TRIAS UKS, 3 Kegiatan Pokok UKS

Table of Contents

INFO DAPODIK & PENDIDIKAN -  Trias UKS adalah 3 (tiga) program pokok UKS yang terdiri dari Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Lingkungan Sekolah.

Apa saja yang meliputi atau bagian dari Trias UKS atau 3 (tiga) program pokok UKS tersebut, silahkan disimak penjelasannya di bawah ini ya.


1. Pendidikan Kesehatan

TRIAS UKS
Trias UKS


Pendidikan kesehatan adalah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, perilaku dan keterampilan hidup bersih dan sehat, menanamkan dan membiasakan hidup bersih dan sehat serta daya tangkal terhadap pengaruh buruk dari luar. 

Pelaksanaan pendidikan kesehatan dapat diberikan melalui:

Intrakurikuler

Intrakurikuler yakni terintegrasi dengan kurikulum atau mata pelajaran sekolah/ madrasah seperti pelajaran olahraga dan gizi seimbang pada mata pelajaran guru PJOK, sesi pelajaran dengan guru BK, IPA/ Biologi, pelajaran muatan lokal dan lain-lain.

Kokurikuler

Kokurikuler yakni sebagai tambahan mata pelajaran atau kurikulum yang diberikan namun masih dalam jam pelajaran sekolah/ madrasah. 

Kegiatan kokurikuler merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk penguatan atau pendalaman kompetensi dasar atau indikator pada mata pelajaran/ bidang sesuai dengan kurikulum yang meliputi kegiatan pengayaan mata pelajaran, kegiatan ilmiah, pembimbingan seni dan budaya, dan/atau bentuk kegiatan lain untuk penguatan karakter peserta didik. 

Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler yakni diberikan di luar jam mata pelajaran atau kurikulum sekolah/ madrasah seperti mengundang lintas sektor terkait untuk memberikan materi kesehatan tertentu kepada peserta didik atau guru di sekolah/ madrasah. 

Contoh dari materi kesehatan tertentu adalah sebagai berikut:

  • Penyuluhan pencegahan NAPZA dari BNN, 
  • Penyuluhan tentang pencegahan HIV AIDS dari Puskesmas, 
  • Pencegahan kekerasan dari Kepolisian dan lain-lain. 

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan di bawah bimbingan dan pengawasan sekolah/ madrasah yang bertujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerja sama, dan kemandirian peserta didik secara optimal untuk mendukung pencapaian tujuan pendidikan.


2. Pelayanan Kesehatan

TRIAS UKS
Trias UKS


Pelayanan kesehatan adalah setiap upaya yang diselenggarakan sendiri atau secara bersama-sama untuk meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan perorangan, keluarga, kelompok dan atau pun masyarakat. 

Pendekatan pelayanan kesehatan terdiri dari intervensi yang ditujukan untuk menyelesaikan atau mengurangi masalah perorangan, antara lain sebagai berikut:

  • Pencarian, pemeriksaan dan pengobatan penderita;
  • Intervensi yang ditujukan untuk menyelesaikan atau mengurangi masalah di lingkungan sekolah;
  • Intervensi yang ditujukan untuk membentuk perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat sekolah.


3. Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat

TRIAS UKS
Trias UKS


Pembinaan lingkungan sehat adalah usaha untuk menciptakan kondisi lingkungan sekolah yang sehat dan dapat mendukung proses pendidikan sehingga mencapai hasil yang optimal baik dari pengetahuan, keterampilan mau pun sikap.

Lingkungan sekolah sehat terdiri dari lingkungan fisik seperti kantin sekolah, sarana air bersih dan sanitasi, dan lingkungan non fisik seperti perilaku membuang sampah pada tempatnya dan perilaku mencuci tangan dengan air dan sabun.


Adapun untuk pelaksanaan kegiatan Trias UKS dilaksanakan sesuai dengan jenjang di satuan Pendidikan yaitu, PAUD, SD, SMP dan SMA dan sederajat.

Berikut Kegiatan UKS yang dilaksanakan di jenjang SMP lebih komprehensif seperti yang dapat dilihat dalam tabel dibawah ini:


Trias UKS Kegiatan Satuan Pendidikan
PAUD/TK SD/MI SMP/MTs SMA/MA
Pendidikan Kesehatan Literasi kesehatan V V V V
Pendidikan gizi V V V V
Kebersihan diri V V V V
Pembiasaan aktifitas fisik V V V V
Pendidikan kesehatan reproduksi V V V V
Pendidikan keterampilan hidup sehat V V V V
Pembinaan kader kesehatan - V V V
Pelayanan Kesehatan Pemeriksaan kesehatan
  • Penjaringan kesehatan dan Pemeriksaan berkala
  • Deteksi Dini Tumbuh Kembang
V V V V
Imunisasi V V V V
Suplementasi Vitamin A V - - -
Tablet tambah darah - - V V
Obat cacing V V - -
P3K dan P3P V V V V
Konseling - V V V
Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat Pengelolaan sampah dan sanitasi sekolah V V V V
Pemanfaatan pekarangan sekolah V V V V
Pemberantasan sarang nyamuk V V V V
Pembinaan kantin dan PKL sekitar sekolah V V V V
Kawasan tanpa rokok, narkoba, kekerasan dan pornografi V V V

V



Demikianlah penjelasan mengenai TRIAS UKS, 3 Kegiatan Pokok UKS yang dapat Admin sampaikan, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih. 

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.

Post a Comment