Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Program Afiliasi dan Keuntungannya

Program-Afiliasi-dan-Keuntungannya

Apakah Kamu ingin menghasilkan uang dari rumah dengan pemasaran afiliasi? Yang benar adalah, Kamu dapat mencari penghasilan dengan situs web afiliasi. Namun, terlepas dari ungkapan "penghasilan pasif", dibutuhkan banyak waktu dan upaya untuk menjadi pemasar afiliasi yang sukses.

Pemasaran afiliasi (atau bahasa kerennya adalah Affiliate Marketing), singkatnya, adalah strategi di mana penerbit/publisher (Kamu) mendapatkan komisi dengan bekerja sama dengan bisnis yang menginginkan lebih banyak lalu lintas atau penjualan. Tugas Anda adalah meyakinkan pelanggan untuk mengklik tautan afiliasi Kamu, yang mengarahkan mereka ke situs web pengiklan. Jika konsumen membeli produk, Kamu baru saja mendapatkan komisi.

Karena ada begitu banyaknya program afiliasi, rasanya sulit untuk memilih satu program yang paling sesuai dengan kebutuhan Kamu. Masing-masing program afiliasi memiliki cara yang berbeda dalam melakukannya dan memiliki berbagai tingkat komisi. Jadi, silahkan dibaca ulasannya pada artikel ini tentang program afiliasi terbaik dan mulailah berbisnis!

Apa itu Program Afiliasi?

Program afiliasi adalah metode untuk mendapatkan komisi dengan cara mempromosikan produk atau layanan dari suatu bisnis atau perusahaan yang bermitra dengan Kamu dan berhasil membuat orang lain membeli atau menggunakan suatu produk.

Didalam program afiliasi ini, ada dua pihak yang terlibat. Ada affiliate merchant – juga dikenal sebagai pengiklan, yang menyediakan produk untuk dipromosikan. Lalu, ada affiliate marketer – pemilik situs web, blog, atau media sosial yang bertugas untuk mengonversi pengunjung mereka menjadi pelanggan potensial dari produk yang ditawarkan.

Pengiklan mendapatkan pelanggan baru, dan affiliate marketer yang akan mendapatkan keuntungan dari mengalirkan traffic ke pengiklan.

Jumlah dari komisi yang Kamu dapatkan berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan yang Kamu ikuti. Misalnya, Amazon yang menawarkan komisi hingga 10%, sementara Niagahoster memberikan komisi 70%, dan Domainesia memberikan komisi 30% untuk Kamu.

Cara Kerja Program Afiliasi

1. Daftar Program Afiliasi

Untuk mengikuti program afiliasi, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Pendaftaran biasanya bisa dilakukan di website perusahaan tersebut.

Setelah mendaftar, Kamu akan mendapatkan kode referral. Kode referral ini unik untuk setiap orangnya dan digunakan sebagai konfirmasi kalau konsumen memang membeli dari afiliator tersebut.

Bisa juga Kamu yang ditawari untuk mengikuti program afiliasi. Penawaran program afiliasi ini biasanya terjadi pada influencer media sosial atau blogger trafik besar dengan tema pembahasan yang sesuai dengan produk afiliasi tersebut.

2. Promosi Produk Afiliasi

Agar bisnis program afiliasi Kamu menghasilkan banyak komisi, Kamu harus mempromosikan kode referral sehingga banyak yang orang beli. Promosi ini bisa Kamu lakukan dengan beberapa cara:

  • Buat Review Produk di BlogUntuk membuat review produk referral ini, Kamu harus memiliki blog. Oleh karena itu, jika Kamu belum punya blog, sangat disarankan untuk membuatnya terlebih dahulu. Blog ini adalah salah satu sarana penting untuk promosi kode referral Kamu.
  • Pasang Banner di Blog. Memasang banner di blog bisa menjadi cara promosi efektif lainnya. Sebab, manusia memproses gambar lebih cepat 60,000 kali daripada teks. Sehingga, banner program affiliate bisa memancing perhatian pengunjung lebih cepat daripada promosi lewat teks. Akan tetapi, jangan menaruh banner promo di setiap sisi website secara acak begitu saja. Karena ini bisa membuat pengunjung tidak suka karena merasa terganngu atau tidak nyaman dan justru meninggalkan website Kamu. Usahakan untuk memasang banner di tempat-tempat strategis, misalnya di header atau di sisi samping blog.
  • Media Sosial. Buat postingan di media sosial yang membahas produk afiliasi Kamu dan mulai dari review singkat hingga posting ulang dari akun resmi pemilik produk. Jika Kamu mempunyai kanal YouTube, justru lebih baik lagi karena Kamu bisa membuat video edukasi mengenai topik dari produk afiliasi tersebut. Kemudian, Kamu bisa menyisipkan link referral di dalam video atau pada deskripsi video.
  • Forum Online. Forum Online adalah tempat terbaik untuk menemukan orang-orang yang tertarik pada bidang tertentu. Apalagi jika Kamu mempunya reputasi baik di forum online tersebut, mempromosikan bisnis afiliasi bisa menjadi hal yang mudah.

3. Konsumen Menggunakan Kode Referral Kamu

Tujuan melakukan promosi afiliasi adalah agar orang-orang atau konsumen menggunakan kode referral Kamu. Jika ada yang menggunakan kode referral, konsumen mendapat diskon tambahan dan Kamu sebagai afiliator mendapatkan komisi. 

Walaupun Kamu mendapatkan komisi dari pembelian konsumen, bukan berarti harga produk yang dibeli konsumen akan lebih tinggi daripada harga normal. Umumnya, harganya sama saja.

4. Mendapatkan Komisi

Komisi akan didapatkan apabila ada yang menggunakan kode referral Kamu. Di sini, Kamu akan berbagi profit dengan pemilik produk. Namun, untuk mendapatkan komisi tidak juga mengharuskan konsumen membeli suatu produk terlebih dahulu. Tergantung dari perusahaannya, ada tiga jenis komisi dari program afiliasi, yaitu:

  • Per PenjualanIni adalah jenis pembagian komisi yang umumnya diterapkan dalam program afiliasi. Setelah konsumen membeli produk melalui link referral, Kamu akan diberikan komisi beberapa persen dari harga penjualan.
  • Per Lead. Komisi ini dibayarkan apabila calon konsumen berhasil menyelesaikan suatu aktivitas yang sudah ditentukan oleh pemilik produk. Bisa dari mengisi form, membuat akun, subscribe newsletter, hingga download file tertentu.
  • Per Klikkomisi ini dibayarkan apabila ada orang yang mengklik link referral. Biasanya, link referral akan mengarahkan mereka ke website pemilik produk. Jadi bisa dikatakan bahwa komisi per klik ini dibayarkan berdasar peningkatan trafik website dari pemilik produk.

Daftar Program Afiliasi

Pada daftar di bawah ini, akan dijelaskan secara singkat program afiliasi terbaik, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Amazon Associates

Amazon adalah salah satu perusahaan ecommerce terbesar. Kamu dapat menemukan berbagai jenis produk di dalamnya. Kabar baiknya, Kamu bisa ikut menjual produk-produk yang ada di sana.

Kamu hanya perlu bergabung dengan program afiliasinya. Lalu memillih produk yang ingin Kamu promosikan. Jika Kamu berhasil menjual produknya, maka Kamu bisa mendapat komisi hingga 10%.

Jika Kamu ingin memaksimalkan penghasilan Kamu, pilih niche dengan bayaran tertinggi (tingkat komisi tertinggi adalah 10% untuk produk kecantikan high-end, fashion, dan Amazon Coins). Ada juga batasan untuk transfer langsung sebesar 10 USD, sedangkan untuk cek sebesar 100 USD.

Tak heran, jika Amazon Associates menjadi salah satu program afiliasi terbaik.

2. Program Afiliasi Niagahoster

Komisi yang ditawarkan terbilang besar, yaitu 70% per penjualanJika bergabung dalam program ini, tugas Kamu adalah menawarkan layanan-layanan Niagahoster. Di antaranya adalah Unlimited Hosting dan Cloud Hosting.

Caranya juga mudah. Kamu akan mendapatkan link referral atau kode kupon untuk diletakkan di website atau platform lainnya. Kode kupon ini bisa Kamu kustomisasi. Jadi, Kamu bisa membuatnya terlihat lebih profesional dan terpercaya.

3. Program Afiliasi Hostinger

Program ini cocok untuk situs atau blog yang memiliki niche terkait teknologi.

Komisi yang didapat sebesar 60% untuk setiap pembelian hosting yang berasal dari link afiliasi Kamu, dan tidak ada batasan apapun. Untuk bergabung pun juga sangat mudah. Yang harus Kamu lakukan hanyalah mendaftar dan mengisi informasi pada form, lalu tunggu 24 jam untuk proses verifikasi.

Kamu akan mendapatkan control panel khusus afiliasi untuk mengelola, mengoptimalkan, dan memantau campaign afiliasinya. Bahan marketing seperti banner untuk berbagai jenis website juga akan disediakan.

Jika pengunjung Kamu membeli paket dua tahunan premium shared hosting mereka (95,76 USD) dan tidak menghentikan layanannya dalam 30 hari, Kamu akan mendapatkan komisi 60%, yang akan menjadi 57,46 USD. Kamu akan menerima pembayaran setelah saldo Kamu mencapai 100 USD – hanya perlu dua transaksi penjualan.

4. ShareASale Affiliate

ShareASale mirip dengan marketplace – mereka melayani baik pedagang maupun promotor. Memiliki lebih dari 3.900 merchant, support responsif, dan membayar tepat waktu, tak heran ShareASale dapat masuk ke dalam daftar program afiliasi terbaik.

Bagaimana caranya bergabung? Untuk mendaftar, Kamu harus melalui lima langkah sederhana. Mulailah dengan mendaftarkan username dan password Kamu, kemudian isi informasi situs web, masukkan email Kamu, detail kontak, dan pilih metode pembayaran – setor bank langsung atau cek. Kemudian, tunggu selama satu hari kerja hingga akun Kamu divalidasi.

ShareASale memiliki batas transfer yang lebih rendah daripada program yang disebutkan sebelumnya yaitu hanya sebesar 50 USD. Ingatlah bahwa metode pembayaran berbeda juga berperan dalam seberapa cepat Kamu akan menerima penghasilan.

Transaksi internasional memerlukan 4-6 minggu sebelum cek Kamu dikirim melalui pos, 1-3 minggu kerja melalui FedEx, dan hanya 3-6 hari kerja jika Kamu memilih setoran langsung.

5. G Suite Refferal Program

G Suite adalah sekumpulan alat yang dapat membantu bisnis dalam menyelesaikan berbagai hal. Seperti mengelola email dan kalender, membuka online meeting, atau sekedar membuat dokumen.

Jika bergabung dengan G Suite Refferal Program, Kamu akan menerima link referral yang bisa dipromosikan di mana saja. Keuntungannya bisa Kamu nikmati setiap ada yang mendaftar paketnya.

Jenis paket yang didaftarkan oleh pengguna akan mempengaruhi keuntungan yang Kamu dapat. Contohnya, Kamu akan mendapat $15 USD jika pengguna mendaftar pada paket basic, dan $30 USD jika pengguna mendaftar pada paket business atau enterprise.

6. Bukalapak Affiliate Program

Cara kerja Bukalapak Affiliate Program cukup simple. Skema komisinya adalah cost per sale (CPS). Jadi, setiap ada konsumen yang membeli produk dari link Kamu, maka akan ada komisi yang didapat berdasarkan harga produknya.

Kamu bisa memilih di antara 100 juta produk yang bisa dijual di Bukalapak. Apapun jenis dan kategori produknya.

Bukalapak juga menyediakan berbagai fitur afiliasi yang cukup lengkap. Seperti dynamic banner, link generator, hingga product search box.

7. Shopify Affiliates

Shopify adalah salah satu platform ecommerce terbesar dengan fitur yang luar biasa. Fitur yang ditawarkan dapat memberi solusi untuk masalah tiap pengusaha: dari generator nama bisnis, tool membuat logo, hingga memiliki aplikasi toko online.

Bagaimana cara bergabung dengan Shopify? Pertama, Kamu harus membuat akun Shopify Partner dengan memasukkan informasi tentang situs web Kamu, selanjutnya menjawab bagaimana Kamu akan mempromosikan Shopify, dan apakah Kamu memiliki pengalaman dalam digital marketing. Setelah itu, tunggu dua hari kerja untuk verifikasi akun.

Mereka memiliki dua jenis paket yang dapat digunakan untuk ditawarkan ke audiens Kamu – standard dan Shopify Plus. Untuk setiap penjualan paket standard, Kamu akan mendapatkan 58 USD. Sedangkan untuk Shopify Plus, Kamu akan mendapatkan 2.000 USD untuk setiap transaksi penjualan.

Perlu dicatat bahwa Shopify Plus adalah layanan yang ditujukan untuk toko perusahaan online – harganya mahal. Jadi, mungkin agak sedikit sulit untuk melakukan penjualan.

8. Tiket.com Affiliate Partner

Apakah Kamu memiliki aplikasi travel dan entertainment? Jika iya, Kamu bisa menghubungkan aplikasinya dengan berbagai data hotel dan penerbangan dari tiket.com.

Tiket.com menawarkan API (Application Programming Interface) yang bisa dihubungkan dengan aplikasi Kamu. Jadi, keuntungannya diambil dari setiap transaksi yang dilakukan via API.

Struktur komisi yang Kamu dapat berbeda-beda tergantung dari apa yang pengguna pesan. Contohnya, jika yang dipesan adalah tiket pesawat, Kamu akan mendapat komisi Rp.10.000/seat. Sedangkan persentase komisi untuk booking hotel berkisar dari 40% hingga 60%.

9. ThirstyAffiliates 

ThirstyAffiliates adalah plugin WordPress gratis yang dapat membantu blogger untuk mengelola link afiliasi mereka.

Produk ini sangat tepat untuk dipromosikan – mari rekomendasikan tool yang dapat memudahkan aktivitas program affiliate pada audiens Kamu.

Bagaimana cara mendaftarnya? Cukup masukkan informasi Kamu ke dalam formulir pendaftaran, cek email Kamu untuk username dan password, lalu login untuk mengakses dasbor afiliasi. Di tab Links & Images, Kamu bisa mendapatkan link dan banner afiliasi Kamu.

Kamu bisa mendapatkan komisi 30% untuk setiap penjualan. Produk ThristyAffiliate yang paling terjangkau adalah one-site licence (49 USD) yang memberi Kamu komisi sebesar 14,9 USD untuk setiap penjualan. Kabar baiknya, ThirstyAffiliate tidak memiliki batas pembayaran. 

10. eBay Partner Network

Dengan reputasi yang telah dibangun sejak 1995, sulit untuk tidak melihat eBay sebagai salah satu market terbesar dan terpercaya.

eBay memiliki lebih dari 1,1 miliar daftar merek terbaik untuk berbagai niche. Terlebih lagi, marketing kit yang disediakan oleh eBay dapat mempermudah promosi dan menyebarkan informasi penjualan.

Kamu dapat mendaftarkan akun Google atau Facebook pada halaman eBay untuk mempercepat prosesnya. Ingatlah untuk memiliki informasi PayPal Kamu.

eBay Partner Network memberi Kamu antara 50% dan 70% dari pendapatannya, tergantung pada kategori produk. Untuk menerima pembayaran, Kamu hanya perlu mencapai saldo 10 USD.

11. Program Afiliasi ZALORA

ZALORA adalah salah satu perusahaan ecommerce populer yang menawarkan berbagai produk fashion.

Sama seperti program afiliasi ecommerce lainnya, Kamu akan mendapat keuntungan setiap ada pembeli yang berasal dari link Kamu.

Persentase komisi yang didapat bisa berbeda berdasarkan status pelanggannya. Persentase komisi untuk pelanggan baru adalah 6%, sedangkan persentase komisi untuk pelanggan lama adalah 4%.

12. Leadpages Partner Program

Leadpages adalah tool online yang dapat Kamu gunakan untuk membuat landing page dengan ringkas Leadpages memiliki banyak fitur yang berguna seperti drag-and-drop builder, berbagai template yang mobile friendly, traffic tanpa batas, dan masih banyak lagi.

Apa pun nichenya, membuat situs web dapat membantu memperkuat online presence audiens Kamu. Dengan tool yang ringkas ini, siapa pun dapat menggunakannya. Faktor ini menjadikan Leadpages sebagai tool yang sempurna untuk dipromosikan ke pembaca Kamu.

Disarankan agar Kamu membeli paket Leadpages sebelum Kamu mempromosikannya – Jika mencobanya secara langsung, Kamu akan mengenali fiturnya dengan baik. Pertama, buka halaman afiliasi Leadpages untuk mendaftar. Ada formulir yang perlu diisi dengan detail seperti display name, situs web, bahasa, negara, dan sebagainya.

Kamu bisa mendapatkan komisi berulang sebesar 30% untuk setiap penjualan dan pembayaran perpanjangan berikut.

Leadpages juga akan memberikan bonus sebesar 5.000 USD kepada marketer yang memenuhi syarat untuk melakukan perjalanan keliling dunia. Selain dari paket yang ditawarkan, Leadpages juga mengadakan webinar berbayar, yang mana Kamu juga bisa mendapatkan komisi 30% dengan cara menawarkannya ke audiens Kamu.

13. Avantlink

Avantlink adalah salah satu program afiliasi terbaik dengan seleksi yang ketat – hanya menerima 30% dari semua pelamar afiliasi. Namun, teknologi marketing yang canggih dapat menjadi bayaran yang setimpal. Selain itu, Avantlink juga hanya mengizinkan merchant besar dan mapan dengan produk berkualitas untuk bergabung dalam network Avantlink.

Real-time report, paid placement, pembuat kode link afiliasi, dan pelacakan khusus hanyalah sedikit contoh dari banyaknya tool yang disediakan oleh Avantlink. Segala sesuatu tentang Avantlink mencerminkan bisnis yang serius dan berdedikasi tinggi baik untuk merchant maupun marketer.

Seberapa sulit untuk memulai bisnis dengan Avantlink? Tidak begitu sulit. Interface yang enak dilihat membuat proses mendaftar menjadi mudah dan menyenangkan. Pilih satu wilayah di antara AS, Kanada, atau Australia untuk menjadi network pilihan Kamu, lalu isi formulirnya.

Selanjutnya, Kamu akan menerima email yang berisi instruksi tentang cara memverifikasi ownership – proses ini memerlukan sedikit keterampilan teknis. setelah itu, Avantlink juga akan meninjau form Kamu dalam beberapa hari.

Tingkat komisi rata-rata untuk setiap penjualan adalah 10%, sedangkan jumlah minimum untuk penarikan adalah 50 USD. Setiap pembayaran akan dikirim pada tanggal 25 setiap bulan. Ingatlah bahwa Avantlink tidak akan dapat membayar Kamu jika merchant belum melakukan pembayaran.

14. Clickbank

Marketplace afiliasi terkenal ini adalah salah satu program program affiliate termudah untuk dimasuki. Terlebih lagi, Clickbank memiliki ribuan produk untuk dipromosikan dengan tarif komisi yang berbeda untuk setiap vendor.

Kamu dapat memilih produk mana yang akan dipromosikan. Setelah Kamu mengklik Promote, Kamu akan membuat HopLink dengan cara memasukkan nama panggilan – link afiliasi langsung dibuat! Kamu dapat langsung membagikannya ke blog atau media sosial. Tetapi, untuk menerima pembayaran, Kamu harus mendaftar dan mengisi informasi yang diperlukan.

Tarif komisi tergantung pada masing-masing vendor – berkisar antara 1% hingga 75%. Kamu juga dapat memilih antara one-time purchase atau recurring payment. Recurring payment lebih mudah untuk mendapatkan uang.

Batas pembayarannya adalah 100 USD tetapi Kamu dapat mengaturnya di Tab Settings untuk mengubahnya menjadi 10 USD – 1.000.000 USD.

15. Sovrn Commerce

Sebelumnya dikenal sebagai VigLink, Sovrn Commerce adalah salah satu program affiliasi terbaik yang dapat menghasilkan uang dengan mudah.

Automatoin tool Sovrn Commerce dapat mengubah link produk yang ada dan unlink keyword menjadi tautan afiliasi dengan bayaran tertinggi hanya dalam hitungan detik.

Saat mendaftar, Kamu perlu memberi informasi tentang platform apa yang digunakan untuk mempromosikan produk afiliasi – blog, website, forum, dan sebagainya. – dan juga niche Kamu. Kemudian, paste kode VigLink ke situs Kamu.

Kamu dapat melakukannya dengan plugin VigLink atau secara manual. Nantinya, situs web Kamu juga akan ditinjau. Sementara itu, Kamu dapat mulai membuat tautan afiliasi.

Tidak peduli berapa banyak yang Kamu hasilkan, pembayaran hanya akan dikirim 90 hari setelah Kamu mendaftar. Di tambah lagi, saldo Kamu harus mencapai 10 USD – jika tidak, jumlahnya akan dikumulatif pada bulan berikutnya.

Platform ini menawarkan paket CPC (cost-per-click) dan CPA (cost-per-action), tetapi tingkat komisi sangat bervariasi.

16. CJ Affiliate

Dikenal sebagai Commission Junction, adalah salah satu program affiliasi terbaik yang dapat dipercaya. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, CJ Affiliate akan memberikan solusi terbaik untuk Kamu agar mendapatkan revenue sebanyak mungkin.

CJ Affiliate serba tahu dan sangat menjaga privasi pengunjung Kamu – itulah sebabnya platform ini memiliki sistem pelacakan tanpa cookie yang tetap mumpuni dalam men-tracking komisi Kamu.

Pada halaman pendaftaran, Kamu harus membaca semua terms and conditions dan mencentang kotak agreement. Setelah selesai mendaftar, isi profil network dengan deskripsi situs web/blog Kamu dan metode promosi yang dijalankan. Kemudian, pilih merchant yang diinginkan dan bergabunglah dengan programnya.

Setiap merchant memiliki tingkat komisi yang berbeda, dan berbagai EPC (earnings per click). Misalnya, ketika pedagang memiliki 30 USD untuk EPC, itu berarti bahwa setiap 100 klik yang Kamu hasilkan, Kamu akan mendapatkan komisi sebesar 30 USD – terlepas dari tingkat komisi.

Jika merchant memiliki tingkat komisi rendah tetapi EPC tinggi, berarti merchant tersebut melakukan pekerjaan luar biasa dalam mengonversi traffic menjadi pembeli. Standar ini tidak 100% transparan, tetapi Kamu harus mencari EPC tertinggi jika Kamu ingin mendapatkan uang dengan cepat.

17. Peerfly

Peerfly memiliki salah satu network afiliasi terbesar. Dengan lebih dari 2.000 live offer, tidak heran jika program berbasis CPA ini mampu mengumpulkan lebih dari 75.000 publisher aktif dari seluruh dunia.

Penentuan harga didasarkan pada CPA (cost-per-action) – pengunjung Kamu perlu melakukan tindakan tertentu (membeli, bergabung dengan program uji coba gratis, dan sebagainya.) untuk memberi Kamu komisi.

Ada empat langkah yang harus Kamu lalui untuk mendaftar – informasi dasar, pemasaran, pajak, dan verifikasi. Kamu mungkin perlu hingga tiga hari untuk memverifikasi situs Kamu.

Mereka menawarkan berbagai opsi pembayaran berdasarkan waktu – net 30, net 15, dan setiap minggu dengan jumlah minimum penarikan 50 USD. Misalnya, jika Kamu mencapai batas pada bulan Januari, maka pembayaran Kamu akan dikirim pada bulan Februari (Net 30).

18. BeRush

Jika audiens Kamu membutuhkan cara untuk meningkatkan ranking SEO mereka, maka coba perkenalkan SemRush di situs Kamu.

Program afiliasi BeRush akan memberikan kompensasi kepada Kamu untuk traffic dan transaksi penjualan produk SemRush. Karena marketing adalah masalah sehari-hari berbagai niche, tool ini dapat menjadi tool menarik untuk dipasarkan.

Daftarkan diri Kamu di halaman BeRush – sangat cepat! Yang harus Kamu lakukan adalah memilih email dan password, lalu klik link verifikasi di inbox email Kamu.

Untuk setiap referal yang didapatkan, Kamu akan mendapatkan komisi berulang sebesar 40%. SemRush memiliki tiga paket utama – pro (99,95 USD/bulan), guru (199,95 USD/bulan), dan business plan (399,95 USD/bulan).

19. Ninja Outreach

Membangun koneksi dengan berbagai blogger dan influencer di luar sana adalah taktik pemasaran yang bagus. Kamu dapat memanfaatkan audiens mereka untuk mengembangkan bisnis Kamu. Dengan menggunakan Ninja Outreach, Kamu dapat membuat daftar email yang terdiri dari banyak influencer dan terhubung dengan mereka hanya dalam hitungan detik.

Proses pendaftarannya tidak rumit dan cepat. Cukup isi informasi Kamu, klik tautan verifikasi pada email, ubah kata sandi, dan Kamu dapat mulai membagikan link afiliasi Kamu.

Kamu akan mendapatkan komisi berulang sebesar 20% untuk setiap penjualan. Batasnya adalah 100 USD. Jika audiens Kamu membeli paket seharga 99 USD / bulan, maka Kamu akan mendapatkan 19,8 USD setiap bulan selama audiens tersebut tetap aktif.

20. Hubspot Affiliate Program

HubSpot adalah software CRM (Customer Relationship Management) yang membuat inbound marketing menjadi mudah. Inbound marketing adalah paket marketing lengkap untuk mengubah leads Kamu menjadi customer dengan memanfaatkan konten yang menarik, media sosial, dan strategi yang tepat untuk terkoneksi dengan pembeli.

HubSpot adalah produk digital yang harus dimiliki oleh bisnis apapun. Software CRM HubSpot 100% gratis, tetapi Kamu hanya dapat memperoleh komisi dengan mempromosikan paket paket berbayar mereka – Starter, Professional, dan Enterprise.

Klik tombol Get Started di  halaman HubSpot dan browser Kamu akan bergulir ke bawah pada bagian formulir pendaftaran. Setelah semua kolom formulir diisi, klik Submit.

Kamu akan mendapatkan komisi flat-rate. Jumlah yang akan Kamu peroleh tergantung pada tingkat produk yang dibeli oleh referal Kamu – dan mereka harus menjadi pelanggan baru.

Masing-masing komisi untuk paket Starter, Professional, dan Enterprise adalah 250 USD, 500 USD, dan 1.000 USD.

21. Printful Affiliate Program

Printful Affiliate Program sangat cocok untuk blog dengan niche kewirausahaan.

Platform ini memiliki jasa printing pakaian seperti kaos dengan desain Kamu sendiri dan menghubungkan produk Kamu ke platform ecommerce secara otomatis. Ini adalah metode ringkas untuk menjadi pemilik toko online tanpa harus mengkhawatirkan tentang pengemasan dan pengiriman.

Kamu harus membuat akun Printful terlebih dahulu. Kemudian, Kamu akan segera diminta untuk mengisi detail pendaftaran afiliasi. Setelah selesai, Kamu harus menunggu selama 2-3 hari kerja hingga formulir Kamu disetujui.

Kamu bisa mendapatkan komisi sebesar 10% untuk setiap referal. Ditambah lagi, Kamu akan mendapatkan komisi berulang 10% untuk setiap penjualan yang dibuat oleh referal Kamu dalam sembilan bulan ke depan.

22. ConverKit Affiliate Program

Email subscription begitu penting bagi blogger dan pemilik situs mana pun. Ini adalah cara yang tepat untuk tetap terhubung dengan pembaca Kamu dan mengubah mereka menjadi pengunjung tetap.

ConvertKit adalah perangkat lunak yang dapat membuat seluruh proses email marketing menjadi lebih efisien. Alat otomasi mereka dapat membuat template email sesuai aturan khusus dengan mudah. Kamu dapat membuat semuanya dengan bantuan interface yang bagus dan fitur drag-and-drop.

Kamu juga bisa mendapatkan komisi dengan merekomendasikan ConvertKit kepada pengunjung Kamu dengan pendaftaran yang mudah dan aturan yang straightforward.

Kamu dapat mendaftar program affiliasi ini secara gratis. Daftar di halaman ini, lalu masukkan nama dan email Kamu.

Nilai komisi ConvertKIt adalah 30% untuk setiap penjualan yang Kamu hasilkan. Selain itu, Kamu juga akan mendapatkan komisi berulang jika referal Kamu tetap aktif – yang berarti Kamu bisa mendapatkan 30% keuntungan setiap bulan.

22. DomaiNesia

Selanjutnya adalah program afiliasi dari layanan hosting dan domain dari DomaiNesia. Program afiliasi DomaiNesia ini cocok bila Kamu mempunyai web dengan pengunjung ribuan tiap hari dan bisa menjadi penghasilan tambahan selain dari iklan. Kamu dapat menerima minimum komisi dari program afiliasi ini sebesar 40 Ribu sampai 11 Juta rupiah. 

Afiliasi DomaiNesia adalah salah satu afiliasi terbaik untuk penyedia jasa web hosting. Kamu bisa menjalankan program afiliasi DomaiNesia dan akan mendapatkan keuntungan hingga jutaan rupiah. Komisi hingga 30%.

Keuntungan Program Afiliasi

Apa saja keuntungan dari program afiliasi? Berikut ini akan dijelaskan secara singkat enam keuntungan atau manfaat jika Kamu menjadi seorang Afiliator, yaitu sebagai berikut:

1. Penghasilan Pasif

Suatu pekerjaan pada umumnya mengharuskan Kamu untuk berada di tempat kerja untuk mendapatkan uang. Sementara dengan program afiliasi, Kamu akan tetap mendapatkan uang saat tidur sekalipun.

Promosi yang Kamu lakukan di awal akan tetap berada di sana selamanya (kecuali jika Kamu menghapusnya). Ini membuat uang tetap masuk berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan setelahnya.

Kamu tidak perlu berada di depan komputer seharian untuk mendapatkan uang. Cukup duduk manis dan uang akan datang dengan sendirinya.

2. Modal Kecil

Perusahaan penyedia program afiliasi itu ada dua jenis. Pertama adalah perusahaan yang tak memberikan syarat wajib membeli produk mereka terlebih dahulu untuk mendaftar program afiliasi. Sedangkan jenis kedua, perusahaan mewajibkan Kamu untuk membeli produknya agar bisa ikut di program afiliasi mereka.

Jenis pertama bisa dikatakan gratis, tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Untuk jenis kedua, sebaiknya pilihlah produk yang memang sedang Kamu butuhkan. Jadi, Kamubisa memenuhi kebutuhan pribadi sekaligus mendapatkan uang dari produk yang orang beli dari program afiliasi.

3. Kerja dari Rumah

Kamu bisa menjalankan strategi promosi link referral dari mana saja, termasuk dari sofa di rumah. Yang Kamu butuhkan hanyalah koneksi internet dan laptop/smartphone. Jadi, afiliasi adalah jenis pekerjaan sempurna bagi Kamu yang tak suka bekerja kantoran.

4. Jam Kerja Fleksibel

Kamu tidak terikat kontrak yang mengharuskan untuk mempromosikan program afiliasi setiap hari dari jam tertentu layaknya bekerja kantoran. Jadi, Kamu sendirilah yang menentukan kapan saatnya promosi dan kapan saatnya bersantai. 

5. Bisa Ikut Banyak Program Afiliasi

Kamu mungkin merasa kalau mendaftar satu program afiliasi saja masih tidak cukup. Tidak perlu pusing karena Kamu bisa ikut program afiliasi dari perusahaan lainnya di saat yang sama.

Kamu bisa mendaftar ke tiga atau empat program afiliasi sekaligus, selama memang tidak bertentangan dengan syarat dan ketentuan dari perusahaan lainnya. Jadi, pastikan Kamu membaca syaratnya terlebih dahulu agar tidak terkena konsekuensi di masa depan.

6. Penghasilan Murni dari Hasil Kerja Keras Kamu

Pada pekerjaan lain, Kamu bisa saja bekerja hingga 80 jam lebih per minggu dan masih menghasilkan gaji yang sama. Hal ini tak berlaku apabila Kamu ikut program afiliasi.

Uang yang didapatkan dari bisnis afiliasi itu tergantung sepenuhnya dari kerja keras usaha Kamu melakukan promosi. Dengan kata lain, semakin niat usaha Kamu, semakin besar pula hasil yang akan didapatkan.

Kesimpulan

Setelah Kamu mengetahui apa saja program affiliasi terbaik yang ada, cara kerjanya, dan keuntungannya yang telah dijelaskan secara singkat diatas. Maka untuk memilihnya, ada beberapa faktor yang dapat Kamu mempertimbangkan, seperti tingkat komisi, kualitas produk, dan relevansi dengan niche Kamu. Segera dapatkan uang dari bisnis afiliasi!

Post a Comment for "Program Afiliasi dan Keuntungannya"