero, WikiNyamleng, WikiDialek.
  6. Akun pemohon tidak terdaftar atau jumlah kontribusi kurang. Pastikan pemohon memiliki akun di proyek-proyek Wikimedia dan telah berkontribusi sebanyak 10 suntingan.
  7. Pemohon tidak mengirimkan tautan permohonan melalui surel. Panitia hanya akan menilai permohonan yang masuk ke surel hibah(_AT_)wikimedia.or.id. Maka dari itu, pemohon jangan lupa mengirimkan tautan permohonan ke surel tersebut.

Alur

  • Pemohon mengisi halaman permohonan melalui formulir permohonan di bawah ini hingga tuntas lalu mengirimkan pranala halaman permohonan tersebut ke hibah(_AT_)wikimedia.or.id dengan subjek 'Beasiswa Daring'. Tenggat pengiriman: 14 Juni 2021.
  • Seluruh permohonan yang masuk akan dinilai mulai tanggal 15 Juni 2021. Hasil penilaian akan diumumkan melalui surel pada 18 Juni 2021.
  • Pemohon yang permohonannya diterima akan kami kirimi surat perjanjian beasiswa secara digital melalui surel. Penandatanganan surat perjanjian tersebut hanya dilakukan secara digital saja. Karena itu, Wikimedia Indonesia menggunakan pihak ketiga DigiSign (penyedia jasa tanda tangan digital yang sudah terdaftar di Kominfo) untuk penandatanganan digital yang legal di Indonesia dan akan meminta penerima Beasiswa Daring untuk membuat akun DigiSign.
    • Pencairan dana dilakukan setelah kedua belah pihak (penerima Beasiswa Daring dan Wikimedia Indonesia) menandatangani secara digital surat perjanjian tersebut.
    • Apabila terdapat perubahan kegiatan setelah surat perjanjian ditandatangani, mohon konsultasikan dahulu melalui surel hibah(_AT_)wikimedia.or.id.
  • Penerima beasiswa mengerjakan kegiatan Beasiswa Daring antara Juli hingga Agustus 2021.
  • Tenggat laporan 15 September 2021. Ketentuan laporan akan disampaikan melalui surel.

Penerima

Penerima Periode Januari - Maret 2021

Beasiswa-Daring-Wikimedia-Indonesia-Periode-Juli-September

Penerima Periode April - Juni 2021

Beasiswa-Daring-Wikimedia-Indonesia-Periode-Juli-September

Permohonan dan Laporan

  • Tenggat permohonan periode Juli-September 2021: 14 Juni 2021.
  • Tenggat laporan periode April-Juni 2021: 15 Juni 2021.

Pertanyaan terkait beasiswa daring ini dapat Anda sampaikan ke alamat surel panitia di hibah(_AT_)wikimedia.or.id. 

Terima Kasih dan semoga informasi ini bermanfaat.

Salam Literasi Digital!

Sumber: https://meta.wikimedia.org/wiki/Wikimedia_Indonesia/Beasiswa_Daring

Post a Comment