Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Apa Itu Moodle?

Apa-Itu-Moodle?

Perkembangan era virtual saat ini membuat kita memiliki banyak pilihan produk teknologi untuk membantu pekerjaan atau kegiatan kita. Tanpa sadar kita menggunakan berbagai macam teknologi di hampir semua aktivitas kehidupan kita dari bangun tidur sampai tidur lagi.

Sebagai contoh sebuah Lembaga tentu membutuhkan sebuah sistem untuk menunjang kinerja Lembaga tersebut. Salah satunya adalah Lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan memerlukan sebuah sistem yang dapat mengakomodir interaksi antara guru, siswa dan infrastruktur penunjang proses pembelajaran.

Pada artikel kali ini akan sedikit mengulas secara singkat tentang sistem manajemen pendidikan yang dibuat untuk mempermudah sistem belajar jarak jauh. Mungkin sebagian dari kita telah familiar dengan Moodle. Untuk yang belum tahu tentang software open source satu ini, jangan risau karena pada artikel kali ini akan mengulas tentang Moodle.

Platform ini bersifat open source dan bisa digunakan secara gratis. Dengan demikian, bisa menjadi solusi cara belajar mengajar yang murah tapi tetap efektif. 

Apa itu Moodle?

Moodle adalah software program yang biasa digunakan untuk membuat suatu pelatihan berbasis website dan net yang biasa disebut dengan Learning Management System (LSM) atau Virtual Learning Environment (VLE).

Moodle adalah kependekan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment. Maksud dari kata modular disini yakni, semua developer diseluruh dunia bisa mengembangkan dan menciptakan module-module baru untuk menambah fungsi dari Moodle.

Tak perlu bingung dengan istilahnya. Sebetulnya pengertian Moodle cukup simpel kok. Intinya, Moodle merupakan platform yang dibuat khusus sebagai sebuah sistem manajemen pembelajaran.

Layanan Moodle bisa digunakan secara gratis karena software ini merupakan salah satu software program open source. Moodle sendiri di diluncurkan pada tahun 2002 dan hingga saat ini software ini telah banyak digunakan di dunia Pendidikan. Misalnya program e-learning, kursus dan lain sebagainya.

Sejarah pengembangan Moodle sebenarnya sudah dimulai dari tahun 1970. Namun, baru dirilis secara resmi pada 2002. Martin Dougiamas adalah sosok di balik salah satu platform e-learning terbaik ini. 

Moodle juga bisa digunakan di berbagai jenis perangkat seperti home windows, Mac OS, netware, Unix, Linux dan berbagai perangkat pendukung lainnya. Pembuatan Moodle juga bisa dibilang cukup mudah.

Pengguna cukup meletakkan information ke database seperti PostgreSQL, Oracle, ODBC dan MySQL. Kemudian records akan muncul dalam bentuk Model dan dapat langsung digunakan oleh siapa saja.

Sudah banyak sekolah, kampus dan lembaga pendidikan menggunakan Moodle. Namun, banyak juga perusahaan besar di dunia yang menggunakan Moodle sebagai media belajar para karyawannya. Salah satu contohnya adalah Shell.

Fitur Moodle

Moodle adalah software program yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang menarik. Fitur-fitur ini tentu saja akan menunjang dan membantu proses belajar mengajar. 

Adapun beberapa fitur yang dimiliki Moodle antara lain adalah sebagai berikut:

User Management

Dengan adanya User Management akan sangat membantu bagi administrator. Karena Moodle adalah software yang menyediakan fasilitas yang membagi 7 (tujuh) lapisan user. Sehingga administrator tidak terlalu sibuk dalam mengatur semua hal di situs tersebut. 

Adapun 7 (tujuh) lapisan user tersebut adalah Administrator, Course Creator, Teacher, Non-editing instructor, Student, Guest.

Course Creator

Fitur lain yang bisa dgunakan pada Moodle adalah Course Creator. Fitur ini memungkinkan kita untuk menciptakan suatu course. Namun tidak semua user bisa melakukannya. Hanya user yang memiliki role sebagai trainer/teacher dan admin saja yang bisa melakukannya.

Walaupun regulasi nya sebagai teacher bisa membuat course namun tetap tidak dapat mengubah course yang telah diciptakan. 

Course pada Moodle memiliki beberapa layout diantaranya: LMAS Course Format, Weekly Format, Topics Format, CSS no table, Sosial Format, SCORM Format.

Assignments

Dengan adanya fitur ini para guru akan bisa dengan mudah memberikan tugas yang mengharuskan siswanya meng-upload konten digital seperti laporan, essay, dan lain sebagainya.

Moodle adalah software yang juga kompatibel dengan berbagai jenis file. Sehingga siswa bisa meng-upload tugas dengan berbagai jenis file misalnya, audio, video, photograph, spreadsheet, dan lain sebagainya.

Database Activity

Fitur ini memungkinkan para guru dan siswa membuat dan melihat bank data mengenai berbagai macam topik. Menariknya mereka bisa memasukan data dengan semua format dan struktur data.

Forum

Forum adalah wadah interaksi yang bisa digunakan oleh para guru dan siswa secara real time. Berbeda dengan chat, pada forum interaksi dilakukan secara asinkron yang artinya semua member yang tergabung dalam forum akan mendapat salinan dari postingan di email mereka.

Kelebihan Moodle

Ada begitu banyak sekali keunggulan moodle yang menjadikannya platform pembelajaran yang layak digunakan. Adapun berikut ini adalah beberapa keunggulan dari Moodle, yaitu:

Gratis

Kita bisa men-download software Moodle tanpa harus membayar lisensi khusus. Tidak hanya itu, kita bisa menggunakan dan mengembangkannya sendiri sesuai kemampuan kita.  

Meskipun demikian, jika ingin membangun kursus atau portal pembelajaran, kita tetap harus mengeluarkan biaya. Untuk apa? Untuk membuat website dan menyiapkan berbagai materinya. 

Mudah Digunakan

Siapapun bisa menggunakan Moodle tanpa perlu mempelajarinya lama. Baik sebagai pengajar, administrator atau siswa.  

Kemudahan tersebut terutama dapat ditemui pada 3 (tiga) hal berikut:

  1. Fitur drag-and-drop yang lebih memudahkan dalam membuat materi belajar.
  2. Antarmuka yang intuitif sangat membantu memahami penggunaan Moodle lebih cepat.
  3. Dokumentasi yang tersedia lengkap ditambah tutorial Moodle yang banyak dibuat oleh komunitas penggunanya.

Fleksibel

Platform ini mendukung semua skala pembelajaran. Mulai dari kelas kecil berisi beberapa orang, hingga portal pembelajaran untuk ribuan orang seperti di perusahaan dan sekolah. 

Kondisi ini kian memungkinkan siapa saja untuk bisa membuat kelas pembelajaran sendiri. Bisa dimulai dari skala kecil dengan materi terbatas dulu. Jika sudah berhasil, bisa ditingkatkan perlahan untuk audiens yang lebih banyak.

Terintegrasi

Ingin membangun sebuah sistem pembelajaran on line yang terintegrasi? Moodle bisa menjadi pilihan tepat. 

Alasannya, platform ini memiliki fitur external collaborative tools. Jadi, kita bisa melengkapi kursus on line kita dengan halaman wiki, forum, hingga weblog dengan mudah.

Aman

Tak perlu ragu dengan keamanan Moodle. Update yang secara rutin dilakukan bertujuan untuk menjamin keamanan pengguna. Baik dari kehilangan data materi pembelajaran maupun pencegahan pencurian information pribadi saat mengakses sistem. 

Bahkan, jika mengelola platform tersebut sendiri, kita akan memegang kendali penuh atas keamanan platform kita.

Mendukung Plugin

Secara default, Moodle sudah dapat digunakan untuk membuat platform pembelajaran yang baik. Namun, jika kita ingin menambah fungsi khusus, platform ini juga menyediakan plugin

Tak kurang dari 1677 plugin tersedia di direktori plugin Moodle. Baik untuk kebutuhan administrasi, penilaian, komunikasi dan lain sebagainya.

Dapat Dikustomisasi

Platform ini memang diciptakan untuk semua kalangan. Maka, untuk mendukung tujuan tersebut, Moodle sengaja dibuat agar mudah dikustomisasi. 

Dari sisi tampilan, kita bisa mengganti tema sesuai yang keinginan. Halaman direktori Moodle memiliki banyak pilihan tema yang bisa diunduh free of charge

Selain itu, kita bebas mengganti logo dan footer sesuai instansi atau lembaga kita sendiri.

Mendukung Berbagai Bahasa

Moodle memiliki komunitas yang aktif dari seluruh dunia. Merekalah yang banyak membantu pengembangan Moodle. Salah satu pengembangan tersebut adalah penerjemahan platform ke berbagai bahasa (localization). 

Meskipun belum mendukung bahasa Indonesia secara penuh, Moodle sudah mendukung banyak bahasa di dunia. Inilah yang membuat penggunaan Moodle menjadi semakin mudah dan penggunanya meningkat.

Mobile Friendly

Dan yang terakhir, pengembangan Moodle tak pernah berhenti. Salah satunya, dengan menjadikan platform ini mobile friendly. Hal ini tentu akan memudahkan dalam mengakses materi belajar kapan saja dan di mana saja.

Sebagai sebuah platform berbasis web, peningkatan pada cross browser compatibility membuat tampilan materi akan terlihat sama meskipun diakses dari perangkat dan browser yang berbeda.

Pembelajaran dengan Sistem Daring/PJJ

Demikianlah penjelasan secara singkat tentang beberapa fitur yang disediakan oleh Moodle. Tentu masih banyak fitur-fitur lainnya yang bisa kita gunakan. Kemajuan teknologi pada dunia pendidikan tentu menjadi sesuatu yang sangat menggembirakan.

Dengan adanya Moodle ini sedikit banyak dapat membantu sistem pembelajaran terutama pembelajaran dengan sistem daring atau PJJ. Namun yang perlu diperhatikan juga adalah hal yang menjadi kekurangan dari Moodle adalah sistem ini tidak selalu didukung oleh web browser yang tersedia sekalipun kita melakukan pembaharuan. 

Selamat mencoba.

Salam Literasi Digital!

Post a Comment for "Apa Itu Moodle?"