Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Penjelasan Tentang Logo, Maskot, dan Tema Jambore Nasional XI Pramuka Tahun 2022

Logo, Maskot, dan Tema Jambore Nasional XI

INFO DAPODIK & PENDIDIKAN. Jambore Nasional Gerakan Pramuka adalah perkemahan besar Pramuka Penggalang (usia 11-15 tahun), yang dikemas dalam kegiatan edukatif di alam terbuka dengan nuansa ceria dibalut dengan persaudaraan dan penuh dedikasi, guna mencetak Pramuka yang berprestasi sebagai kader pemimpin di masa depan.

Logo Jambore Nasional Tahun 2022 dikreasi atas penggabungan bentuk dasar Tunas Kelapa sebagai lambang Gerakan Pramuka, angka 11 sebagai penanda bahwa kegiatan ini adalah yang kesebelas kalinya, dan huruf "J" yang mewakili kata Jambore itu sendiri.

Tersemat pula Fleur-de-lis, lambang World Organization of the Scout Movement dan Tunas Kelapa yang menjadi satu kesatuan logogram, berdampingan dengan tulisan Jambore Nasional XI sebagai nama kegiatan serta Jakarta 2022 sebagai tempat dan tahun pelaksanaan Jambore Nasional.

Arti dan Makna Logo Jambore Nasional XI

Logo, Maskot, dan Tema Jambore Nasional XI
Logo

Logo ini secara resmi digunakan pada Jambore Nasional XI dan merupakan satu kesatuan logo maka tidak dibenarkan untuk memodifikasi logo menjadi bentuk lain terkait dengan teks, format, dan warnanya.

Logo Jambore Nasional XI membentuk gabungan huruf J yang mewakili kata Jambore dengan angka 11 yang menyatakan bahwa Jambore Nasional Tahun 2022 ini merupakan Jambore Nasional Gerakan Pramuka kesebelas. 

Pada logo juga terdapat Siluet Tunas Kelapa-Lambang Gerakan Pramuka sebagai penanda bahwa Jambore Nasional 2022 diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka serta terdapat Lambang WOSM yang menyatakan bahwa Gerakan Pramuka sebagai bagian dari organisasi kepanduan dunia.

Logo Jambore Nasional IX memiliki 4 warna yaitu merah, ungu, hitam dan putih.

Logo, Maskot, dan Tema Jambore Nasional XI
Warna pada Logo

Dimana masing-masing warna tersebut memiliki maknanya tersendiri, berikut penjelasannya:

  • Merah melambangkan kegembiraan, keberanian, dan kekuatan. 
  • Ungu mengekpresikan imajinasi, independen, kebijaksanaan, dan visioner. 
  • Hitam menegaskan keteguhan,kekuatan dan tangguh. 
  • Putih menggambarkan kesederhanaan, kemurnian dam kecerdikan.

Tema Jambore Nasional XI

Logo, Maskot, dan Tema Jambore Nasional XI
Tema

Tema Jambore Nasional XI-2022 ini adalah “Ceria, Berdedikasi, dan Berprestasi”. 

Sedangkan mottonya adalah “Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan”. 

Melalui tema dan motto itu, diberharap agar kita dapat menyelenggarakan Jambore Nasional dengan baik.

Tema ini merupakan gambar yang mengangkat tema Jambore Nasional dan penempatan nya sebagai unsur yang berdiri sendiri yang tidak melekat pada logo Jambore Nasional XI.

Arti dan Makna Maskot Jambore Nasional XI

Logo, Maskot, dan Tema Jambore Nasional XI
Maskot

Maskot bukan hanya sekedar bentuk atau benda yang khusus, tetapi kehadiran maskot berfungsi untuk merepresentasikan atau mencerminkan persona Jambore Nasional XI tahun 2022. 

Maskot sebagai personifikasi seluruh kegiatan Jamnas XI.

Maskot Jambore Nasional XI tahun 2022 adalah Elang Jawa merupakan spesies burung yang menurut para ahli dianggap sebagai burung yang mewakili lambang negara yaitu Garuda.

Burung melambangkan keceriaan yang berarti bahwa Jambore Nasional XI Tahun 2022 bernuansa ceria. Burung Elang terbang sendiri, dapat diartikan sebagai Pramuka Penggalang agar selalu berusaha menjadi pribadi yang mandiri dan berdikari. 

Burung Elang menyukai terbang tinggi, memiliki arti sebagai Pramuka Penggalang harus menjadi manusia yang mau terus belajar.

Nama maskot Jambore Nasional XI adalah Nusa diambil dari paduan 4 huruf pada nama latin Elang Jawa yaitu Nisaetus Bartelsi, nama ini mewakili Indonesia yang juga merupakan singkatan dari Nusantara. 

Maskot menggunakan setangan leher merah putih yang merupakan kelengkapan dari seragam pramuka dan bagian dari Tanda Pengenal Gerakan Pramuka.

Penjelasan selengkapnya Tentang Logo, Maskot, dan Tema Jambore Nasional XI Pramuka Tahun 2022 dapat di download di bawah nanti, mulai dari kombinasi anatar logo, maskot, dan tema serta penjelasan warna dari masing-masingnya.

Demikian uraian mengenai Penjelasan Tentang Logo, Maskot, dan Tema Jambore Nasional XI Pramuka Tahun 2022, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.

Logo, Maskot, dan Tema Jambore Nasional XI

Materi Desain Jambore Nasional XI Tahun 2022

Post a Comment for "Penjelasan Tentang Logo, Maskot, dan Tema Jambore Nasional XI Pramuka Tahun 2022"