Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Aplikasi Tanda Tangan Digital Terbaik

Aplikasi-Tanda-Tangan-Digital-Terbaik

Sebuah tanda tangan umumnya digunakan sebagai validasi untuk menegaskan keabsahan suatu dokumen. Surat-surat yang menggunakan tanda tangan dianggap lebih mengikat, sah dan memiliki kuasa tertentu. 

Maka tidak heran bila di era modern seperti sekarang tanda tangan juga turut berinovasi mengikuti perkembangan zaman.

Bila biasanya tanda tangan harus dibubuhkan secara langsung atau biasa disebut tanda tangan basah, sekarang kamu bisa melakukannya secara digital. Kamu dapat membubuhkan tanda tangan virtual atau e-signature dengan mudah pada dokumen elektronik. 

Penasaran bagaimana sistem on-line signature (e-signature), tingkat keamanan, dan cara menggunakannya? Silahkan, simak pada artikel berikut ini.

Tanda Tangan Digital

Sudah barang tentu kamu pasti sudah paham bagaimana sistem kerja tanda tangan basah yang mendominasi sebagian besar dokumen dan surat-surat penting bukan? Nah, pengertian tanda tangan digital sebenarnya tidak jauh berbeda.

Tanda tangan digital adalah tanda tangan elektronik yang dapat dibubuhkan secara online pada dokumen atau surat digital. Tanda tangan digital menggunakan skema matematis yang dapat diverifikasi keaslian nya dan tidak sembarangan digunakan.

Sehingga, penggunaan e-signature dapat menegaskan integritas pesan atau informasi yang disampaikan adalah benar berasal dari penandatangan atau organisasi yang diwakilkan.

Kegunaan Tanda Tangan Digital

Perlu kamu ketahui bahwa sistem kerja paperless semakin naik daun beberapa tahun terakhir. Maka, tanda tangan digital tentu menjadi salah satu aspek penting yang tidak boleh ketinggalan. 

Selain terkesan canggih dan professional, tanda tangan digital juga memiliki beberapa kegunaan yang dapat dirangkum dalam beberapa poin berikut di bawah ini:

Tingkat Keabsahan Setara dengan Tanda Tangan Basah

Mungkin kamu berpikir bagaimana e-signature bisa dianggap sah? Jangan salah, meskipun dilakukan secara on line, namun tanda tangan digital memiliki tingkat keabsahan yang sama dengan tanda tangan basah.

Tanda tangan digital bukanlah editan foto tanda tangan belaka, melainkan dokumen yang langsung ditandatangani dan memiliki algoritma enkripsi yang terstandarisasi. 

Sehingga, e-signature dapat diverifikasi, bersifat mengikat, dan sah untuk digunakan sebagaimana tanda tangan basah pada umumnya.

Lebih Efisien dan Hemat Waktu

Menggunakan tanda tangan digital on-line dapat mempercepat proses bisnis seperti negosiasi atau tanda tangan kontrak. Kamu tidak perlu lagi mengirimkan dokumen perjanjian dan menunggu klien menandatangani kesepakatan yang mungkin memakan waktu lama.

Selanjutnya, kamu hanya perlu mengirimkan pdf secara on line dan meminta klien kamu membubuhkan tanda tangan digital secara langsung melalui perangkat elektronik mereka. 

Sehingga waktu pengiriman, waktu tunggu, dan biaya cetak dokumen terpangkas secara otomatis, lebih efisien dan hemat waktu bukan?

Terjamin Keamanannya

Mengingat maraknya kejahatan on line tentu kamu harus meningkatkan kewaspadaan. Terutama untuk hal-hal yang bersifat mewakili perusahaan atau diri kamu sendiri, seperti tanda tangan. 

Namun jangan khawatir, karena tanda tangan digital disediakan oleh aplikasi tertentu yang mengerti bahwa data kamu sangat penting dan berharga.

Keamanan adalah salah satu fungsi aplikasi tanda tangan digital yang tidak kalah penting. Aplikasi tanda tangan virtual menjanjikan keamanan berlapis yang akan melindungi dokumen kamu dari pengintaian, penyadapan, perubahan atau kejahatan lain yang mungkin terjadi. 

Karena itu, kamu tidak perlu khawatir dalam menggunakan tanda tangan digital on-line atau e-signature.

Daftar Aplikasi Tanda Tangan Terbaik

Tanda tangan digital dapat digunakan lewat aplikasi tanda tangan digital. Saat ini meningkatnya kebutuhan akan online signature membuat aplikasi tanda tangan digital semakin banyak. 

Kamu mungkin bingung aplikasi mana yang paling tepat untuk bisnis kamu. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi tanda tangan digital terbaik yang bisa menjadi pilihan bagi kamu.

Adobe Sign

Aplikasi dalam daftar pertama adalah Adobe Sign. Merasa sering mendengar brand yang satu ini? Ya! Adobe tidak hanya menjadi pionir dalam urusan program design software dan multimedia tapi juga menjadi salah satu penyedia aplikasi tanda tangan digital terbaik.

Adobe menawarkan kemudahan tanda tangan on line menggunakan internet maupun aplikasi. Hal ini membuat aplikasi tanda tangan digital menjadi lebih mudah diakses dan digunakan. 

Selain itu Adobe Sign juga dapat digunakan dengan program dan aplikasi Microsoft Office sehingga pekerjaan kamu menjadi lebih efisien dan hemat waktu.

DocuSign

Daftar aplikasi tanda tanga selanjutnya adalah DocuSign. DocuSign merupakan salah satu aplikasi tanda tangan digital terbaik. Hadir dengan tampilan minimalis membuat aplikasi yang satu ini mudah dimengerti dan nyaman digunakan. Meskipun tampilannya tampak biasa saja, namun jangan ragukan fungsinya!

DocuSign memiliki fitur vital yang sangat membantu urusan administrasi dan legalitas. Terdapat fitur inbox yang berguna untuk melihat dokumen apa saja yang perlu kamu tanda tangani, fitur sent yang berisi dokumen yang sudah kamu kirimkan, dan juga draft yang berisi dokumen yang sedang kamu kerjakan.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur report untuk melihat perkembangan bisnis kamu dari dokumen dan kontrak yang sudah berhasil ditandatangani secara digital. 

DocuSign menyediakan versi free-trial untuk uji coba dalam waktu terbatas, selanjutnya kamu bisa melanjutkan versi berbayar untuk mendapatkan semua fungsi aplikasi tanda tangan digital yang satu ini.

HelloSign

HelloSign merupakan aplikasi tanda tangan digital yang dapat kamu gunakan untuk kebutuhan bisnis dengan mudah dan aman. HelloSign tersedia dalam 22 bahasa yang dapat memudahkan mobilitas kamu dalam membuat, mengirim dan mengelola dokumen.

Selain fungsi aplikasi tanda tangan digital dasar seperti menerima dokumen, mengirim serta memasukan tanda tangan, HelloSign juga sudah melalui berbagai sertifikasi sesuai dengan standar industri global dan didukung enkripsi SSL dengan tingkat keamanan setara bank. 

Jadi, pastinya seluruh dokumen kamu aman dari penyadapan, pengintaian maupun tindak kejahatan on-line lainnya.

SignRequest

Selanjutnya, SignRequest membawa fungsi aplikasi tanda tangan digital terbaik dengan harga yang bersaing. Jika bisnis kamu masih berskala kecil, SignRequest bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Jangan khawatir, meskipun relatif lebih murah namun fitur-fitur SignRequest tidak bisa dipandang sebelah mata.

Fitur template dokumen untuk memudahkan kamu mengirimkan kontrak yang sama berkali-kali hingga multi party signing yang memungkinkan banyak pihak membubuhkan e-signature dalam dokumen yang sama tersedia dalam aplikasi yang satu ini. Tampilannya juga terbilang sederhana dan mudah untuk digunakan.

SignWell

Daftar aplikasi tanda tangan terbaik adalah SidnWell. SignWell hadir bagi kamu yang ingin membuat tanda tangan digital namun tidak terlalu sering menggunakannya. 

Aplikasi yang satu ini memang ramah bagi pemula, karena kamu bisa menikmati batas kuota 3 (tiga) dokumen perhari dengan fitur yang cukup lengkap.

Bila kamu memerlukan kuota lebih, kamu bisa melakukan upgrade-plan kapan saja dan menikmati seluruh fungsi aplikasi tanda tangan digital ini tanpa batas.

Kesimpulan

Dengan adanya aplikasi tanda tangan digital dapat membantu kamu menghemat waktu dan biaya dalam urusan administrasi dan legalitas. Tentunya ada banyak aplikasi tanda tangan digital lainnya yang bisa kamu temukan, yang terpenting sesuaikanlah fitur-fitur yang tersedia dengan kebutuhan dan skala bisnis kamu.

Demikian informasi artikel ini tentang Aplikasi Tanda Tangan Digital Terbaik, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Aplikasi Tanda Tangan Digital Terbaik"