Ternyata, Penemu Iklan Pop-Up (Sembulan) Menyesali Karyanya Sendiri

Table of Contents

Penemu Iklan Pop-Up

Iklan sembul (Pop-Up) adalah jendela iklan yang biasanya muncul tiba-tiba jika mengunjungi suatu halaman web. Biasanya iklan ini tidak diperlukan dan harus disingkirkan agar tidak mengganggu proses berselancar di web. Untuk menangkalnya, dapat dipakai program penangkal sembulan - Wikipedia.

INFO DAPODIK & PENDIDIKAN. Iklan Pop-Up adalah jendela iklan yang biasanya muncul tiba-tiba jika mengunjungi sebuah halaman web.

Biasanya iklan ini tidak dikehendaki kehadirannya. Iklan pop-up juga sangat dibenci pengunjung. 

Para advertiser biasanya menyukai jenis iklan ini karena harganya murah. 

Namun berdasarkan fakta, lebih dari 90% pengguna/ user akan menutup iklan pop ads, kurang dari 5 detik.

Penemu Iklan Pop-Up
Contoh Iklan Pop Up

Penemu Iklan Pop-Up (Sembulan)

Kembali lagi ke penemu iklan pop-up.  

Pernahkah kamu terpikir siapa otak di balik iklan pop up? 

Perkenalkan, Ethan Zuckerman adalah jenius yang menciptakannya pada pertengahan 1990. 

Para pengiklan mungkin sangat berterima kasih pada Zuckerman. Namun dia menyadari ada banyak orang yang tidak menyukai penemuannya.

Ethan Zuckerman adalah yang menciptakan iklan pop-up, menyesali perbuatannya sendiri karena telah menciptakan sesuatu yang menyusahkan pengguna internet. 

Zuckerman yang kini bekerja sebagai pimpinan Center for Civic Media di MIT mengatakan bahwa unik nya ia tidak tahu bahwa kode pop-up yang ia ciptakan akan sangat dibenci oleh netizen.

Penemu Iklan Pop-Up
Inilah sang pencipta sekaligus pembuat iklan pop-up pertama kali Ethan Zuckerman.

Dikutip dari Gizmodo, Zuckerman menuliskan kode pop-up tersebut saat ia masih bekerja di Tripod.com di pertengahan tahun 90-an. 

Zuckerman menyatakan permintaan maaf nya lewat esai yang ia tuliskan di The Atlantic:

Berikut sedikit kutipan nya,
Model bisnis yang mendatangkan uang bagi kami adalah iklan. Model tersebut memampukan kami untuk menganalisis situs pribadi pengguna internet sehingga kami dapat memberikan iklan yang sesuai untuk mereka. Dalam perjalanan tersebut, kami menciptakan perangkat yang paling dibenci oleh para pengiklan: iklan pop-up.
Iklan pop-up awalnya diciptakan agar suatu iklan tidak perlu diletakkan langsung di dalam situs sehingga pengiklan tidak khawatir brand-nya akan dihubung-hubungkan dengan konten situs tersebut.
Kami mendapatkan ide untuk menciptakan pop-up setelah perusahaan mobil raksasa tidak senang dengan konten situs yang membicarakan tentang perilaku seks tidak wajar.
Oleh karena itu, saya menciptakan suatu kode untuk membuat window baru dan menempatkan iklan di dalamnya. Saya minta maaf. Niat kami sebelumnya adalah baik.

Esai tersebut secara lengkap menggambarkan opini Zuckerman tentang model bisnis berbasis iklan yang menurutnya tidak cocok untuk lingkungan internet.

"Iklan pop up diciptakan dengan maksud baik. Namun seiring internet semakin tergantung dengan iklan, privasi pengguna internet akan terganggu," kata Zuckerman seperti dikutip dari Ubergizmo.

Nah, si penemu juga menyadari kalau penemuannya itu sudah bergeser dari pemikiran awal saat dia menciptakannya. 

Saat ini iklan pop up lebih terlihat sebagai jebakan yang ditebar para penggiat dolar yang dihasilkan dari klik iklan di web mereka. 

Bahkan ada yang mengarahkan pada link download otomatis yang tentu saja menghabiskan kuota peselancar.

Pemblokiran Iklan Pop-Up (Sembulan)

Iklan Pop-Up (sembulan) atau iklan unggih adalah jendela iklan yang biasanya muncul tiba-tiba jika mengunjungi suatu halaman web. Biasanya iklan ini tidak diperlukan dan harus disingkirkan agar tidak mengganggu proses berselancar di web.

Untuk menangkalnya, dapat dipakai program penangkal sembulan. 

Ada pula program penangkal Pop-Up (sembulan) yang terpadu dengan peramban web, misalnya yang terdapat pada peramban web Mozilla Firefox, Opera, dan Internet Explorer versi 7.

Opera merupakan peramban web utama yang memiliki kemampuan untuk menangkal Pop-Up (sembulan). 

Peramban web Mozilla kemudian mengembangkan penangkalan ini dengan hanya menangkal sembulan yang muncul ketika halaman web dimuat.

Pada awal tahun 2000, semua peramban web utama kecuali Internet Explorer mengizinkan penggunanya untuk menangkal Pop-Up (sembulan) yang tidak diinginkan. 

Microsoft pada tahun 2004 meluncurkan Windows XP SP2 yang menambahkan ceciri penangkal sembulan pada Internet Explorer. 

Sebagian besar peramban web masa kini sudah memiliki kemampuan untuk menangkal Pop-Up (sembulan).

Alat bantu pihak ketiga kemudian mengembangkan kemampuan untuk menapis iklan. 

Pop-Up (sembulan) juga dijadikan penolakan oleh beberapa penyelenggara adsense, sebagai pasilan (benalu/ parasit) web, karena mengganggu terhadap iklan resmi pada web.

Akhir kata, semoga ke depannya para penyedia iklan berpikir ulang untuk menggunakan model iklan seperti ini yang sebagian besar tidak disukai netizen.

Demikian artikel mengenai Ternyata, Penemu Iklan Pop-Up (Sembulan) Menyesali Karyanya Sendiri yang dikutip dari berbagai sumber dapat menambah wawasan kamu ya.

Terima Kasih.

Post a Comment