Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

CHB di Info Dapodik & Pendidikan

 

CHB-di-Info-Dapodik-&-Pendidikan

Dikalangan Operator Sekolah terutama di Grup WA INFO DAPODIK & PENDIDIKAN, istilah CHB mungkin sudah tidak asing lagi. "Apa sih CHB itu..?" Mungkin yang belum mengetahui akan menjadi tanda tanya besar...😀 


CHB adalah kepanjangan dari Clear History Browser. Cara ini selalu dan "wajib" dilakukan sebelum login ke Aplikasi Dapodik, EDS, dan aplikasi lainnya yang ada hubungannya dengan dunia Operator Sekolah


Kenapa operator sekolah harus melakukan CHB? Penjelasan singkatnya seperti ini, semakin banyak halaman website yang Kamu kunjungi, semakin banyak file yang akan disimpan dalam cache. Lalu, bagaimana jika ternyata file yang disimpan tersebut sudah usang? Contohnya, ketika Kamu mengakses salah satu website, bisa saja pemilik website melakukan pembaharuan (update). Baik pada isi konten, tampilan dan lainnya. Menggunakan file cache, Kamu tidak akan mengetahui perubahan ini. Kenapa? Cache Kamu hanya menyimpan data lama dari website tersebut. 


Jadi, dengan membersihkan cache, Kamu bisa mendapatkan versi terbaru dari website atau aplikasi berbasis web yang Kamu kunjungi. Oleh karena itu, membersihkan cache merupakan langkah yang penting. Jika tidak dikelola dengan baik, cache akan menimbulkan masalah bagi performa browser Kamu.


Operator Sekolah harus rajin menghapus cache jika tidak diperlukan. Opsi lainnya, Kamu bisa menghapus cache dalam periode tertentu, seperti tiap minggu atau tiap bulan. Selain itu, menjaga keamanan privasi informasi penting juga perlu di proteksi. Bagaimana cara menghapus cache? Pelajari cara CHB berikut ini:


CHB Google Chrome

  • Buka Chrome, Anda bisa memilih tombol menu di sebelah kanan atas.
CHB-di-Info-Dapodik-&-Pendidikan

  • Pilih menu More Tools atau Fitur lainnya.
CHB-di-Info-Dapodik-&-Pendidikan
  • Pilih menu Clear Browsing Data atau Hapus data penjelajahan.
CHB-di-Info-Dapodik-&-Pendidikan

  • Terdapat dua tab yang bisa Anda pilih: Basic dan Advanced. Secara default, Chrome sudah memilihkan opsi yang aman untuk Anda hapus pada menu Basic. Selanjutnya pilih Time range (rentang waktu): All time, Last 4 weeks, Last 7 days, Last 24 hours, dan Last hour (Pilih All Time atau Semua). Lalu, pilih Clear data atau Hapus Data.
CHB-di-Info-Dapodik-&-Pendidikan
  • Jika Kamu ingin menggunakan pintasan supaya lebih cepat, Anda bisa menggunakan Control+Shift+Delete bagi pengguna Windows.

CHB Mozilla Firefox

Secara garis besar, cara yang dilakukan untuk CHB di Mozilla Firefox sama. Perbedaan terletak pada menunya saja. 
  • Buka Browser Mozilla, pilih menu hamburger (garis tiga) pada pojok kanan atas browser tersebut.
CHB-di-Info-Dapodik-&-Pendidikan
  • Pilih menu Library atau Pustaka.
CHB-di-Info-Dapodik-&-Pendidikan
  • Lalu, Kamu bisa pilih menu History atau Riwayat.
CHB-di-Info-Dapodik-&-Pendidikan
  • Pilih Clear Recent History atau Bersihkan Riwayat Terakhir.
CHB-di-Info-Dapodik-&-Pendidikan
  • Kemudian akan muncul jendela Clear All History atau Pilih Semuanya. Seperti halnya Chrome, tentukan Time range to ClearLast Hour, Last Two Hours, Last Four Hours, Today dan Everything. Selanjutnya, cukup pilih Clear Now atau Klik Oke. 
CHB-di-Info-Dapodik-&-Pendidikan


CHB Microsoft Edge
  • Buka Browser Edge, pilih menu titik tiga pada pojok kanan atas browser tersebut.
CHB-di-Info-Dapodik-&-Pendidikan
  • Kamu bisa pilih menu History
CHB-di-Info-Dapodik-&-Pendidikan
  • pilih menu Clear Browsing Data.
CHB-di-Info-Dapodik-&-Pendidikan
  • Kemudian akan muncul jendela Clear Browsing Data lalu Pilih All Time pada kolom Time Range. Dan terakhir klik Clear Now.
CHB-di-Info-Dapodik-&-Pendidikan

CHB sangat penting untuk meningkatkan efisiensi ketika mengunjungi berbagai website dan aplikasi berbasis web. Sayangnya, cache yang tidak dikelola dengan baik, justru akan membuat performa browser Anda kurang maksimal. Jika hal ini terjadi menghapus cache bisa menjadi solusi paling efektif.

Membersihkan sebuah history dan cache pada laptop/pc dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan cepat karena menghapus history dan cache memiliki banyak keuntungan. Namun, sebenarnya penghapusan cache ini juga sebenarnya ini opsional pada kondisi-kondisi tertentu. Tetapi apabila menyangkut sebuah pekerjaan atau hal-hal penting penghapusan cache dan histori menjadi hal yang perlu diperhatikan, seperti penggunaan akun sosial media di warnet/lab komputer, penggunaan komputer secara bersama di warnet/lab komputer memungkinkan informasi tentang akun seseorang bocor dan tidak aman.

Demikian ulasan tentang CHB di tiga browser yang sering digunakan oleh Operator Sekolah pada umumnya. Semoga bermanfaat...

Salam Literasi!

Salam Satu Data - Data Tepat dan Akurat.

Satu Data Pendidikan Indonesia.

Post a Comment for "CHB di Info Dapodik & Pendidikan"