Widget HTML #1

Program Beasiswa Kalla 2022

Beasiswa Kalla

INFO DAPODIK & PENDIDIKAN. Beasiswa Kalla adalah program bantuan untuk mahasiswa dhuafa asal Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah yang memberikan bantuan dana UKT dan peningkatan kapasitas kepemimpinan bagi mahasiswa.

Selain berprestasi akademik, program ini juga memiliki kategori lain seperti berprestasi di bidang seni dan olahraga, memiliki hafalan Qur’an, organisasi pemuda dan pelajar, dan penyandang disabilitas.

Mengacu pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab V pasal 12 (1.c), menyebutkan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan beasiswa bagi yang berprestasi yang orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikannya. 

Pasal 12 (1.d), menyebutkan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan biaya pendidikan bagi mereka yang orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikannya.

Untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu diperlukan biaya yang cukup besar. 

Oleh karena itu bagi setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan biaya pendidikan bagi mereka yang orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikannya, dan berhak mendapatkan beasiswa bagi mereka yang berprestasi.

Dalam rangka mencerdaskan anak bangsa, memiliki kader terbaik bangsa yang cerdas dan sesuai dengan harapan serta dapat menjadi mahasiswa yang tidak hanya cerdas secara ilmu pengetahuan saja, tapi juga harus beriman serta bertakwa. 

Maka dari itu Yayasan Hadji Kalla mendukung sepenuhnya program pemerintah tersebut untuk memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi dan memberikan bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa yang mempunyai keterbatasan kemampuan ekonomi.

Program Beasiswa Kalla

Beasiswa Kalla 2022, menyasar mahasiswa baru dari 4 Provinsi Sulawesi dan akan dibiayai hingga lulus.

Yayasan Hadji Kalla di tahun 2022 ini hadir dengan “Program Beasiswa Kalla” yang merupakan program bantuan untuk mahasiswa dhuafa asal Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah yang memberikan bantuan dana UKT (Uang Kuliah Tunggal) serta program peningkatan kapasitas kepemimipinan bagi mahasiswa yang lolos dalam program ini. 

“Selain berprestasi akademik, program ini juga memiliki kategori lain seperti berprestasi di bidang seni dan olahraga, memiliki hafalan Qur’an, aktivis organisasi pemuda dan pelajar, serta dari kalangan penyandang disabilitas”, jelas Suharto Parai; Manager Bidang Pendidikan Yayasan Hadji Kalla.

Uniknya, Beasiswa Kalla tahun 2022 akan difokuskan untuk sepenuhnya membantu para calon Mahasiswa Baru, yang baru akan memulai pendidikan tingginya di tahun 2022. 

Para penerima juga nantinya akan mendapatkan bantuan hingga semester kedelapan atau dengan kata lain beasiswa ini akan diberikan hingga LULUS di tahun ke-empat.

Pendaftaran Program Beasiswa Kalla 2022

Untuk tahun 2022 dialokasikan sebanyak 270 orang penerima beasiswa. 

Pendaftaran akademik 2022 dan 2023 dibuka pada 28 Juni - 19 September 2022.

Calon pendaftar bisa melakukan pendaftaran secara daring melalui website resmi kami di www.yayasanhadjikalla.co.id/educare.

Syarat dan Ketentuan Program Beasiswa Kalla 2022

Berikut adalah syarat dan ketentuan dalam Program Beasiswa Kalla 2022:

  • Mahasiswa semester 1 (pertama) dari 20 PTN Terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti 2022 atau Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang ada di wilayah Sul-Sel, Sul-Bar, Sul-Teng, dan Sul-Tra.
  • Pendaftar Berasal dari Provinsi Sul-Sel, Sul-Bar, Sul-Teng, dan Sul-Tra.
  • Berprestasi akademik (Nilai Rapor 7.50) atau non akademik (hafidz, olahraga, seni, organisasi, dan kelompok disabilitas).
  • Tidak mendapatkan beasiswa yang serupa di lembaga lain.
  • Berasal dari keluarga tidak mampu (dhuafa).

Setiap point persyaratan di atas adalah ketentuan yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar. 

Proses verifikasi berkas dan seleksi ketat akan dijalankan langsung oleh Tim Yayasan Hadji Kalla dalam program ini.

Untuk Formulir Pendaftaran Beasiswa Kalla Tahun Ajaran 2022-2023 dapat dilihat pada tab DAFTAR SEKARANG di bawah ini: 

DAFTAR SEKARANG

Demikian informasi mengenai Program Beasiswa Kalla 2022, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia. 

FAQ Beasiswa Kalla

Post a Comment for "Program Beasiswa Kalla 2022"