Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tentang Pusat Penguatan Karakter [PUSPEKA]

Tentang-Pusat-Penguatan-Karakter-[PUSPEKA]
Pic. https://puspeka.kemdikbud.go.id/

Visi Puspeka (Pusat Penguatan Karakter) mendukung Visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Profil Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, bergotong-royong, dan berkebinekaan global.

Dalam mencapai Visi tersebut Puspeka memiliki 3 (tiga) misi yang merupakan rumusan Misi Kemendikbud sebagai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan Visi, yaitu sebagai berikut: 

  1. Mewujudkan pendidikan yang relevan dan berkualitas tinggi, merata, dan berkelanjutan didukung oleh infrastruktur dan teknologi; 
  2. Mewujudkan pelestarian dan pemajuan kebudayaan serta pengembangan bahasa dan sastra; 
  3. Mengoptimalkan peran serta seluruh pemangku kepentingan untuk mendukung transformasi dan reformasi pengelolaan pendidikan dan kebudayaan.

Tugas dan Fungsi Puspeka

Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) sesuai dengan Permendikbud No. 17 Tahun 2020 merupakan unit organisasi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang memiliki Tugas dan Fungsi sebagai berikut:

Mempunyai tugas untuk melaksanakan penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang penguatan karakter serta urusan ketatausahaan Pusat.

Dalam melaksanakan tugasnya tersebut Puspeka menyelenggarakan fungsi:

  1. Melaksanakan penyusunan program kerja Pusat;
  2. Melaksanakan penyusunan kebijakan teknis di bidang penguatan karakter;
  3. Melaksanakan kebijakan di bidang penguatan karakter;
  4. Melaksanakan pembuatan konten penguatan karakter melalui media;
  5. Melaksanakan penguatan karakter melalui satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat;
  6. Melaksanakan koordinasi penguatan karakter;
  7. Melaksanakan penyebarluasan konten penguatan karakter melalui media sosial;
  8. Melaksanakan analisis konten penguatan karakter pada media sosial;
  9. Melaksanakan fasilitasi pelaksanaan penguatan karakter;
  10. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan penguatan karakter;
  11. Melaksanakan penyusunan laporan pelaksanaan penguatan karakter; dan
  12. Melaksanakan penyusunan laporan Pusat.

Nilai Budaya Kerja

Selanjutnya, dalam melaksanakan tugasnya tersebut, Puspeka memiliki nilai budaya kerja sebagai berikut:

  • Profesional: Bekerja tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbaik dengan penuh tanggung jawab dan komitmen yang tinggi.
  • Unggul: Mampu untuk memberdayakan kelebihan atau potensi/talenta yang ada di Puspeka seraya mengoptimalisasikan peluang-peluang dari lingkungan lainnya.
  • Sinergis: Membangun dan memastikan hubungan kerjasama internal yang produktif serta kemitraan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan, untuk menghasilkan karya yang bermanfaat dan berkualitas.
  • Prima: Memberikan layanan terbaik untuk memenuhi kepuasan pemangku kepentingan yang dilakukan dengan sepenuh hati, transparan, cepat, akurat, dan aman.
  • Empati: Mampu untuk bisa merasakan atau mengidentifikasi dirinya dalam keadaan perasaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain
  • Kreatif: Mampu untuk memiliki daya cipta.
  • Amanah: Dapat dipercaya.

Agen Perubahan Puspeka

Agen Perubahan berperan dalam perubahan di lingkungan Pusat Penguatan Karakter menuju ke arah yang lebih baik, yaitu bersama membangun Zona Integritas dalam rangka mewujudkan Reformasi Birokrasi sekaligus Wilayah Bebas Korupsi. 

Agen Perubahan memiliki kriteria disiplin, kinerja, integritas, dan profesionalisme, serta menumbuhkan semangat pegawai untuk melaksanakan nilai-nilai integritas.

Agen Perubahan mempunyai fungsi sebagai:

  1. Katalis, yang mampu memberikan keyakinan kepada seluruh pegawai tentang pentingnya perubahan menuju ke arah yang lebih baik;
  2. Penggerak perubahan, yang mampu mendorong dan menggerakkan pegawai untuk ikut berpartisipasi  dalam perubahan menuju ke arah yang lebih baik;
  3. Pemberi solusi, yang mampu memberikan alternatif solusi kepada para pegawai atau pimpinan yang menghadapi kendala dalam proses berjalannya perubahan menuju arah yang lebih baik;
  4. Mediator, yang mampu membantu memperlancar proses perubahan, terutama menyelesaikan masalah yang muncul dalam pelaksanaan reformasi birokrasi dan membina hubungan antara pihak-pihak yang ada di dalam dan pihak di luar Pusat Penguatan Karakter terkait dengan proses perubahan;
  5. Penghubung, yang mampu menghubungkan komunikasi dua arah antara pma pegawai di lingkungan Pusat Penguatan Karakter dengan para pengambil keputusan; dan
  6. Teladan, yang mampu menjadi individu yang dapat dijadikan contoh dalam berprestasi, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri , bernalar kritis, dan kreatif.

Begitu pentingnya Agen Perubahan ini, Kepala Pusat Penguatan Karakter telah mengesahkan Keputusan Kepala Pusat Penguatan Karakter Nomor 1157/J4/KP.04.00/2021 tentang Pembentukan Agen Perubahan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi di Lingkungan Pusat Penguatan Karakter Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 26 Maret 2021. 

Berikut Agen Perubahan di lingkungan Pusat Penguatan Karakter:

  1. Diana Damey, Kasubag TU.
  2. Agus M. Solihin, Analisis Kebijakan Ahli Madya.
  3. Rusprita Putri Utami, Analisis Kebijakan Ahli Madya.
  4. Taufik Dahlan, Pranata Humas Ahli Madya.
  5. Rudi Miswanto, Analisis Kemitraan.
  6. Linang Wahtu, Pengolah Data.
  7. Supardi, Logistik.

Kontak

Kontak Kami

Pusat Penguatan Karakter

Gedung C, Lantai 18 Kemendikbud

Jl.Sudirman, Senayan – Jakarta, 10270
Telepon 021 5746 121
email: cerdasberkarakter@kemdikbud.go.id

Layanan

Pusat Pengaduan

https://kemdikbud.lapor.go.id/

Pusat Bantuan

https://puspeka.kemdikbud.go.id/pusatbantuan/

Pusat Informasi

https://puspeka.kemdikbud.go.id/layanan-permohonan-konten-penguatan-karakter/

Lampiran

Permendikbud No. 17 Tahun 2020

Terima Kasih.

Salam Literasi!

Post a Comment for "Tentang Pusat Penguatan Karakter [PUSPEKA]"