Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

DOWNLOAD MODUL OLIMPIADE APBN

OLIMPIADE APBN 2022


INFO DAPODIK & PENDIDIKAN. Apakah ada Modul Olimpiade APBN 2022 yang dipelajari sebelum lomba/ olimpiade?

Ada, Peserta yang sudah mendaftar dan sudah terverifikasi dapat mengakses modul yang disediakan panitia dalam course singkat yang akan diinfokan lebih lanjut. 

Sebagai bahan pembelajaran pendahuluan, peserta dapat mengunduh modul Olimpiade APBN 2022 di bawah nanti.

Are You Ready To Be The Champions?

Di situasi pandemi Covid-19 yang akan bertransisi menjadi endemi, kita harus tetap semangat belajar dan selalu optimis. 

APBN sebagai salah satu alat dalam menjaga momentum dan stabilitas pertumbuhan ekonomi dengan tetap memperhatikan dampak sosial dan kesehatan, mesti dipahami bagaimana mekanisme dari perancangan hingga pelaksanaannya. 

Olimpiade APBN 2022 akan segera dilaksanakan, kami selalu percaya bahwa anda adalah Generasi Peduli Negeri.

Olimpiade APBN adalah sebuah kompetisi berskala nasional untuk pelajar dari SMA/ MA/ SMK/ Sederajat atau Program Paket C yang ada di Indonesia bertujuan mengasah kemampuan dalam bidang pengelolaan keuangan negara yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan. 

Peserta yang boleh ikut serta adalah siswa/i aktif pada tahun pelajaran 2022/2023.

Untuk informasi persyaratan Olimpiade APBN 2022 dapat dilihat di sini.

Berikut di bawah ini adalah beberapa Modul Olimpiade APBN 2022 yang dapat digunakan oleh para peserta sebagai persiapan dalam mengikuti lomba/ olimpiade:

Modul APBN 101: Mengenal APBN untuk Pemula

Keuangan Negara menurut Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara adalah semua hak dan kewajiban negara yang dapat dinilai dengan uang, serta segala sesuatu baik berupa uang maupun barang yang dapat dijadikan milik negara berhubung dengan pelaksanaan dan kewajiban  tersebut.

Dalam  arti sempit, keuangan negara dapat disebut dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau biasa dikenal dengan sebutan “APBN".

APBN merupakan instrumen kebijakan fiskal bagi pemerintah untuk menjalankan fungsi pemerintahan dan mewujudkan tujuan negara. 

APBN merupakan wujud kehadiran pemerintah dalam mencapai cita-cita pembangunan dan kesejahteraan. 

Sayang nya, instrumen fiskal ini hanya dikenal oleh sebagian masyarakat saja. 

Padahal, pemahaman dan kepedulian terhadap keuangan negara sangatlah penting dalam mewujudkan akuntabilitas dan transparansi dalam mengelola APBN yang merupakan “Uang Kita".

Oleh karena itu, modul "APBN 101 : Mengenal APBN untuk Pemula” ini terbit sebagai salah satu usaha dan upaya untuk mengenalkan APBN kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama para generasi muda, sehingga masyarakat dapat turut berpartisipasi dalam mengawal dan mengawasi pengelolaan keuangan negara supaya semakin akuntabel, transparan, efektif, efisien, dan tepat sasaran, demi mewujud kan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Selengkapnya mengenai Modul APBN 101 : Mengenal APBN untuk Pemula dapat di download pada tab unduhan di bawah ini:

 

Modul APBN 101: Mengenal APBN untuk Pemula


Modul Belajar APBN Riang & Gembira (BARA) I : APBN A - to - Z

Siklus APBN dapat diartikan sebagai rangkaian tahapan penyusunan APBN yang dimulai dari perencanaan dan penganggaran sampai dengan pertanggungjawaban APBN yang berulang secara tetap dan teratur setiap tahun anggaran.

Dalam pelaksanaannya, siklus APBN mulai dari perencanaan hingga pertanggungjawaban meliputi waktu lebih dari satu tahun anggaran sehingga terdapat irisan antara siklus APBN tahun anggaran berjalan dan siklus APBN tahun anggaran sebelumnya.

Setiap fase pada siklus APBN, terdapat pihak-pihak yang terlibat yang melakukan serangkaian aktivitas dalam proses pengelolaan APBN.

Rangkaian aktivitas ini akan menghasilkan suatu output yang menjadi input bagi tahapan-tahapan selanjutnya hingga selesainya atau rampungnya satu siklus APBN.

Modul Belajar APBN Riang & Gembira (BARA) I : APBN A - to - Z hadir sebagai pegangan bagi generasi muda khususnya peserta lomba Olimpiade APBN dalam memahami siklus APBN mulai dari perencanaan hingga pertanggungjawaban.

Pembahasan tiap modul dibahas lebih simpel dari praktik teknis dengan memberikan contoh nyata yang dapat diikuti oleh pembaca. 

Selengkapnya mengenai Modul Belajar APBN Riang & Gembira (BARA) I : APBN A - to - Z dapat di download pada tab unduhan di bawah ini:


Modul Belajar APBN BARA I: APBN A - Z


Modul Belajar APBN Riang & Gembira (BARA) II : APBN in Depth

Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) merupakan salah satu ikhtiar Pemerintah Indonesia dalam mengurangi dampak negatif dari Pandemi Covid-19.

Program ini dicanangkan pemerintah dengan tujuan untuk melindungi masyarakat yang rentan, baik yang rentan terhadap risiko kesehatan, ekonomi, maupun sosial, terutama para pelaku usaha di sektor informal.

Program PEN tidak akan dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya dukungan APBN.

Program PEN merupakan wujud kehadiran APBN dalam menanggulangi dan mengurangi dampak Covid-19 yang diderita oleh masyarakat selama kurun waktu pandemi.

APBN tidak pernah absen atau pun abai terhadap kondisi perekonomian negara yang tengah berkecamuk saat ini.

APBN dirancang agar fleksibel dan adaptif dalam merespon perubahan-perubahan yang terjadi khususnya dalam menghadapi pandemi Covid-19 melalui mekanisme revisi anggaran tahun 2020 telah terjadi sebanyak 2 kali.

Melalui Modul Belajar APBN Riang & Gembira (BARA) II : APBN in Depth ini, diharapkan masyarakat terutama peserta Olimpiade APBN, dapat memahami hakikat keberadaan APBN yang sebenarnya.

Pada dasarnya APBN tidak hanya mengenai pendapatan dan belanja negara serta pembiayaan saja, tetapi mencakup ruang lingkup yang lebih luas termasuk dampak atas pelaksanaan APBN seperti Barang Milik Negara, Investasi Pemerintah, dan kebijakan-kebijakan pemerintah lainnya, seperti Program PEN yang tengah diupayakan oleh pemerintah di masa pandemi ini.

Selengkapnya mengenai Modul Belajar APBN Riang & Gembira (BARA) II : APBN in Depth dapat di download pada tab unduhan di bawah ini:


Modul Belajar APBN BARA II: APBN In Depth


Modul Informasi APBN 2022

APBN 2022 ditujukan untuk meneruskan dukungan terhadap pemulihan ekonomi dan reformasi struktural yang tetap responsif, antisipatif dan fleksibel dalam menghadapi ketidakpastian serta memiliki peran sentral dalam proses konsolidasi menuju defisit di bawah 3% terhadap PDB pada tahun 2023.

Dengan motivasi mewujudkan APBN yang kredibel, transparan, dan akuntabel, Modul Informasi APBN 2022 ini diharapkan dapat menjadi sarana komunikasi dan bentuk transparansi Pemerintah kepada masyarakat.

Selengkapnya mengenai Modul Informasi APBN 2022 dapat di download pada tab unduhan di bawah ini:


Modul Informasi APBN 2022


Demikianlah informasi mengenai beberapa Modul Olimpiade APBN untuk sebagai acuan atau bahan pembalajaran pendahuluan dalam persiapan mengahadapi lomba/ olimpiade, semoga dapat bermanfaat.

Salam Kompetisi!

Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.

Post a Comment for "DOWNLOAD MODUL OLIMPIADE APBN"