Program Beasiswa Maroko - Timur Tengah

Table of Contents

Beasiswa Maroko

Tujuan Beasiswa Maroko adalah untuk menyaring para lulusan Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, Pendidikan Diniyah Formal Ulya/ Satuan Pendidikan dan sederajat (Paket C) yang memiliki keinginan kuat untuk melanjutkan studi di Maroko.

INFO DAPODIK & PENDIDIKAN. Sampai saat ini minat masyarakat Indonesia untuk melanjutkan studi ke Timur Tengah semakin meningkat. 

Dari berbagai Informasi, saat ini sudah lebih dari 10.000 mahasiswa Indonesia belajar di berbagai perguruan tinggi di Timur Tengah dan Afrika. 

Sebagian besar mereka belajar di Universitas Al-Azhar, Kairo Mesir, Universitas Internasional Afrika Khartoum Sudan dan Universitas Muhammad V Rabbat Marokko. 

Selain tiga negara tujuan utama tersebut, mahasiswa Indonesia juga tersebar di Tunisia, Libanon dan Syiria.

Moroccan Agency for International Cooperation (AMCI) melalui Kedutaan Maroko setIap tahun memberikan kuota beasiswa untuk Kementerian Agama dan pada tahun 2022 ini, Kementerian Agama mendapat kuota beasiswa sebanyak 30 orang

Berkaitan dengan itu, Kementerian Agama akan mengadakan Seleksi Calon Mahasiswa Penerima Beasiswa AMCI bagi lulusan Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, Pendidikan Diniyah Formal Ulya/ Satuan Pendidikan Muadalah dan sederajat di Indonesia.

Berdasarkan SK Dirjen Pendis tentang seleksi CAMABA Timur Tengah 2022 dan surat dari AMCI Kedutaan Besar Maroko, dibentuklah Panitia Penyelenggara Seleksi Calon Penerima Beasiswa Maroko.

Prosedur dan Persyaratan Mengikuti Program Beasiswa Maroko

  • Pendaftaran hanya bisa dilakukan oleh lulusan tahun 2021 dan 2022;
  • Melakukan pendaftaran melalui website http//diktis.kemenag.go.id, memilih lokasi seleksi ujian dan mengunggah dokumen yang diperlukan sebagaimana berikut:
    • Ijazah dan transkrip nilai untuk lulusan 2021;
    • Surat keterangan lulus bagi lulusan tahun 2022;
    • Pas foto berwarna ukuran 3x4 (tanpa cadar bagi perempuan) ;
  • Peserta menggunakan email sendiri yang aktif ketika melakukan pendaftaran.
  • Satu email hanya bisa dipakai untuk satu peserta;
  • Peserta memilih perguruan tinggi lokasi seleksi;
  • Pemilihan lokasi seleksi hanya untuk memudahkan koordinasi seluruh penyelenggaraan seleksi di berbagai wilayah di Indonesia;
  • Membayar uang pendaftaran apabila dinyatakan lolos verifikasi berkas.

Jadwal Pendaftaran dan Pembayaran Seleksi Program Beasiswa Maroko

  • Pendaftaran peserta program seleksi calon mahasiswa ke Timur Tengah (beasiswa maroko) dari tanggal 13 - 17 Juni 2022;
  • Peserta lolos verifikasi dokumen dan mekanisme pembayaran akan diumumkan pada tanggal 20 Juni 2022 melalui website http//diktis.kemenag.go.id;

  • Pembayaran dilakukan paling lambat tanggal 22 Juni 2022 pukul 23.59 WIB.

Bagi yang sudah membayar tetapi tidak mengikuti tahapan tes sesuai dengan yang telah ditentukan, maka biaya pendaftaran tidak dapat ditarik kembali;

  • Nama-nama peserta tes akan diumumkan pada tanggal 24 Juni 2022 di website http//diktis.kemenag.go.id dan akan dilanjutkan dengan simulasi pelaksanaan CBT online di hari dan tanggal yang sama pada pukul 13.30 – 16.00 WIB.

Materi Seleksi Program Beasiswa Maroko

Adapun materi seleksi program beasiswa Maroko meliputi:

  • CBT online untuk menguji kemampuan Bahasa Arab;
  • Peserta yang dinyatakan lolos CBT online akan diundang untuk mengikuti tes wawancara yang meliputi hafalan Al Quran (minimal 2 Juz), Qiroatul Kutub dan wawasan keislaman dan kebangsaan;
  • Nilai kelulusan final adalah akumulasi dari nilai seleksi tulis CBT online dan Wawancara (hapalan Al Quran, qiroatul kutub dan wawasan keislaman dan kebangsaan).

Hasil Seleksi Program Beasiswa Maroko

  • Peserta yang lolos seleksi akan diumumkan oleh Kementerian Agama RI tanggal 30 Juni 2022 melalui website: www.diktis.kemenag.go.id.
  • Penetapan nama-nama calon mahasiswa penerima beasiswa akan ditetapkan oleh Kementerian Agama sesuai jumlah kuota beasiswa AMCI sebanyak 30 orang.

Pelaksana Seleksi Program Beasiswa Maroko

Tim pelaksana CBT online, tes wawancara dan hafalan Al-Qur’an adalah Pusat Pengembangan Bahasa UIN penyelenggara seleksi.

Peserta yang lolos seleksi administrasi dan terverifikasi dikenakan biaya sebesar RP. 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah);

Pembayaran dilakukan melalui nomor rekening UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang akan diberikan saat pengumuman peserta yang lolos verifikasi dokumen tanggal 20 Juni 2022.

Demikian informasi tentang Program Beasiswa Maroko - Timur Tengah, semoga dapat bermanfaat. 

Untuk informasi selengkapnya dapat dilihat pada Petunjuk Teknis Program Beasiswa Maroko - Timur Tengah di bawah ini.

 

Juknis Program Beasiswa Maroko

Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.

Post a Comment