Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Aplikasi Pembuat Kuis Online Untuk Pembelajaran

Aplikasi-Pembuat-Kuis-Online-Untuk-Pembelajaran

Pemanfaatan media virtual dalam pembelajaran saat ini menjadi tuntutan yang tak terhindarkan sejalan dengan perkembangan dunia informasi dan teknologi. Eksplorasi berbagai media digital yang dapat digunakan untuk menunjang aktivitas pembelajaran menjadi sangat penting dilakukan oleh para tenaga pendidik/guru.

Di sisi lain, proses evaluasi pemahaman peserta didik tentunya menjadi bagian penting dalam pembelajaran. Oleh karena itu, para guru/tenaga pendidik dapat mencoba membuat kuis-kuis ringan seputar materi pembelajaran menggunakan berbagai platform kuis virtual yang menarik dan menyenangkan. 

Platform kuis virtual apa sajakah yang dapat digunakan oleh guru? Yuk, simak daftar aplikasi kuis online berikut di bawah ini yang dapat membantu proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Google Form

Google Form dapat terintegrasi langsung dengan Google Classroom. Google paperwork dapat digunakan untuk membuat soal berbentuk pilihan ganda (multiple choice), uraian panjang/essay, maupun uraian pendek/isian singkat. 

Selain itu, Google Forms juga dapat digunakan untuk meng-unduh dokumen seperti foto, video, rekaman suara, dan berbagai dokumen lain dengan ukuran maksimum 10MB.

Kahoot!

Kahoot! Dapat digunakan dalam lomba cerdas cermat karena semakin cepat peserta menjawab, maka akan mendapatkan poin / nilai lebih besar. 

Para guru dan tenaga pendidik di satuan pendidikan juga dapat melakukan pengaturan waktu pengerjaan kuis. Soal yang dibuat juga dapat berupa video dan gambar. 

Kahoot! Memiliki beberapa template bawaan yang dapat dipilih.

Nearpod

Guru dapat membuat presentasi yang sangat interaktif dengan menambahkan elemen kuis, jajak pendapat (polling), materi pelajaran berupa video, papan kolaborasi, dan lain sebagainya.

Nearpod dapat diakses secara gratis.

Wordwall

Dengan aplikasi Wordwall guru dapat membuat sebuah kuis yang terasa seperti sebuah permainan. Wordwall memiliki 18 jenis template permainan yang dapat diakses secara gratis. 

Permainan yang sudah dibuat juga dapat dibagikan dengan mudah dengan Google Classroom, email, atau sosial media. 

Selain itu, permainan yang sudah dibuat juga sudah dibuat dapat di-unduh dalam bentuk PDF.

Quizizz

Aplikasi Quizizz memiliki penampilan yang menarik dengan tema berwarna dan animasi. Quizizz juga dilengkapi dengan fitur high-quality (super) yang dapat memungkinkan pembuat kuis menambahkan penjelasan dari jawaban kuis. 

Jika guru ingin mengerjakan menggunakan kuis. Tersedia berbagai template yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Pertanyaan yang dipilih berupa pilihan ganda (multiple choice), kotak centang (checkbox), mengisi bagian yang kosong (fill inside the blank), polling, dan pertanyaan terbuka (open ended).

Selain itu, guru juga bisa menggunakan fitur pencarian kuis dan menggunakan kuis yang sudah jadi tersebut. 

Quizlet

Selanjutnya, Aplikasi Quizlet bisa menjadi salah satu platform pilihan bagi para guru yang ingin membuat media pembelajaran dalam bentuk set-set kartu (flash card). 

Selain membuat kuis dalam bentuk flash card, guru juga dapat membuat soal dalam bentuk pilihan ganda, meng-unggah video, meng-unggah gambar, menambahkan pemformatan teks, dan lain sebagainya. 

Platform ini sangat cocok digunakan untuk mata pelajaran bahasa atau mata pelajaran lain yang menekankan penambahan kosa kata (vocabulary). 

Itulah beberapa platform kuis digital yang para guru dapat dimanfaatkan guna mengukur pemahaman peserta didik terkait materi yang telah diberikan. 

Setiap platform tentunya memiliki fitur-fitur andalan sekaligus kekurangan tersendiri. Jadi, pastikan guru menggunakan platform yang tepat dengan materi dan tujuan pembelajaran. 

Semoga artikel ini bermanfaat.

Terima Kasih.

Salam Literasi!

Post a Comment for "Aplikasi Pembuat Kuis Online Untuk Pembelajaran"