Widget HTML #1

Operator Sekolah dan Computer Vision Syndrome (CVS)

Computer Vision Syndrome

INFO DAPODIK & PENDIDIKAN. CVS adalah singkatan atau kepanjangan dari Computer Vision Syndrome.

Dimana kondisi mata ini mempengaruhi kebanyakan orang pengguna komputer dan kebanyakan dari mereka tidak tahu bahwa mereka memilikinya atau bagaimana mencegah gejala yang berhubungan dengan CVS

Computer Vision Syndrome (CVS) atau sering disebut sebagai kelelahan visual dan ketegangan mata digital, adalah istilah untuk kumpulan gejala yang berhubungan dengan gangguan mata yang disebabkan oleh penggunaan perangkat elektronik berbasis komputer dalam waktu lama, seperti laptop, PC, smartphone, dan tablet.

Jika Anda menggunakan komputer/ laptop, ponsel pintar (smartphone) atau perangkat digital lainnya secara teratur, baik untuk bekerja, sekolah, atau rekreasi, Anda perlu mengetahui informasi ini.

Enam Langkah Sederhana untuk Pertolongan

Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk membantu meminimalkan dampak Computer Vision Syndrome:

Terus Berkedip 

Aktivitas tersebut dapat mencuci mata Anda dengan air mata terapeutik alami.

Saat Anda berkonsentrasi pada layar komputer, kebanyakan dari beberapa pengguna akan sering lupa untuk berkedip dan malah melakukan penutupan sebagian atau lebih jarang berkedip.

Hal tersebut menyebabkan sebagian besar dari beberapa pengguna mengalami mata kering.

Dan yang lebih buruk lagi di ruangan ber-AC, di mana udara di banyak kantor menjadi kering.

Berkedip, di sisi lain, melembabkan mata Anda dan membantu mencegah dari kekeringan dan iritasi.

Jika mata kering Anda menyebabkan masalah dalam kehidupan sehari-hari Anda, kunjungi dokter. Mereka kemungkinan besar akan memberi Anda air mata buatan.

Sebagai alternatif lain, Anda dapat mencoba berkedip perlahan, seperti saat Anda akan tertidur.

Ulangi aktivitas berkedip selama 10 kali. Ini mungkin membantu membuat mata Anda tetap basah.

Rumus 20/20/20

Ingat: Setiap 20 menit, habiskan 20 detik untuk melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki, minimal.

Computer Vision Syndrome
Rumus 20/20/20

Cobalah Anda untuk mempraktekkan aturan 20/20/20: Setiap 20 menit, alihkan pandangan dari layar Anda, fokus pada sesuatu yang berjarak sekitar 20 kaki, dan pertahankan pandangan Anda di sana selama sekitar 20 detik.

Istirahatkan mata Anda setiap 20 menit dengan mengalihkan mata/ melihat objek sejauh 20 kaki selama 20 detik.

Dapatkan Cahaya yang Tepat

Sesuaikan pencahayaan Anda untuk mengurangi silau layar sebanyak mungkin atau tambahkan filter silau pada monitor komputer/ laptop atau gadget Anda.

Pencahayaan yang baik tidak hanya menyejukkan mata Anda – itu dapat juga membuat sehat untuk mata Anda.

Jadi, pertahankanlah pencahayaan terang di atas kepala Anda seminimal mungkin. 

Jauhkan lampu meja Anda yang bersinar di meja Anda, bukan Anda. Cobalah untuk menjauhkan cahaya jendela ke samping, bukan di depan atau di belakang Anda. 

Gunakan tirai dan dapatkan layar silau. Posisikan layar komputer/ laptop untuk mengurangi pantulan dari jendela atau lampu di atas kepala.

Pantau Monitor Anda

Jauhkan setidaknya 20 inci dari mata Anda. Layar monitor harus sekitar 4 sampai 6 inci di bawah mata Anda. 

Dan juga, pastikan selalu itu cukup besar dan dengan kecerahan dan kontras yang tepat.

Sesuaikan layar sehingga Anda melihatnya sedikit ke bawah dan berjarak sekitar 24 hingga 28 inci. 

Sesuaikan juga pengaturan layar ke tempat yang nyaman — polaritas kontrak, resolusi, kedipan, dan lain-lain.

Pakailah Kacamata Komputer 

Studi menunjukkan bahwa paparan cahaya biru dari perangkat digital dapat berbahaya bagi kesehatan mata dan pola tidur Anda juga.

Dokter Anda dapat meresepkan kacamata hanya untuk melihat layar komputer dengan baik.

Tanyakan tentang kacamata yang dirancang khusus untuk penggunaan komputer untuk memastikan bahwa Anda melihat yang terbaik saat melihat layar atau perangkat. 

Jika dirasa perlu, kenakan lensa korektif yang sesuai saat berada di depan komputer/ laptop.

Konsultasi dengan Dokter

Kunjungi dokter mata Anda secara teratur untuk memastikan Anda dirawat untuk semua masalah penglihatan, bahkan yang kecil.

Bicaralah dengan dokter Anda. Selama pemeriksaan mata, dokter mata Anda dapat memeriksa lebih dari sekadar masalah penglihatan komputer/ laptop.

Ketegangan mata digital lebih sering dialami oleh mereka yang memiliki riwayat masalah mata atau penglihatan.

Jika Anda yakin Anda berisiko terkena Computer Vision Syndrome, mengalami ketidaknyamanan, rasa sakit, atau ketegangan saat menggunakan ponsel, tablet, komputer atau layar lainnya, hubungi dokter mata Anda dan jadwalkan janji temu untuk mendiskusikan gejala dan faktor risiko Anda Sindrom Penglihatan Komputer.

Untuk menentukan apakah Anda mengalami ketegangan mata digital, dokter mata Anda akan menyelesaikan pemeriksaan mata yang komprehensif, yang mungkin termasuk tes untuk membedakan bagaimana mata Anda merespons saat bekerja di depan komputer atau perangkat lain yang disaring.

Dokter mata Anda juga akan mempertimbangkan riwayat pribadi dan medis Anda untuk menentukan apakah unsur-unsur tertentu di lingkungan Anda, seperti pencahayaan yang buruk, postur tubuh yang tidak tepat, silau, atau obat-obatan tertentu, dapat berkontribusi pada gejala Anda.

Dengan dukungan yang tepat dari dokter mata Anda, Computer Vision Syndrome dapat diobati secara efektif sehingga Anda dapat terus melihat yang terbaik!

Untuk informasi selengkapnya mengenai Computer Vision Syndrome, silahkan Anda lihat pada artikel 8 Cara Mengurangi Risiko Sindrom Penglihatan Komputer.

Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.

Post a Comment for "Operator Sekolah dan Computer Vision Syndrome (CVS)"