Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024 Jenjang SMP/ MTS/ Sederajat

Table of Contents

Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN)


INFO DAPODIK & PENDIDIKAN - Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024 Jenjang SMP/ MTS/ Sederajat adalah judul dari informasi ini.

Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024 Jenjang SMP/ MTS/ Sederajat akan Admin bagikan informasi kepada Anda semua.

Mengenai file dari Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024 Jenjang SMP/ MTS/ Sederajat dapat Anda unduh nanti di akhir tulisan ini.

Menandai semangat Merdeka Belajar, Merdeka Berprestasi, aktualisasi prestasi melalui ajang talenta didasarkan pada minat dan bakat. 

Pemerintah mulai memberikan perhatian yang lebih serius terhadap anak-anak yang berprestasi di berbagai bidang ketalentaan. 

Mereka yang berhasil akan mendapatkan banyak manfaat untuk pengembangan karir belajar atau karir profesionalnya, seperti beasiswa atau pembinaan lanjut untuk mencapai prestasi maksimal.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah sebuah ajang talenta di bidang Sains yang diselenggarakan untuk peserta didik SD/ MI/ Sederajat, SMP/ MTs/ Sederajat, dan SMA/ MA/ Sederajat. 

Ajang OSN diselenggarakan secara bertingkat mulai dari daerah hingga nasional, untuk menjaring peserta terbaik dari 38 provinsi. 

Mekanisme bertingkat tersebut merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit talenta potensial.

Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif. 

Selain itu melalui kegiatan OSN ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif. Kemampuan-kemampuan itulah yang diperlukan agar peserta didik dapat bertahan pada keadaan yang penuh olimpiade. 

Selain itu melalui kegiatan olimpiade ini sekaligus dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik dalam menguasai dan mencipta teknologi di masa depan.

Pemanfaatan media teknologi dalam olimpiade ini sudah bukan menjadi hal yang baru bagi siswa, sehingga pembiasaan perlu dilakukan agar siswa lebih siap secara teknologi. 

Dengan adanya perubahan ini maka pedoman kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tahun 2024 disesuaikan dengan kondisi pasca pandemi Covid-19.

OSN Tahun 2024 mengusung tema “Merdeka Berprestasi, Talenta Sains Menginspirasi”, dengan tagar #MERDEKABERPRESTASI #TalentaSainsMenginspirasi

Tujuan umum Olimpiade Sains Nasional Jenjang SMP/ MTs Tahun 2024 adalah sebagai wahana olimpiade dalam cabang lomba Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) bagi peserta didik SMP dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian, dan gotong royong. 

Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi.

Olimpiade ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024 Jenjang SMP/ MTS/ Sederajat ini disusun untuk memberikan informasi dan gambaran berbagai aspek penyelenggaraan ajang OSN Jenjang SMP/ MTs/ Sederajat kepada para peserta, pendamping, pembina, juri, dan para pemangku kepentingan lainnya.

Selamat mempersiapkan diri, belajar, berlatih, dan bekerja sebaik-baiknya agar kegiatan ajang dapat terlaksana sesuai rencana dan memberikan hasil maksimal.

Demikianlah informasi di atas tentang Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024 Jenjang SMP/ MTS/ Sederajat, semoga dapat bermanfaat.

Untuk informasi lengkap dan detailnya dapat Anda unduh file Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024 Jenjang SMP/ MTS/ Sederajat pada tab unduhan di bawah ini:


Pedoman OSN 2024 Jenjang SMP/ MTS/ Sederajat


Untuk Silabus Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024 Jenjang SMP/ MTS/ Sederajat dapat Anda lihat disini.

Untuk Kisi-kisi soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024 Jenjang SMP/ MTS/ Sederajat dapat Anda klik pada tautan di bawah ini:

Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.

Post a Comment