Widget HTML #1

Cara Membuat Disclaimer Untuk Blog

Cara-Membuat-Disclaimer-Untuk-Blog

Selain privacy policy dan contact us, beberapa blogger juga membutuhkan disclaimer

Hal ini agar terlihat profesional saja. Walau pada dasarnya, ketika telah punya privacy policy dan contact us, itu sudah mewakili semuanya, apalagi kalau hanya sekedar blog.

Hampir semua website atau blog profesional akan mencantumkan disclaimer, privacy policy, TOS (Terms of Service) dan contact us

Bagian ini memang kadang kala tidak tertera secara jelas. Biasanya akan diletakkan disalah satu bagian dari blog atau website tersebut. 

Contohnya pada blog akoenksembilantujuh.com yang meletakkan bagian ini di footer.

Disclaimer biasanya dipasang pada navigasi blog, sidebar atau pada bagian blog lainnya seperti footer, ini tergantung selera Anda untuk memasang dibagian mana, yang terpenting dari 3 komponen yaitu Privacy Policy, Disclaimer dan Contact Us terpasang di blog untuk digunakan pendaftaran Google Adsense atau monetize iklan lainnya.

Jika Anda memiliki blog yang ingin di-monetisasi, disclaimer adalah salah satu halaman penting yang harus dimiliki. 

Isinya menjelaskan semua ketentuan yang perlu ditaati oleh pengunjung, termasuk informasi dan tautan di dalamnya.

Selain sebagai tanda profesionalisme blog Anda, disclaimer juga diperlukan jika Anda ingin mendaftarkannya ke Google AdSense, program afiliasi, atau platform beriklan lainnya.

Apa itu Disclaimer?

Disclaimer adalah dokumen yang dapat melindungi pemilik website atau blog dari kemungkinan tuntutan hukum pengunjungnya. 

Biasanya tuntutan hukum dilakukan ketika pengunjung menemui beberapa hal di website atau blog Anda, misalnya:

  • Kesalahan informasi pada konten website atau blog yang menyebabkan kerugian pembaca.
  • Penyebaran malware atau virus komputer.
  • Kecelakaan yang disebabkan produk yang dijual di website atau blog.
  • Pelanggaran hak cipta.

Maka dari itu, disclaimer adalah pegangan Anda ketika menemui kasus seperti di atas. 

Terutama, jika kasus tersebut timbul karena tidak sengaja. Meski demikian, dokumen ini bukan jaminan bahwa website atau blog bisa lari dari hukum yang berlaku.

Pentingnya Memiliki Halaman Disclaimer 

Blog atau website Anda perlu memiliki halaman disclaimer agar pengunjung website atau blog tidak salah paham. 

Apalagi jika website atau blog Anda secara tidak sengaja memuat info atau mengalami error yang merugikan pengunjung.

Contohnya, dengan perkembangan informasi yang begitu cepat, konten-konten Anda dapat dengan mudah kadaluarsa dan memuat info yang kurang tepat. 

Topik seperti search engine optimization (SEO), misalnya, akan selalu berubah seiring berkembangnya algoritma Google dan mesin pencarian lainnya.

Dengan disclaimer Anda memberi tahu pengunjung bahwa Anda tidak berniat berbohong dengan konten-konten di blog atau website.

Di sisi lain, Anda juga memerlukan disclaimer untuk menyatakan keaslian konten-konten di blog. 

Dengannya, Anda punya dasar hukum ketika ada website atau blog lain yang memplagiat konten Anda. 

Selain soal kebenaran informasi, halaman disclaimer adalah salah satu dari halaman-halaman penting yang diperlukan apabila Anda ingin mendaftar Google AdSense.

Cara Membuat Disclaimer dengan Disclaimer Generator

Cara membuat disclaimer sangatlah mudah. Anda dapat membuatnya menggunakan dua cara, yaitu dengan disclaimer generator atau menulisnya sendiri.

Caranya hampir sama dengan membuat privacy policy yang telah diprakterkkan sebelumnya. Tapi untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pada homepage klik Disclaimer Generator dibagian header 
  • Berikutnya, ada tiga langkah yang perlu Anda lakukan. Masing-masing langkah mengharuskan Anda untuk mengisi kolom yang tersedia. Di langkah pertama, ketikkan nama blog dan URL-nya. Klik next untuk ke langkah selanjutnya.
  • Di langkah, klik kolom Country dan pilih nama negara. Klik juga kolom State dan pilih provinsi Anda. Jika sudah, masukkan alamat email Anda di kolom di bawahnya dan klik Create Disclaimer.

Teks untuk halaman disclaimer Anda sudah jadi. Di halaman selanjutnya, Anda tinggal menyalin teks tersebut dengan mengklik Copy to clipboard.

Cara-Membuat-Disclaimer-Untuk-Blog
Gambar 1

Selanjutnya adalah membuat disclaimer sendiri untuk website atau blog Anda. Disini Anda  tidak perlu bersusah payah merumuskan isi halaman disclaimer

Daripada bingung, Anda dapat menggunakan contoh disclaimer bahasa Indonesia yang ada di bawah ini:

Disclaimer untuk [nama blog Anda]

Dengan menggunakan informasi di [nama blog Anda], Anda telah memahami dan setuju dengan segala ketentuannya.

Semua informasi di blog [nama blog Anda] merupakan informasi semata dan ditulis dengan sejujur-jujurnya. [nama blog Anda] tidak bertanggung jawab atas kelengkapan dan ketepatan informasi tersebut.

Konsekuensi dari aksi yang Anda lakukan berdasarkan informasi di [nama blog Anda] Anda bukan tanggung jawab [nama blog Anda].

Di blog ini terdapat tautan-tautan menuju website lain. Meski [nama blog Anda] telah berusaha untuk mencantumkan tautan website-website paling terpercaya di bidangnya, kontennya berada di bawah kendali pemilik website tersebut. Informasinya dapat berubah sebelum [nama blog Anda] sempat mengganti atau menghapusnya.

Oleh karena itu, [nama blog Anda] akan segera mengganti atau menghapus informasi maupun tautan yang terbukti salah. Bantuan Anda dalam bentuk komentar atau email akan kami terima dengan senang hati.

Perlu Anda ingat juga bahwa website-website tersebut juga memiliki terms of service (TOE) dan kebijakan privasi tersendiri. Kami menganjurkan Anda untuk membaca dokumen-dokumen terkait di website tersebut sebelum mengunggah informasi apapun.

Salam hangat,

[nama blog Anda]

Anda dapat menggunakan template di atas apa adanya atau pun mengubah isinya sesuai ketentuan yang sudah Anda buat.

Disclaimer adalah halaman blog atau website berisi ketentuan yang harus diikuti pengunjungnya. 

Dengan adanya halaman ini, pengunjung diharapkan dapat menggunakan semua informasi di website atau blog Anda dengan bijak.

Semoga artikel Cara Membuat Disclaimer Untuk Blog ini dapat bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Cara Membuat Disclaimer Untuk Blog"