Widget HTML #1

PENGEMBANGAN RENCANA KERJA SEKOLAH [RKS]

PENGEMBANGAN RKS

INFO DAPODIK & PENDIDIKAN. Kepemimpinan abad 21 bagi kepala sekolah dapat dilakukan dengan beberapa strategi.

Pertama, kepala sekolah harus mampu melihat peluang dan potensi yang ada dengan mengidentifikasi masalah di sekolahnya sebagai dasar pengembangan sekolah. 

Yang terpenting bagi kepala sekolah adalah pelibatan secara aktif pemangku kepentingan (stakeholders) sekolah yaitu guru, tenaga kependidikan, peserta didik dan orangtua serta pihak terkait di luar sekolah untuk menyelesaikan persoalan sekolah. 

Kedua, kepala sekolah dalam perannya sebagai supervisor harus mampu berperan sebagai pemimpin instruksional dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran abad 21 sesuai dengan konsep pendekatan keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills).

Ketiga, kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan abad 21 harus mampu mengajak seluruh pemangku kepentingan pendidikan di sekolah baik guru, tenaga kependidikan, maupun orangtua untuk bersama-sama mewujudkan pendidikan yang dinamis sesuai dengan perkembangan industry 4.0. 

Keempat, kepala sekolah harus memberikan dukungan semangat dan penghargaan kepada guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik yang telah mencapai hasil atas prestasi, inovasi, dan pencapaian lain yang membanggakan.

RKS memberikan banyak peluang bagi kepala sekolah dalam mengelola segala sumberdaya yang ada di sekolah dengan cara yang terbaik, efektif dan efisien, untuk memberikan pembelajaran yang berkualitas bagi peserta didik. 

Penentuan Target Capaian dan Tonggak Keberhasilan

Pengembangan Rencana Kerja Sekolah (RKS) dilakukan setelah sekolah memetakan dan menyusun program prioritas dalam pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) dalam kurun waktu 4 tahun yang dijabarkan dalam program tahunan. 

Pemenuhan 8 SNP memerlukan strategi pencapaian standar pengelolaan pendidikan. 

Pada hakikatnya, strategi pencapaian standar pengelolaan pendidikan merupakan cara dan upaya untuk mengubah pengelolaan pendidikan saat ini menuju Sekolah Standar Nasional yang diharapkan masa datang berdasarkan kesenjangan yang ada. 

Strategi pencapaian yang dimaksud adalah ilmu dan seni untuk memanfaatkan faktor-faktor lingkungan eksternal secara terpadu dengan faktor-faktor lingkungan internal untuk mencapai tujuan lembaga (Siburian, 2010: 5).

Kesenjangan digambarkan sebagai berikut:

PENGEMBANGAN RKS
Penyusunan dan Pelaksanaan Perencanaan Program Sekolah

Kepala sekolah sebagai manajer sekolah mampu menentukan target capaian dan tonggak keberhasilan dalam melaksanakan RKS, baik dalam Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) 4 tahun maupun Rencana Kerja Tahunan (RKT) 1 tahun sehingga pelaksanaan perencanaan program lebih operasional dan terukur pencapaiannya. 

Secara konkret, kepala sekolah menentukan tujuan atau sasaran 1 tahunan dan 4 tahun ke depan dalam program RKJM dan RKAS, sekaligus merumuskan tonggak keberhasilan dan output yang akan dihasilkan, baik yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif dan strategi pencapaiannya.

Pengembangan Dokumen Rencana Kerja Sekolah

Rencana Kerja Sekolah (RKS) adalah dokumen penting yang digunakan sebagai salah satu pedoman sekolah. 

Oleh karena itu, RKS harus memuat hal-hal penting yang dapat memberikan gambaran secara menyeluruh terhadap kebutuhan pengembangan sekolah. 

Sekolah dapat menetapkan standar mutu baru di atas SNP apabila seluruh standar dalam SNP telah terpenuhi. 

Acuan utama RKS adalah pengembangan sekolah berdasarkan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan. 

Sebagaimana diuraikan tersebut, RKS berupa RKJM dan RKT. 

RKJM yang baik minimal memenuhi komponen sebagai berikut:

  • Analisis lingkungan strategis
  • Analisis kondisi saat Ini dilihat dari keterlaksanaan SNP
  • Analisis pendidikan 4 tahun mendatang
  • Visi, misi, sekolah
  • Tujuan sekolah 4 (empat) tahun mendatang
  • Identifikasi tantangan nyata (kesenjangan kondisi antara kondisi saat ini terhadap kondisi pendidikan 4 tahun mendatang)
  • Program strategis
  • Rencana kerja yang mencakup 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan, meliputi program, kegiatan, indikator keberhasilan atau hasil yang diharapkan, waktu pelaksanaan, kebutuhan pembiayaan, penanggungjawab atau pelaksana.
  • Jadwal kegiatan monitoring dan supervisi.

Komponen RKT hampir sama dengan RKJM, hanya sedikit berbeda. RKT tidak mencantumkan komponen 3 (analisis pendidikan 4 tahun mendatang) dan komponen 5 (tujuan sekolah tahun mendatang).

Berikut di bawah ini adalah contoh sistematika RKJM:

PENGEMBANGAN RKS
Gambar 1

Selanjutnya adalah contoh sistematika RKT sebagai jabaran dari RKJM adalah sebagai berikut:

PENGEMBANGAN RKS
Gambar 2

Kesimpulan

Pengembangan RKS dilakukan setelah sekolah memetakan dan menyusun program prioritas dalam pemenuhan 8 SNP dalam kurun waktu 4 tahun yang dijabarkan dalam program tahunan.

Kepala sekolah sebagai manajer sekolah harus mampu menentukan target capaian dan tonggak-tonggak keberhasilan dalam melaksanakan rencana kerja sekolah. 

Pelaksanaan perencanaan program lebih operasional dan terukur pencapaiannya.

Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) adalah bagian penting tugas perencanaan Kepala Sekolah. 

Pada saat kepala sekolah mulai berupaya membuat perencanaan sebetulnya telah menciptakan banyak peluang yang lebih baik menuju kesuksesan. 

Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri, dan ketentuan lain yang menunjang menjadi landasan dalam penyusunan perencanaan. 

Namun demikian, perencanaan bukanlah sekadar memenuhi persyaratan, seperti yang diharapkan pemerintah. 

Perencanaan ini akan memberikan banyak peluang bagi Kepala Sekolah dalam mengelola segala sumberdaya yang ada di sekolah sehingga Kepala Sekolah bisa mengelola sekolah dengan cara yang terbaik, mendapat prestasi yang terbaik, pekerjaan Kepala Sekolah menjadi lebih efektif, dan mampu memberikan pembelajaran yang berkualitas bagi peserta didik.

Demikianlah penjelasan mengenai PENGEMBANGAN RENCANA KERJA SEKOLAH [RKS], semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.


Format Analisis dan Rekomendasi Perbaikan RKS

Post a Comment for "PENGEMBANGAN RENCANA KERJA SEKOLAH [RKS]"