Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Semua Tentang Blog

 Semua-Tentang-Blog

Pengertian Blog

Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah ini pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. 

Weblog dapat diartikan sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-file Word,PDF,dll), gambar ataupun multimedia. 

Ada pula yang mendefinisikan blog sebagai situs yang sifatnya pribadi, yang lebih menitik beratkan kepada penggambaran dari orang yang membuat blog itu sendiri.

A blog is a type of website that is usually arranged in chronological order from the most recent ‘post’ (or entry) at the top of the main page to the older entries towards the bottom.

Blog (dari kata web log) adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut [Wikipedia]. 

Pengertian Blog secara umum adalah website atau jurnal online yang memuat beragam informasi serta menampilkan postingan terbaru di bagian atas halaman, konten atau postingan Blog diperbarui secara berkala, dan biasanya dikelola oleh satu atau sekelompok kecil user (si pengguna), meski diatur oleh banyak user (si pengguna), misalnya, pikiran dan opini yang dituliskan tetap berfokus pada satu topik.

Sejarah Blog

Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman “What’s New” pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Bulan Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya “Justin’s Home Page” yang kemudian berubah menjadi “Links from the Underground” yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.

Semua-Tentang-Blog
Justin Hall hingga kini dikenal sebagai pembuat Blog atau blogger pertama di dunia. Ini penampakan (screenshot) Blognya

Sekitar tahun 1994 Blog sudah mulai diperkenalkan ke internet dengan adanya jurnal pribadi yang dibuat oleh Justin Hall. Jurnal ini dimuat secara online dalam situs bernama links.net. Tampilannya masih sangat sederhana dengan background warna putih. Justin Hall kemudian mendapatkan julukan sebagai The Founding Father of Personal Blogger.

Semua-Tentang-Blog
Barger yang pertama kali menggunakan istilah "Weblog" untuk menggambarkan proses "pencatatan link-link website" (logging the web) yang dia koleksi di internet.

Weblog merupakan istilah yang diciptakan oleh Jorn Barger pada tanggal 17 Desember 1997. Istilah weblog ini digunakan untuk menyebut aktivitas logging to the web. Jorn Barger jadi orang pertama yang mengenalkan konsep kronologi pada weblog berdasarkan waktu posting tulisan. Beberapa tahun kemudian, penyebutan Blog semakin santer terdengar. Konsepnya sendiri ternyata sudah berumur lebih dari dua dekade, yang kalau dalam ukuran internet bisa dianggap jutaan tahun. Blogging mulai muncul di permukaan pada awal milenia kedua. Contoh Blog dan Blogging memberi dampak yang cukup signifikan terlihat pada tahun 2002, tahun yang penting dalam sejarah blog. Karena Blog masih baru, kemunculannya memunculkan kontroversi.

Bisa dikatakan, sebagai "kompromi"; Jorn Barger adalah penemu istilah Blog dan Justin Hall merupakan Blogger pertama.

Pada tahun 1999, Peter Merholz mulai memperkenalkan kata Blog yang dianggapnya lebih nyaman diucapkan dibandingkan dengan weblog. Pada tahun ini juga mulai bermunculan variasi Blog seperti Blogger, Xanga, dan/ataupun LiveJournal.

Media Blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2003, pada tahun tersebut menjadi tahun perkembangan Blog secara signifikan. Pada tahun ini pula muncul pesaing Blogger yaitu WordPress. Keduanya eksis dan merajai dunia blog sampai saat ini. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka (open source) yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Perkembangan pesat terjadi pada WordPress yang merajai dunia blogger pada Tahun 2018. Hampir 50% blogger menggunakan layanan dari WordPress. Sedangkan Blogger hanya digunakan oleh 2% penulis Blog saja. WordPress mengembangkan platformnya dengan layanan yang menjanjikan seperti website basic hingga toko online.

Sejarah Blog di Indonesia

Menurut Enda Nasution, blogger di Indonesia dapat dibagi kedalam tiga generasi, yaitu: 

Generasi pertama (tahun 1998-2001), dan biasanya berkumpul di mesin msn.or.id (sekarang sudah tidak ada). Directory sempat dibuat di http://www.coolnetters.com/indoblog.html. Isi Blog kurang lebih masih berupa jurnal pribadi. Tool yang digunakan adalah livejournal dan blogger.com.

Generasi kedua, tahun 2001-2002-an. Enda Nasution termasuk dalam generasi ini. Isi Blog masih lebih bersifat pribadi. Di generasi kedua ini mulailah bermunculan komunitas-komunitas blogger, seperti: blogbugs (Indonesia), bbv.or.id (Bandung), angkringan (Jogja), tukanglenong (Jakarta). Jumlah blogger mulai banyak, dan sempat mengadakan temu darat. blogbugs.com sampai saat ini masih menjadi satu-satunya direktori blogger Indonesia. Tool yang digunakan adalah blogger.com, MT, dan pMachine.

Generasi ketiga, dari tahun 2004 sampai hari ini, dan tumpang tindih dengan generasi kedua. Generasi pertama karena satu dan lain hal sudah tidak ada lagi. Generasi ketiga lebih 'techie' dan berkumpul di id-gmail. Pada generasi ketiga ini mulai banyak Blog dengan topik khusus yang tidak lagi bersifat jurnal pribadi. Biasanya Blog-Blog ini adalah Blog kedua atau ketiga dari blogger yg sebelumnya sudah memiliki Blog jurnal. Tool yang digunakan ialah wordpress, dan MT.

Struktur pada Blog

Struktur Blog terdiri atas header yang memiliki menu dan/atau bar navigasi. Bagian konten utama menampilkan postingan Blog terbaru atau yang dijadikan sorotan (highlight). Ada juga sidebar yang memunculkan profil media sosial author dan postingan terpopuler. Terakhir, footer memuat informasi, seperti kebijakan privasi, disclaimer, dan informasi kontak. Setiap aspek yang ada pada struktur berperan sangat penting dalam memudahkan para pengunjung situs untuk melakukan navigasi dan mencari konten.

Saat ini Blog memiliki tampilan dan tatanan yang sangat beragam tergantung fungsi pada Blog itu sendiri. Mulai dari Blog yang memiliki beberapa sidebar, hingga Blog yang hanya memiliki satu kolom. Pada dasarnya Blog memiliki struktur standar, berikut beberapa struktur standar pada sebuah Blog:

Semua-Tentang-Blog

  1. Header: Biasanya terletak dibagian atas Blog. Header berisi tentang judul Blog, deskripsi Blog dan menu Blog.
  2. Navbar: Elemen ini biasanya terletak diatas header. Fungsi dari Navbar untuk mempermudah user (editor/pemilik) Blog dalam mengelola Blog nya. Navbar biasanya tidak akan tampil jika diakses oleh user selain pemilik Blog.
  3. Main Blog: Biasanya terletak di bagian tengah Blog. Disinilah tempat dimana postingan Blog berada. Pada Main Blog juga terdapat struktur seperti Judul, tanggal, nama penulis serta kolom komentar.
  4. Sidebar: Pada elemen ini biasanya terdapat Popular Post, Archive. User juga dapat menambahkan widget lainya seperti kalender, jam dan widget menarik lainnya. Letaknya bisa di kiri atau kanan sebuah Blog.
  5. Footer: Terletak paling bawah Blog. Biasanya terdapat informasi singkat pemilik Blog, kontak atau form subscribe untuk diisikan alamat email.

Fungsi dan Manfaat Blog

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian Blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga Blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga Blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).

Ada banyak alasan orang atau perusahaan menggunakan sebuah Blog. Contohnya, jika Anda mempunyai minat tentang komputer, hobby, pengalaman pribadi dan ingin membagikan beberapa tips atau ilmu yang bisa bermanfaat untuk orang lain, Anda bisa membagikannya melalui Blog tersebut.

Atau juga perusahaan yang ingin memberi informasi mengenai produk yang akan dijual. Blog bisa berfungsi sebagai media informasi online dengan bebagai macam topik. Blog juga mempunyai fungsi sebagai catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik dan masih banyak lagi.

Berikut beberapa fungsi Blog dan penjelasannya adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Brand Awareness. Pertama, dengan mengembangkan berbagai artikel melalui proses SEO writing yang tepat, maka anda dapat meningkatkan brand awareness dari produk situs anda. Sehingga, anda mampu mendapatkan dukungan trafik yang tinggi dan sesuai dengan kampanye bisnis atau personal branding anda. 
  2. Sebagai Sarana Media Publikasi. Kedua, berfungsi sebagai media publikasi yang terbilang cukup efektif tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Jenis publikasi ini cenderung mengutamakan terhadap peningkatan pengunjung melalui metode organic search tanpa harus memasang iklan maupun menggunakan teknik SEM (Search Engine Marketing). 
  3. Untuk Menampilkan Informasi Teraktual. Yang ketiga, mampu untuk menampilkan informasi dan update berita terbaru secara cepat dan menjangkau target user yang lebih luas. Yang mana, akan berkorelasi dengan peningkatan kesadaran terhadap merek produk atau personal identity yang anda miliki.

Dunia teknologi yang semakin berkembang menjadikan berbagai kegiatan menjadi serba online. Mulai dari mencari informasi atau berita, berjejaring sosial, mengakses hiburan, mendownload software hingga menjalankan bisnis, belanja online, dan sebagainya. Begitu pula dengan Blog. 

Blog memiliki peran penting untuk menyuguhkan konten-konten yang dapat diakses pengguna online. Berbagai konten dapat dishare di dunia maya sehingga siapa saja yang terhubung dengan internet dapat mengakses dan mendownload dengan mudah.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari Blog, diantaranya:

  1. Berbagi tulisan, baik dalam bentuk pengetahuan, cerita, dan pengalaman sehingga orang lain yang mencari suatu topik tertentu dapat menemukan tulisan Anda.
  2. Melatih keterampilan dan kreativitas menulis karena bagi orang yang hobi menulis maka Blog akan menjadi sarana mengasah keterampilan menulis.
  3. Dapat menghasilkan uang, misalnya dengan mengikuti PPC, bisnis Afiliate, dan lain-lain.
  4. Memperluas dan membangun jaringan dapat dilakukan dalam dunia blogger. Secara teknisnya, apabila ingin menambahkan komentar maka akan ada record alamat email yang masuk ke kita dan bisa kita gunakan untuk mailing list. Bahkan bisa dijadikan sasaran untuk mempromosikan produk Anda. Selain itu, dengan blogger lain Anda pun dapat saling sharing, bertukar link, dan lain sebagainya.
  5. Media promosi atau sarana untuk menjual produk karena alasan offline store yang kurang strategis. Dengan makin maraknya dunia online, apapun bisa dijual dan media untuk berjualan secara online pun bisa melalui Blog.
  6. Media aktualisasi diri karena seorang blogger akan belajar untuk mengembangkan dan mengeksplorasi lebih jauh serta berbagi pengetahuan yang dimilikinya melalui sebuah tulisan. Misalnya, Anda suka tentang suatu aplikasi, maka Anda semakin termotivasi untuk semakin mendalami lalu membagikan di Blog. Anda bisa share dan menunjukkan kepada dunia hasil karya Anda.
  7. Media komunikasi dan sosialisasi dengan para pengunjung di Blog Anda. Caranya adalah dengan Anda membalas komentar mereka terkait tulisan Anda di Blog. Anda pun dapat melanjutkan interaksi saling komentar di dunia nyata dengan cara kopi darat dengan berbagai komunitas blogger.

Blogging dan Blogwalking

Blogging adalah sebuah aktivitas mengelola sebuah web log atau blog, dalam hal menambah kontennya dalam bentuk teks dan gambar secara berkala. Dengan kata lain, pengertian blogging dalam dunia web merupakan aktivitas yang dilakukan seseorang dalam mengelola dan mengembangkan sebuah web atau Blog miliknya dengan baik, agar mampu dikunjungi oleh banyak orang.

Dalam arti yang lain, blogging adalah aktivitas menulis dan mengelola Blog dengan memanfaatkan tool digital yang ada di internet agar sang blogger bisa menulis, membagikan, serta menautkan konten dengan mudah. Aktivitas blogging dimulai pada awal tahun 2000an di mana sejumlah Blog berbau muatan politik bermunculan. Beberapa saat setelahnya muncul Blog bertemakan how-to dan tutorial. 

Blog berbeda dari kegiatan jurnalis. Bahkan garis yang membedakan kedua aktivitas tersebut semakin jelas belakangan ini. Singkatnya, dapat dikatakan bahwa blogging merupakan kegiatan ngeblog yang dilakukan oleh blogger.

‘From “Web log.” A blog is basically a journal that is available on the web. The activity of updating a blog is “blogging” and someone who keeps a blog is a “blogger”.

Dari pengertian di atas, blogging adalah aktivitas mengupdate Blog atau mengelola (mendesain dan mengisi) Blog. Blogging umumnya dilakukan menggunakan platform Blog gratis, seperti Blogger (blogspot.com) dan Wordpress (wordpress.com). Namun, bloger profesional umumnya menggunakan nama domain dan hosting sendiri.

Sejak kemunculannya hingga saat ini, blogging sangat populer. Hanya saja, yang jadi pertanyaannya mengapa blogging bisa seterkenal ini? Awalnya blogging merupakan platform yang mainstream untuk berita dan informasi. 

Sama seperti koran yang muncul sebelum kehadiran Blog, meskipun tingkat kenyamanan yang ditawarkan berbeda, blogging berkembang lebih cepat secara komparatif. Update informasi yang dilakukan terus-menerus dan blogger bisa mengikuti blog yang sesuai dengan minat dan hobbynya menjadi dua dari sekian alasan mengapa orang-orang melakukan blogging. 

Dengan adanya Blog memudahkan para pembaca dalam mengikuti informasi, daripada harus membolak-balikkan kertas koran. ‘Kebangkitan’ Blog memberi kesempatan bagi orang-orang yang ingin menciptakan sesuatu yang baru. Anggap saja Blog seperti sebuah buku diary yang ingin Anda pamerkan ke teman-teman.

Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik Blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana Blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta Blog yang bisa ditemukan di internet, dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik Blog) untuk merawat Blog nya. Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di Blog nya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di Blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar.

Blogwalking adalah aktivitas dimana Anda mampir ke Blog lain dengan berbagai tujuan tertentu. Biasanya blogwalking dilakukan ketika blogger sedang mencari ide untuk konten di Blog mereka. Namun, tak jarang blogwalking digunakan sebagai cara untuk bersosialisasi dengan blogger lainnya.

Bagaimana blogger melakukan kegiatan blogwalking ini? Pertama, mereka akan mengunjungi berbagai Blog yang sesuai dengan tujuan mereka. Tepatnya, Blog-Blog dengan topik sejenis atau satu niche dengan Blog mereka. Ditambah memiliki popularitas tinggi sebagai bukti konten di Blog tersebut menarik pembaca. Kedua, blogger akan melihat berbagai artikel yang bermanfaat dan meninggalkan pesan di kolom komentar. Langkah ini tentu menjadi cara untuk membangun diskusi dengan pemilik Blog atau pembaca lainnya. Selain mendapatkan ilmu-ilmu baru, mereka bisa memperluas networking antar blogger.

Berikut ini adalah manfaat blogwalking:

  • Sebagai Media Untuk Membangun Tali Silaturahmi
  • Sebagai cara mempromosikan Blog gratisan
  • Sebagai media, atau cara mendapatkan backlink
  • Sebagai media untuk mendapatkan banyak pengunjung
  • Sebagai media untuk saling berbagi pengetahuan
  • Sumber inspirasi dalam membuat artikel.

Siapakah Blogger itu?

Blogger adalah orang yang membuat dan mengelola Blog, membagikan pandangan serta perspektif mereka ke audience secara online baik untuk tujuan pribadi maupun bisnis. Topik yang dibahas pun beragam, mulai dari kesenian hingga politik. Saat ini sudah banyak blogger yang terkenal dan menjadi ‘selebriti’ di dunia online dan juga offline. 

Sebagian orang menjadikan blogging sebagai profesi sampingan, sebagian orang lain memandang blogging sebagai karier utama mereka, sedang yang lainnya hanya menulis Blog untuk menyalurkan hobby atau sebagai salah satu cara mengekspresikan pendapat mereka.

Blog pada dasarnya adalah jurnal yang ada di web. Aktivitas update-nya disebut blogging. Orang yang "ngeblog" disebut blogger (Inggris) dan bloger (Indonesia).

Jadi, pengertian blogger adalah orang yang ngeblog atau mengelola Blog. Dalam KBBI disebutkan, bloger adalah sebutan untuk orang yang mengeblog; pengeblog; narablog.

Blogger juga merujuk pada platform Blog milik Google, yakni Blogger dengan subdomain blogspot.com atau blogspot.co.id (Indonesia). Blogger adalah layanan penerbitan Blog yang menerima Blog multi-pengguna dengan entri bertanda waktu. Ini dikembangkan oleh Pyra Labs, yang dibeli oleh Google pada tahun 2003. Blog-blog tersebut diselenggarakan oleh Google dan umumnya diakses dari subdomain "blogspot.com" [Wikipedia].

Menjadi blogger adalah profesi menyenangkan meski tak begitu mudah. Ia tidak harus berdiam diri di satu tempat jika ingin menulis konten. Bahkan ada blogger yang mengisi kontennya dengan melakukan perjalanan atau travelling, tapi tentu saja ini tergantung dari jenis Blog yang dibuat. Semenjak internet sudah dapat diakses dengan mudah dari mana saja, saat itulah siapa pun bisa menjadi blogger.

Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan Blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan (misalnya AdSense, posting berbayar, penjualan tautan, atau afiliasi). Sehingga kemudian muncullah istilah blogger profesional, atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog, karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah, dari aktivitas ngeblog ini.

Untuk menjalin tali silaturahmi karena memiliki hobby yang sama, para blogger mempunyai suatu wadah, biasanya dinamakan Komunitas Blogger. Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari [para blogger] berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobby, dan lain sebagainya. 

Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat. Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.

Bahkan sampai ada hari khusus untuk memperingatinya, yaitu setiap Tanggal 27 Oktober, yang kemudian dijadikan sebagai Hari Blogger Nasional. Hari Blogger Nasional pertama kali dicanangkan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Muhammad Nuh, pada 27 Oktober 2007. Bersambung...

Semoga artikel yang mengulas Semua Tentang Blog ini dapat bermanfaat. Terima Kasih.

Salam Literasi!


#dari berbagai sumber

Post a Comment for "Semua Tentang Blog"