#9 Cara Efektif Mengerjakan Soal Pilihan Ganda

Table of Contents

#9-Cara-Efektif-Mengerjakan-Soal-Pilihan-Ganda

Bagi sebagian siswa/ peserta didik mungkin saja menganggap mengerjakan soal pilihan ganda lebih mudah dibandingkan dengan soal esai. Sebenarnya alasan tersebut cukup sederhana saja yakni dikarenakan terdapat beberapa opsi pilihan. 

Dikarenakan hal yang sederhana itulah, sebenarnya ada beberapa tips agar kamu tidak memilih secara asal. Silahkan disimak penjelasan singkat dari beberapa tips nanti yang akan dijelaskan secara singkat.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya soal pilihan ganda memberikan sinyal terhadap jawaban dari pertanyaan, maka hal tersebut membuatnya tidak begitu sulit. Namun, hal itu tidak jarang beberapa siswa dalam mengerjakannya masih secara asal disebabkan kesulitan. 

Untuk dapat menghindari dari jawaban secara asal dari beberapa siswa, berikut beberapa tips mengisi jawaban dari soal pilihan ganda.

Baca Soal Secara Berulang

Untuk menemukan jawaban yang sebenarnya, kamu hanya perlu memperhatikan soal dengan seksama. Itulah mengapa wajib membacanya secara berulang-ulang agar bisa menemukan pilihannya. Terlebih jika soal tersebut bisa dikatakan sangat panjang.

Biasanya, hal ini terjadi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dimana isi soalnya berupa cerita atau pun rangkaian kalimat yang harus diperhatikan. 

Hal ini tentu dibutuhkan konsentrasi agar dapat memahaminya dengan benar. Dan hasilnya, jawaban akan ditemukan secara mudah.

Baca Semua Pilihan Ganda 

Kadangkala kamu masih saja bingung dalam mencari jawaban yang bukan berarti tidak mengetahuinya, hanya saja lupa. Itulah mengapa sangat disarankan untuk membaca semua pilihan ganda nya secara berulang. 

Hal tersebut guna merangsang otak kamu agar menjadi ingat kembali perihal apa yang telah dipelajari. Dengan begitu, besar kemungkinan dan secara perlahan kamu akan dapat mengingat apa jawaban dari pertanyaannya. 

Walaupun dihadapkan dengan beberapa pilihan yang membingungkan, setidaknya diantara semua ganda, ada satu atau dua yang dapat diyakini benar oleh kamu. Kemudian, cobalah kembali baca ulang sampai benar-benar ingat.

Menebak Secara Cerdas

Cara efektif selanjutnya adalah bahwa dalam mengerjakan soal pilihan ganda berikutnya adalah dengan menebak secara cerdas. Tentu saja metode ini sangat sering digunakan oleh para siswa apabila sudah mencapai level menyerah dan waktu ujian habis. Maka, jalan terakhirnya adalah mencari jawabannya adalah dengan menebak.

Namun, terlepas dari itu semua, ada yang harus kamu perhatikan ketika ingin menebak jawabannya. Pastikan bahwa soal sudah dibaca dengan seksama bahkan dilakukan secara berulang-ulang. 

Selanjutnya, memberikan jeda sebentar untuk kamu agar dapat berpikir, jika sudah mentok maka tebak lah yang paling mungkin.

Tandai Jawaban yang Mendekati Benar

Setelah melewati beberapa proses untuk bisa menemukan pilihan, maka munculah jawaban yang mungkin mendekati benar. Jika begitu, jangan lupa untuk memberikannya tanda kalau memang belum yakin. Hal ini bertujuan untuk nantinya dilakukan evaluasi tahap dua.

Pada evaluasi tahap adalah, ketika kamu sudah menyelesaikan semua soal dan masih punya waktu maka kembali ke pertanyaan sebelumnya. Dengan jawaban yang telah ditandai tadi, setidaknya fokus kamu tidak akan terbagi dan hanya berusaha meyakini benar atau salah pilihan jawabannya.

Cari Jawaban yang Tidak Logis

Sering kali, dalam mengerjakan soal pilihan ganda pasti terdapat jawaban yang dirasa kalimat atau tulisan ada yang tidak logis. Hal tersebut dapat kamu lihat dari susunan kata atau tanda bacanya yang berantakan. Dengan begitu, ini bisa dijadikan opsi untuk kamu bahwa itu adalah bukan pilihannya.

Jika Kamu sudah memastikan kalau bukan pilihannya, maka berikan tanda. Dengan begitu, yang tadinya terdapat 4 jawaban kini hanya tersisa 2 saja. Dan hasilnya, kemungkinan besar jawaban ada diantaranya sehingga bisa mencoba untuk dicari tahu kembali mana pilihannya.

Cari Jawaban yang Bersifat Informatif

Cara efektif lain yang mungkin bisa kamu gunakan dalam mengerjakan soal pilihan ganda untuk menemukan pilihan benar adalah, cari jawaban yang bersifat informatif. 

Hal ini bertujuan berguna dalam proses mengambil keputusan terhadap pilihan yang mungkin itu jawabannya. Jadi, baca dengan seksama terlebih dahulu soalnya.

Selanjutnya, hal yang harus kamu perhatikan adalah relevansi antara soal dan jawabannya. Jangan sampai, sifatnya informatif tapi melenceng jauh dari pertanyaan. 

Jadi perhatikan, apakah jawabannya sesuai dan selaras dengan pembahasan nya, apabila benar, berikan tanda.

Cari Pilihan yang Salah

Sebenarnya, mencari jawaban benar memang lebih sulit jika dibandingkan dengan yang salah. Itulah mengapa, kamu harus menemukan terlebih dahulu hasil yang bukan atau tidak mungkin dijadikan jawabannya. Hal ini guna memperkecil pilihan sehingga kamu bisa lebih bisa fokus.

Apabila pilihan ganda sudah menjadi lebih sedikit, maka tugas kamu adalah mencari jawaban yang salah berikutnya. Tentu hal ini guna membuatnya semakin kecil sehingga yang tadinya 4 pilihan dan kini hanya 2. Dan, kemungkinan besar jawabannya ada diantara dua ganda itu.

Cari Jawaban yang Kamu Yakini Benar

Pada dasarnya metode ini hampir sama dengan menebak secara cerdas, hanya saja ada satu jawaban yang kamu yakini benar. Masalahnya adalah, kurangnya penekanan akan bukti atau data kalau memang itu jawabannya yang kamu anggap benar. Namun, secara insting, pilihan tersebut dipercayai.

Jikalau sudah dalam situasi seperti itu, maka langsung saja kamu tandai atau mungkin langsung jawab saja. Namun, syaratnya sudah membaca soal dan pilihan ganda nya secara detail. Harapannya adalah guna meningkatkan daya rangsangan otak kamu untuk meyakinkan jawaban nya.

Dahulukan Soal yang Kamu Sudah Mengetahui Jawabannya

Cara efektif terakhir, terlepas dari semua metode yang bisa membantu kamu menjawab dan mengerjakan soal pilihan ganda, tentu hal ini juga sangat penting. 

Apabila dirasa masih bingung terhadap beberapa pertanyaan, maka tinggalkan saja dulu untuk sementara. Kerjakan terlebih dahulu soal yang jawabannya sudah kamu ketahui.

Hal tersebut bertujuan agar kamu tidak membuang-buang waktu karena harus memikirkan satu soal saja. Itulah mengapa, sangat disarankan agar meninggalkannya saja dahulu. 

Nanti, apabila waktu masih tersisa, maka kamu gunakan untuk mencari jawaban yang belum terisi tadi.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan singkat mengenai beberapa cara efektif dalam mengerjakan soal pilihan ganda. Apabila kamu sudah mentok dan tidak mengetahui akan jawabannya, maka tips diatas bisa kamu terapkan. 

Selain itu, hal yang paling utama dari semuanya adalah kamu belajar dengan benar guna persiapan ujian.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Salam Literasi!


Sumber: Zenius

Post a Comment