Modul Belajar Mandiri [Pedagogi] untuk Calon Guru ASN PPPK

Table of Contents

Modul Belajar Mandiri

INFO DAPODIK & PENDIDIKAN. Modul Belajar Mandiri bagi Calon Guru ASN PPPK ini diharapkan dapat menjadi salah satu bahan bacaan (bukan bacaan utama) untuk dapat meningkatkan pemahaman tentang kompetensi pedagogi dan profesional sesuai dengan bidang studinya masing-masing.

Modul substansi pedagogi dipersiapkan mendampingi modul bidang studi dalam rangka memudahkan calon guru P3K dalam belajar mandiri, di dalam bahan belajar ini dimuat pada model kompetensi terkait yang memuat target kompetensi guru dan indikator pencapaian kompetensi.

Modul belajar mandiri ini merupakan salah satu bahan yang digunakan sebagai bahan belajar mandiri dan bukan menjadi satu-satunya bahan belajar mandiri yang digunakan dalam mempersiapkan seleksi guru P3K, calon guru P3K dapat menggunakan bahan belajar lainnya dalam mempersiapkan diri menghadapi seleksi calon guru P3K. 

Modul ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru P3K dalam memahami teori dan konsep dari pembelajaran pada setiap materi dan substansi materi yang disajikan.

Komponen-komponen di dalam modul belajar mandiri ini dikembangkan dari beberapa modul yang telah dikembangkan oleh Dirjen GTK diantaranya Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Modul Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) dan Modul Pendidikan profesi Guru (PPGdengan tujuan agar calon guru P3K dapat dengan mudah memahami mengembangkan dan me-refresh teori dan konsep pedagogi.

Bahan belajar mandiri substansi pedagogi berisi pembelajaran - pembelajaran bagi calon guru P3K yang yang terdiri dari:

  • Pembelajaran 1. Teori Belajar (Unduh)
  • Pembelajaran 2. Karakter Peserta Didik (Unduh)
  • Pembelajaran 3. Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Unduh)
  • Pembelajaran 4. Desain Pembelajaran (Unduh)
  • Pembelajaran 5. Dasar Komunikasi (Unduh)
  • Pembelajaran 6. Konsep Penilaian (Unduh)
  • Pembelajaran 7. Karakteristik & Pengembangan Potensi Peserta Didik (Unduh)

Bahan belajar mandiri calon guru P3K diberikan latihan-latihan soal dan tryout pada komunitas pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan calon guru P3K.

Rangkuman pembelajaran selalu diberikan disetiap akhir pembelajaran yang berfungsi untuk memudahkan dalam membaca substansi materi esensial, mudah dalam mengingat pembelajaran dan materi-materi esensial, mudah dalam memahami pembelajaran dan materi-materi esensial, dan cepat dalam mengingat kembali pembelajaran dan materi-materi esensial

Modul belajar mandiri yang telah dikembangkan diharapkan dapat menjadi referensi bagi Anda dalam mengembangkan dan me-refresh pengetahuan dan keterampilan. 

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan modul belajar mandiri sebagai salah satu bahan belajar mandiri untuk menghadapi seleksi Guru P3K.

Anda perlu memahami substansi materi dalam modul dengan baik. 

Oleh karena itu, modul perlu dipelajari dan dikaji lebih lanjut bersama rekan sejawat baik dalam komunitas pembelajaran secara daring maupun komunitas praktisi (Gugus, KKG, MGMP) masing-masing. 

Kajian semua substansi materi yang disajikan perlu dilakukan, sehingga Anda mendapatkan gambaran teknis mengenai rincian materi substansi. 

Selain itu, Anda juga diharapkan dapat mengantisipasi kesulitan-kesulitan dalam materi substansi yang mungkin akan dihadapi saat proses seleksi Guru P3K.

Selama mengimplementasikan modul ini perlu terus dilakukan refleksi, evaluasi, keberhasilan serta permasalahan. Permasalahan-permasalahan yang ditemukan dapat langsung didiskusikan dengan rekan sejawat dalam komunitas pembelajaran nya masing-masing agar segera menemukan solusinya.

Capaian yang diharapkan dari penggunaan modul ini adalah terselenggaranya pembelajaran bidang studi yang optimal sehingga berdampak langsung terhadap hasil capaian seleksi Guru P3K.

Demikian informasi tentang Modul Belajar Mandiri [Pedagogi] untuk Calon Guru ASN PPPK, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.

Modul Pedagogi Lengkap

Post a Comment