Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kemampuan Operator Sekolah Dalam Memahami Dapodik

 Kemampuan-Operator-Sekolah-Dalam-Memahami-Dapodik

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sudah menjadi bagian yang penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia dan dunia. Bahkan dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sederajat, sampai pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sudah diarahkan untuk mampu menguasai TIK. Oleh sebab itu dalam linkungan sekolah, kepala sekolah, guru sampai pada staf tata usaha seharusnya dapat memanfaatkan TIK dalam semua proses kegiatan pendidikan di sekolah.

Operator sekolah adalah orang yang bertugas untuk memasukkan data ke dalam aplikasi Dapodik yang  berdasarkan sumber data yang valid dan akurat. Tugas utama dari operator sekolah adalah peng-input data dan bukan perancang, pengolah data (kecuali operator oleh kepala sekolah). Setelah peng-inputan data, yang bertugas meng-unggah/mengsinkronisasikan ke server Kemdikbud sebagai pusat data adalah Kepala Sekolah. Tetapi pada kenyataannya adalah yang mengsinkronkan adalah operator sekolah. Dan ini perlu diluruskan sedikit, walaupun operator sekolah yang mengsinkronkan tetapi Kepala Sekolah wajib mengetahui dan atas persetujuannya juga. 

Pentingnya data dapodik ini tidak hanya dibebankan kepada operator sekolah selaku ujung tombak pendataan. Kepala sekolah harus mengawal dan mengawasi proses pendataan yang dilakukan oleh operator sekolah.

Kemampuan operator sekolah dalam pengoperasian TIK menjadi tolak ukur keakuratan data dapodikSemua kegiatan operator sekolah tentunya menggunakan komputer/pc dan software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kerjanya.

Beratnya tugas pada seorang operator sekolah tentunya harus memiliki kemampuan yang memadai dalam mengoperasikan komputer agar dapat dengan mudah memahami aplikasi dapodik. Adapun kemampuan seorang operator sekolah yang harus dimiliki adalah sebagai berikut: 

Memahami Dasar Hardware

Kemampuan-Operator-Sekolah-Dalam-Memahami-Dapodik


Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik Komputer. Secara  fisik,  komputer (laptop/pc)  terdiri  dari  beberapa  komponen  yang   merupakan  suatu  system. Apabila  salah  satu  komponen  tidak   berfungsi, akan  mengakibatkan tidak ber fungsinya suatu komputer  dengan baik. Komponen dasar komputer yang terdiri dari input (keyboard, mouse, kamera, microphone, dll), process (CPU), output (monitor, speaker, headset) dan storage (RAM, ROM, Harddisk, flashdisk, CD, DVD, dll). Penjelasan mengenai fungsi serta kegunaannya akan dibahas pada artikel selanjutnya...😀

Memahami Dasar Software

Kemampuan-Operator-Sekolah-Dalam-Memahami-Dapodik

Perangkat lunak merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. 

Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.

Aplikasi Dapodik masuk dalam kategori software. Operator Sekolah minimal harus menguasai software pengolahan data sebagai pendukung aplikasi dapodik, minimal yang harus dikuasai adalah microsoft office. Karena dalam pengerjaan dapodik akan selalu berdampingan dengan word, excel, pdf.

Brainware

Kemampuan-Operator-Sekolah-Dalam-Memahami-Dapodik

Brainware merupakan seorang manusia yang mampu menjelajah hardware maupun software pada komputer. Dalam sebuah sistem komputer, brainware memang tidak akan pernah bisa dipisahkan dari hardware dan software. 

Brainware sendiri sering disebut sebagai perangkat intelektual, karena hardware dan software tidak bisa dijalankan tanpa brainware. Hal ini dikarenakan ketiga komponen brainware, software, dan hardware ini saling melengkapi satu sama lain.

Nahh... brainware disini ya operator sekolah itu sendiri. Tinggal bagaimana seorang operator sekolah mampu menguasai dapodik, kunci nya mau atau tidak dia belajar. Banyak jalan agar operator sekolah mampu memahami dapodik, diantaranya dengan mengikuti bimtek atau pelatihan aplikasi dapodik. Tetapi ada juga beberapa operator sekolah yang belajar sendiri atau otodidak hanya berdasarkan Panduan Aplikasi Dapodik, biasanya operator sekolah tipe ini sudah sedikit banyak menguasai hardware dan software... 😂😂😂

Biasanya para operator sekolah untuk meningkatkan kemampuan dalam memahami aplikasi dapodik (kalau tidak mengikuti/tidak ada bimtek) mencari informasi ke berbagai media sosial media... bisa masuk atau bergabung ke grup WA, FB atau ada juga yang memiliki komunitas di daerahnya masing-masing untuk saling berbagi atau bertukar informasi dan ilmunya.

Akhirnya...tetap kembali ke pribadi operator sekolah nya, apakah mau atau tidak belajar. Karena kemauan untuk belajar memahami aplikasi dapodik itu adalah kuncinya. Satu lagi dan ini merupakan hal yang paling menentukan: yaitu pengalaman.

Semoga artikel ini bermanfaat...


Salam Satu Data Pendidikan Indonesia



Tambahan kosakata.. 😎

Pengertian Installasi dan Uninstall Aplikasi

Pengertian Installasi.
Merupakan penambahan sebuah program aplikasi di directory computer dengan proses dan    persyaratan tertentu.

Pengertian Uninstall.
Merupakan cara untuk menghapus sebuah program aplikasi yang sudah ada atau sudah terinstall sebelumnya dalam sebuah directory computer.

#Mengenai hardware & software, silahkan kunjungi www.jaringansibuk.com

12 comments for "Kemampuan Operator Sekolah Dalam Memahami Dapodik"

  1. Replies
    1. Mantap lah bapak ini salut pak . Salam dari saya Pematangsiantar SMP NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR
      Semoga bapak juga selalu sehat ya pak. ...

      Delete
    2. Aamiin... Semoga kita semua diberikan kesehatan...semangat pak

      Delete
  2. sangat bermanfaat sekali...terima kasih

    ReplyDelete
  3. Semangat menjadi Operator yang baik, yg mengedepankan kualitas data.. 😇😇

    ReplyDelete

  4. Sangat bermanfaat,semoga berkah ilmunya pak

    ReplyDelete
  5. dari terbit dapodik hingga saat ini, udah honotr suka2 begitupun operator ini tak ada baiknya saya tengok, hanya mencari salah dan SAlah operaTOR.

    ReplyDelete