Widget HTML #1

Exambrowser, Aplikasi Pelaksanaan ANBK

Exambrowser,-Aplikasi-Pelaksanaan-ANBK

INFO DAPODIK & PENDIDIKAN. Sebagaimana diketahui bahwa Asessmen Nasional dicanangkan akan digelar pada bulan September mendatang. Artinya, Asessmen Nasional sudah berada di depan mata. 

Kemendikbudristek melalui Pusat Asessmen dan Pembelajaran (Pusmenjar) terus melakukan persiapan Asessmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), salah satunya dengan menyiapkan aplikasi ExamBrowser.

ExamBrowser yang dikembangkan oleh Pusmenjar merupakan browser khusus yang nantinya akan digunakan oleh client / peserta didik untuk mengerjakan soal-soal Asessmen Nasional. 

ExamBrowser memiliki tampilan yang berbeda dan dirancang dengan tingkat keamanan tinggi yang membuat peserta AN tidak dapat mengakses aplikasi lain selama mengerjakan soal AN.

Fungsi ExamBrowser Client berfungsi menampilkan layar/halaman tes secara penuh tanpa navigasi sehingga mencegah peserta tes untuk berpindah ke aplikasi lain. 

Selain itu, ExamBrowser Client juga berguna untuk memastikan client yang sedang melakukan ujian adalah benar pengguna aplikasi resmi Pusmenjar, sehingga dapat me-minimalisir akses ke laman ujian dari pihak yang tidak berkepentingan.

Sebelum menjalankan ExamBrowser, pastikan spesifikasi perangkat yang digunakan telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh Pusmenjar, yaitu sebagai berikut: 

  • Resolusi layar minimal 1024×720 pixel, 
  • Operating System 32bit / 64bit (minimal Windows 7, Linux, Mac OS, Chrome OS, Thin client, Raspberry), 
  • CPU minimal 2 core, 
  • RAM 2 GB, 
  • Koneksi internet 12 Mbps untuk 15 client (dialokasikan khusus untuk pelaksanaan ANBK).

Setelah mengetahui kegunaan ExamBrowser dan spesifikasi minimal perangkat yang dibutuhkan untuk menjalankan ExamBrowser, berikut ini adalah langkah-langkah menjalankan ExamBrowser:

  • Extract ExamBrowser Client yang terdiri dari 14 file dengan ukuran total sekitar 60 MB. 
  • Jalankan ExamBrowser.exe dengan cara mengklik 2 kali , atau klik kanan kemudian pilih “Run as Administrator).
  • Klik tombol “Run” yang berada pada bagian bawah tampilan ExamBrowser. Pastikan ExamBrowser yang digunakan adalah versi terbaru. 

Berikut di bawah ini adalah tutorial dalam bentuk video:

Selanjutnya, di bawah ini adalah file ExamBrowser terbaru tahun 2022 (silahkan di-unduh):

Moda Semi Daring/ Online

Moda Daring/ Online

ExamBrowser MacOS

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Aplikasi Exambrowser, Aplikasi Pelaksanaan ANBK, semoga dapat bermanfaat.

Bagi satuan pendidikan yang memilih moda semi daring/ online, silahkan download VHD Fresh versi terbaru untuk ANBK 2022 disini.

Terima Kasih.

Salam Literasi!

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.

Post a Comment for "Exambrowser, Aplikasi Pelaksanaan ANBK"