Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan

Table of Contents

Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2023


INFO DAPODIK & PENDIDIKAN - Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan adalah informasi regulasi kali ini.

Pada kesempatan kali Admin akan membagikan informasi mengenai sebuah regulasi Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan.

Adapun file dari Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan dapat Anda unduh nanti di akhir tulisan ini.

Berikut di bawah ini adalah informasi materi pokok dari Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan:

Negara menjamin hak setiap warga negara untuk mewujudkan kehidupan yang baik, sehat, serta sejahtera lahir dan batin demi tercapainya tujuan nasional dalam melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia untuk memajukan kesejahteraan umum sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 

Pembangunan kesehatan masyarakat memerlukan upaya kesehatan, sumber daya kesehatan, dan pengelolaan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya berdasarkan prinsip kesejahteraan, pemerataan, nondiskriminatif, partisipatif, dan berkelanjutan dalam rangka pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dan produktif, mengurangi kesenjangan, memperkuat pelayanan kesehatan bermutu, meningkatkan ketahanan kesehatan, menjamin kehidupan yang sehat, serta memajukan kesejahteraan seluruh warga negara dan daya saing bangsa bagi pencapaian tujuan pembangunan nasional. Permasalahan dan gangguan kesehatan pada masyarakat akan menurunkan produktivitas dan menimbulkan kerugian bagi negara sehingga diperlukan transformasi kesehatan untuk tercapainya peningkatan derajat kesehatan masyarakat. 

Pembangunan kesehatan masyarakat semakin baik dan terbuka sehingga menciptakan kemandirian dan mendorong perkembangan industri kesehatan nasional pada tingkat regional dan global serta mendorong peningkatan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, dan terjangkau bagi masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat; Untuk meningkatkan kapasitas dan ketahanan kesehatan diperlukan penyesuaian berbagai kebdakan untuk penguatan sistem kesehatan secara integratif dan holistik dalam 1 (satu) undang-undang secara komprehensif. Berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud, perlu membentuk Undang-Undang tentang Kesehatan.

Dasar hukum Undang-Undang ini adalah Pasal 20, Pasal 21, Pasal 28H ayat (1), dan Pasal 34 ayat (3) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan ini mengatur tentang kesehatan dengan menetapkan batasan istilah yang digunakan dalam pengaturannya. 

Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan ini berisi mengenai ketentuan umum, hak dan kewajiban, tanggung jawab pemerintah pusat dan pemerintah daerah, penyelenggaraan kesehatan, upaya kesehatan, fasilitas pelayanan kesehatan, sumber daya manusia kesehatan, perbekalan kesehatan, ketahanan kefarmasian dan alat kesehatan, teknologi kesehatan, sistem informasi kesehatan, kejadian luar biasa dan wabah, pendanaan kesehatan, koordinasi dan sinkronisasi penguatan sistem kesehatan, partisipasi masyarakat, pembinaan dan pengawasan, penyidikan, ketentuan pidana, ketentuan peralihan dan ketentuan penutup.

Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan ini mulai berlaku pada tanggal 08 Agustus 2023.

Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan mencabut dan menyatakan tidak berlaku atas: 

  • Undang-Undang Nomor 419 Tahun 1949; 
  • Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1984; 
  • Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2004; 
  • Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009; 
  • Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009; 
  • Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013; 
  • Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2014; 
  • Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014; 
  • Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2014; 
  • Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018; dan 
  • Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2019.

Peraturan pelaksanaan dari Undang-Undang ini harus ditetapkan paling lama 1 (satu) tahun terhitung sejak Undang-Undang ini diundangkan.

Lampiran file: 300 halaman. (batang tubuh halaman 1 sd 198, penjelasan halaman 199 s/d 300).

Untuk informasi selengkapnya mengenai Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan Anda dapat mengunduh filenya pada tab unduhan di bawah ini:


Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2023


Demikianlah informasi di atas terkait regulasi Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.

Post a Comment