Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pengisian Formulir Daring Monev Bantuan Paket Kuota Data Internet Pendidikan 2021

Pengisian-Formulir-Daring-Monev-Bantuan-Paket-Kuota-Data-Internet-Pendidikan-2021

Guna memastikan hak belajar setiap peserta didik terpenuhi, pemerintah menyalurkan bantuan subsidi kuota internet untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran jarak jauh kepada peserta didik dan pendidik. Bantuan kuota internet tersebut berupa kuota data internet yang terbagi atas kuota umum dan kuota belajar. Kuota umum adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi; dan kuota belajar adalah kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran. 

Untuk memastikan pelaksanaan bantuan kuota internet sesuai dengan petunjuk teknis yang telah ditetapkan maka perlu dilakukan monitoring dan evaluasi program.

Selanjutnya, berdasarkan Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor no 4 tahun 2021 terkait Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah Paket Kuota Data Internet 2021, Pusdatin akan melaksanakan Monitoring dan Evaluasi penerimaan bantuan kuota data tersebut melalui pengisian formulir daring dalam rentang waktu 1 April - 15 Juni 2021. Kegiatan ini bertujuan melihat kesesuaian kontrak pekerjaan dengan realisasi di lapangan, memastikan Banpem tersebut diterima oleh penerima bantuan dan mendapatkan gambaran pemanfaatan kuota belajar di 34 Provinsi.

Sehubungan dengan itu, kami mohon bantuan saudara untuk mengkoordinasikan dan menginformasikan perihal tersebut kepada satuan Pendidikan di wilayah saudara. Adapun panduan pelaksanaan data diunduh pada: http://ringkas.kemdikbud.go.id/desainmonevkuota2021

Berikut ini surat selengkapnya dari Pusdatin bernomor 1792/J1/PM.01.04/2021 Perihal Pengisian Formulir Daring Monev Bantuan Paket Kuota Data Internet Pendidikan 2021:

Adapun tujuan dari monitoring dan evaluasi program bantuan kuota internet,  adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan monitoring kesesuain kontrak pekerjaan Operator Seluler dengan realisasi di lapangan terkait waktu injeksi, jumlah kuota dan sasaran penerima bantuan dan prosedur penggunaan kuota/aktivasi kuota.
  2. Mendapatkan gambaran pemanfaatan kuota internet yang diberikan.
  3. Mendapatkan informasi terkait kualitas kuota yang diberikan terkait kecepatan akses dan blokir konten.
  4. Mendapatkan informasi pemahaman dan pengetahuan terhadap bantuan kuota. 

Selanjutnya, hasil yang diharapkan dari kegiatan Monev Bantuan Paket Kuota Data Internet Pendidikan 2021 adalah tersusunnya data komprehensif yang dapat memberikan gambaran terkait implementasi program bantuan kuota dan pemanfaatan bantuan kuota internet di sekolah dan perguruan tinggi.

Berikut ini adalah panduan pelaksanaan data  Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program Bantuan Kuota Belajar Kemendikbud Tahun 2021:

Mekanisme Monev Daring

Jenjang PAUDDIKDASMEN

Minimal melibatkan 5 (lima) Kabupaten/Kota disesuaikan dengan sebaran dan tingkat keterwakilan penerima bantuan kuota di wilayah provinsi yang bersangkutan (selain lokasi Uji Petik). 

Minimal 1 (satu) sekolah per jenjang (PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, Kesetaraan) di wilayan Kabupaten/Kota yang dipilih.

Jenjang DIKTI

Minimal 4 (empat) Perguruan Tinggi di luar kab/kota uji petik, yaitu:

  • 2 (dua) Perguruan Tinggi Vokasi (1 negeri, 1 swasta).
  • 2 (dua) Perguruan Tinggi Akademik (1 negeri, 1 swasta).

Mekanisme Pelaksanaan

Untuk Jenjang PAUDDIKDASMEN

  1. Petugas melakukan koordinasi terkait mekanisme pelaksanaan ke Dinas Pendidikan Provinsi dan Kota/Kabupaten dengan kebutuhan sampel.
  2. Pemilihan sampel sekolah/PT ditentukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota berdasarkan data penerima bantuan yang dapat diakses oleh operator dinas di laman verval kuota.
  3. Dinas Pendidikan menghubungi dan mengarahkan sekolah yang telah ditentukan untuk mengisi kuisioner daring sesuai dengan ketentuan jumlah responden.
  4. Petugas melakukan pendampingan dan monitor data yang sudah masuk melalui form daring berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan.

Untuk Jenjang DIKTI

  1. Petugas pusat melakukan koordinasi terkait mekanisme pelaksanaan ke LLDikti regional setempat dan meminta bantuan kepada pihak LLDikti menghubungi pimpinan perguruan tinggi sampel untuk koordinasi pengisian form daring.
  2. LLDikti menentukan perguruan tinggi sampel sesuai ketentuan (daftar perguruan tinggi  dapat diakses oleh operator di laman verval kuota).
  3. LLDikti menginformasikan kepada pimpinan PT untuk mengisi kuisioner daring sesuai dengan ketentuan jumlah responden.
  4. Petugas pusat melakukan pendampingan dan monitor data yang sudah masuk melalui form daring berkoordinasi dengan LLDikti.

Teknis Mekanisme Movev Daring

  1. Populasi sampel Monev Daring adalah penerima bantuan paket kuota internet di 34 provinsi.
  2. Waktu pengisian formulir daring: 1 April - 15 Juni 2021.
  3. Formulir daring dapat diakses melalui tautan: http://ringkas.kemdikbud.go.id/monevkuotadaring2021
  4. Petugas pusat menyampaikan surat pengantar monev daring kepada: a). Dinas Pendidikan Provinsi, b). Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, c). Pimpinan LL Dikti/Perguruan Tinggi. Surat pengantar Monev Daring dapat diunduh melalui tautan: http://ringkas.kemdikbud.go.id/monevdaring2021
  5. Petugas melakukan konfirmasi dan koordinasi ke Dinas Pendidikan/LLDikti sesuai dengan pembagian tugas PIC per Provinsi dan Kabupaten/Kota; untuk jenjang pendidikan tinggi, petugas bekerjasama dengan Tim PDDikti.
  6. Petugas menginformasikan kepada Dinas Pendidikan/LLDikti ketentuan jumlah responden.
  7. Petugas melakukan pendampingan dan monitor data yang sudah masuk melalui form daring; pastikan siswa/mahasiswa dan guru/dosen pada sampel sekolah/PT telah mengisi instrument daring melalui tautan http://ringkas.kemdikbud.go.id/isianmonevdaring2021.

Demikian informasi mengenai Pengisian Formulir Daring Monev Bantuan Paket Kuota Data Internet Pendidikan 2021.

Terima Kasih dan semoga bermanfaat.

Salam Literasi!

JANGAN LUPA BACA PANDUAN!!!

Post a Comment for "Pengisian Formulir Daring Monev Bantuan Paket Kuota Data Internet Pendidikan 2021"