Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

3 Tahapan Kaitan antara Pembelajaran dan Asesmen

Kaitan antara Pembelajaran dan Asesmen


INFO DAPODIK & PENDIDIKAN - 3 Tahapan Kaitan antara Pembelajaran dan Asesmen merupakan tema yang akan coba Admin sampaikan pada kesempatan kali ini.

Seperti telah diketahui bersama bahwa antara pembelajaran dan asesmen adalah satu kesatuan yang sebaiknya tidak dipisahkan. 

Pendidik dan peserta didik perlu memahami kompetensi yang dituju sehingga keseluruhan proses pembelajaran diupayakan untuk mencapai kompetensi tersebut.

Berikut di bawah ini adalah penjelasan dari kaitan antara pembelajaran dan asesmen yang diilustrasikan pada sebuah siklus (lihat gambar di atas).


Perencanaan Pembelajaran dan Asesmen

Dalam merencanakan pembelajaran dan asesmen pendidik perlu melakukan analisis kompetensi yang akan dicapai, menentukan tujuan pembelajaran dan asesmen, serta menentukan kriteria ketercapaian dari tujuan pembelajaran dan asesmen tersebut. 

Adapun Tujuan Pembelajaran dapat ditentukan dengan 2 (dua) pilihan yaitu menggunakan rumusan KD secara langsung atau merumuskan secara mandiri. 

Perencanaan pembelajaran meliputi tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan asesmen pembelajaran yang disusun dalam bentuk dokumen yang fleksibel, sederhana, dan kontekstual. 

Tujuan Pembelajaran merupakan hasil analisis kompetensi dasar yang mempertimbangkan kekhasan dan karakteristik satuan pendidikan. 

Pendidik atau guru juga harus memastikan tujuan pembelajaran apakah sudah sesuai dengan tahapan dan kebutuhan peserta didik. 

Perencanaan asesmen dilakukan dengan 3 (tiga) bentuk, yaitu: 

  • pada awal pembelajaran, 
  • pada saat pembelajaran, dan 
  • pada akhir pembelajaran.

Perencanaan asesmen awal pembelajaran sangat perlu dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik, mengingat hasilnya digunakan untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian peserta didik.


Pelaksanaan Pembelajaran

Pelaksanaan pembelajaran dirancang untuk memberi pengalaman belajar yang berkualitas, interaktif, dan kontekstual. 

Pada tahapan atau siklus ini, pendidik diharapkan dapat menyelenggarakan pembelajaran yang antara lain: 

  • interaktif; 
  • inspiratif; 
  • menyenangkan; 
  • menantang; 
  • memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif; dan 
  • memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai bakat, minat dan perkembangan fisik, serta psikologis peserta didik

Sepanjang proses pembelajaran, pendidik dapat mengadakan asesmen formatif untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran sudah dicapai oleh peserta didik.


Pelaksanaan Asesmen Pembelajaran

Asesmen pembelajaran diharapkan dapat mengukur aspek yang seharusnya diukur dan bersifat holistik. 

Asesmen dapat berupa formatif dan sumatif. 

Asesmen formatif dapat berupa asesmen pada awal pembelajaran dan asesmen pada saat pembelajaran. 

Asesmen pada awal pembelajaran digunakan untuk mendukung pembelajaran terdiferensiasi sehingga peserta didik dapat memperoleh pembelajaran sesuai dengan yang mereka butuhkan. 

Sementara, asesmen formatif pada saat pembelajaran dapat dijadikan sebagai dasar dalam melakukan refleksi terhadap keseluruhan proses belajar yang dapat dijadikan acuan untuk perencanaan pembelajaran dan melakukan revisi apabila diperlukan. 

Apabila peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran, maka pendidik dapat meneruskan pada tujuan pembelajaran berikutnya. 

Namun, apabila tujuan pembelajaran belum tercapai, pendidik perlu melakukan penguatan terlebih dahulu. 

Selanjutnya, pendidik perlu mengadakan asesmen sumatif untuk memastikan ketercapaian dari keseluruhan tujuan pembelajaran.


3 Tahapan Kaitan antara Pembelajaran dan Asesmen ini akan terus berlangsung dalam bentuk siklus seperti penjelasan di atas. 

Dalam prosesnya, pendidik dapat melakukan refleksi baik dilakukan secara pribadi maupun dengan bantuan kolega pendidik, kepala satuan pendidikan, atau pengawas sekolah. 

Oleh karena itu, proses pembelajaran dan asesmen adalah satu kesatuan yang bermuara untuk membantu keberhasilan peserta didik di dalam kelas.

Demikianlah penjelasan mengenai 3 Tahapan Kaitan antara Pembelajaran dan Asesmen yang dapat Admin sampaikan, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia. 

Post a Comment for "3 Tahapan Kaitan antara Pembelajaran dan Asesmen"