Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS/ M

Table of Contents

Pedoman UKS/ M


INFO DAPODIK & PENDIDIKAN - Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS/ M adalah tema dari informasi kali ini.

Pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan informasi mengenai Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS/ M untuk satuan pendidikan.

Mengenai file dari Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS/ M dapat Anda unduh nanti di akhir postingan ini ya...

Keberhasilan pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah/ Madrasah (UKS/ M), terlihat dan tercermin pada perilaku hidup bersih dan sehat serta meningkatnya derajat kesehatan  peserta didik khususnya dan masyarakat sekolah pada umumnya. 

Hal ini merupakan dampak yang diharapkan dari terlaksananya pembinaan dan pengembangan program UKS/ M di semua satuan pendidikan mulai dari tingkat TK/ RA, SD/ MI, SMP/ MTS, dan SMA/ SMK/ MA. 

Program peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi peserta didik perlu dilakukan sedini mungkin secara terpadu, terencana, terarah dan terkordinasi dari (empat) Kementerian terkait mulai dari tingkat pusat sampai daerah serta melibatkan kerjasama dengan stakeholder.

Peraturan Bersama 4 Kementerian, yaitu  Kementerian  Pendidikan dan  Kebudayaan,  Kementerian  Kesehatan,   Kementerian   Agama dan  Kementerian  Dalam  Negeri  Nomor  6/X/PB/2014;  Nomor  73 Tahun 2014; Nomor 41 Tahun 2014 dan Nomor 81 Tahun 2014 ini mengamanatkan kepada semua pihak yang terkait dan terlibat dalam mengimplementasikan Peraturan Bersama 4 Kementerian di Sekolah/  Madrasah dan lembaga pendidikan yang sesuai dengan kewenangan masing-masing.

Dalam Peraturan Bersama tersebut dinyatakan bahwa membina, mengembangkan, meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat kepada peserta didik dilaksanakan secara terencana dan bertanggung jawab melalui program pendidikan yaitu kegiatan kurikuler, ekstrakurikuler, dan melalui usaha-usaha lain di luar sekolah yang menunjang perilaku hidup bersih dan sehat.

Berdasarkan hasil pengamatan dan pemantauan yang dilakukan oleh Tim Pembina Tingkat Pusat ternyata masih cukup banyak sekolah yang belum melaksanakan UKS/ M secara baik dan benar, terutama disebabkan kurangnya pembinaan, buku-buku Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS/ M, kesadaran, komitmen, dan kerjasama dari empat kementerian. 

Disamping itu pula, masih kurangnya pelatihan untuk pembina dan pelaksana UKS/M guna peningkatan pemahaman dan wawasan.

Adapun sasaran Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS/M ini adalah Tim Pembina UKS/M dan Tim Pelaksana UKS/ M di sekolah/ madrasah baik negeri maupun swasta.

Penyempurnaan Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS/ M ini dilakukan berdasarkan masukan dari berbagai pihak mulai dari tim pembina daerah sampai tingkat pusat yang berkomitmen untuk terlaksananya UKS/ M di sekolah. 

Hal ini bertujuan bahwa pelaksanaan UKS/ M dapat lebih berdaya guna dan berhasil guna, yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, yaitu untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertangung jawab. 

Semoga Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS/ M ini dapat dimanfaatkan secara optimal oleh Kepala Sekolah, guru, dan semua pihak yang terkait dengan UKS/ M.

Untuk informasi selengkapnya tentang Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS/ M dapat Anda unduh filenya pada tab unduhan di bawah ini ya...


Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS/ M


Demikianlah informasi di atas mengenai Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS/ M, semoga dapat menambah wawasan tentang UKS/ M dan yang lebih penting adalah bermanfaat untuk Anda.

Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.

Post a Comment