Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Artikel Kamu Sudah Terindeks Google atau Belum?

 

Artikel-Kamu-Sudah-Terindex-Google-atau-Belum?

Indeks Google mirip dengan indeks di perpustakaan, yang mencantumkan informasi tentang semua buku yang tersedia di perpustakaan. Namun, alih-alih buku, indeks Google mencantumkan semua laman web yang diketahui Google. Saat mengunjungi situs Kamu, Google mendeteksi halaman baru dan yang diperbarui serta memperbarui indeks Google.

Google Index adalah database berisi informasi dan halaman blog/website yang dikumpulkan Google. Dari database itulah Google bisa menampilkan hasil pencarian kepada penggunanya. Database tersebut didapatkan dari proses crawling dan indexing yang dilakukan oleh Google. Indexing dan crawling ini membuat Google bisa menemukan halaman-halaman blog/website baru di dunia maya menggunakan suatu teknologi bernama spidersSpiders Google sendiri dinamakan Googlebot.

Blog/website Kamu tidak masuk dalam index Google, Kamu dalam masalah besar. Blog/Website Kamu tak akan muncul dalam hasil pencarian dan orang-orang tidak akan mengetahui kalau blog/website Kamu eksis di dunia maya.

Crawl: Suatu proses untuk mengikuti berbagai link yang ada di internet agar bisa menemukan konten baru. IndexingProses untuk menyimpan setiap halaman blog atau website ke dalam database agar muncul di hasil pencarian. SpidersSebuah teknologi canggih yang bertugas untuk merangkak di internetGooglebotSpiders milik Google. 

Google Index inilah yang akan menampilkan suatu website di hasil pencarian. Jika suatu blog/website tidak muncul di hasil pencarian sama sekali, blog/website tersebut belum masuk ke dalam database Google Index. 

Agar blog kamu bisa muncul di pencarian, artikel kamu harus sudah terindeks oleh google. Sangatlah penting untuk mengetahui artikel kamu harus sudah terindeks oleh google. Banyak cara untuk mengetahui apakah artikel kamu sudah terindeks oleh google atau belum, beberapa caranya akan dibahas pada artikel kali ini.

Mengecek URL Blog

Kamu bisa mengecek apakah url blog Kamu sudah terindeks oleh Google dengan melakukan pencarian ini:

site:blogkamu.com

Cukup menuliskan alamat blog Kamu dan dengan menambahkan atribut site: akan tetapi yang muncul bukan hanya yang spesifik saja, melainkan semua yang sudah terindeks oleh google, baik itu halaman postingan maupun halaman statis.

Apabila blog Kamu sudah berhasil masuk ke Google Index, hasil seperti ini yang akan muncul:

Artikel-Kamu-Sudah-Terindex-Google-atau-Belum?

Jika blog Kamu belum terindeks Google, hasil seperti ini yang akan Kamu temui:

Artikel-Kamu-Sudah-Terindex-Google-atau-Belum?

Mengecek URL Halaman

Cara ini yang paling efektif dan sangat mudah. Hanya dengan mengetik/menuliskan URL lengkap dari artikel yang telah Kamu publikasikan di kolom pencarian Google. Karena URL itu bersifat unik dan tidak mungkin ada yang sama, maka hasilnya dipastikan akan ada atau muncul. Apabila tidak ada/muncul, sudah dipastikan artikel yang Kamu posting atau publikasikan belum di indeks oleh Google.

Artikel-Kamu-Sudah-Terindex-Google-atau-Belum?

Menuliskan Judul Halaman

Cara ini sama dengan mengecek URL blog Kamu, hanya saja yang ditulis/diketik adalah judul artikelnya saja pada kolom pencarian Google. Namun hasilnya akan menampilkan semua blog/website yang memiliki judul serupa. Bila blog Kamu muncul di halaman pertama Google, itu tidak akan menjadi masalah, akan tetapi bila tidak ada atau muncul di halaman pertama, Kamu akan terus mencari di halaman berikutnya.

Maka dari itu untuk mempersempit ruang pencarian dan agar Kamu tidak terus mencari ditiap halaman, cukup menambahkan atribut tambahan, yaitu site:

"judul artikel" site:blogkamu.com

Pastikan dalam penulisan/pengetikannya menggunakan tanda kutip agar judul artikel Kamu yang tampil akan benar-benar sesuai dengan yang diinput.

Artikel-Kamu-Sudah-Terindex-Google-atau-Belum?

Google Search Console

Jika artikel Kamu belum juga terindeks di Google, sebaiknya gunakan bantuan Google Search Console/GSC. Jika belum mempunyai akun, silahkan daftar terlebih dahulu di Search Console. Cara ini dilakukan untuk meminta mesin pencari agar melakukan pengindeksan pada artikel Kamu.

Apabila Kamu sudah memiliki akun Search Console, maka Kamu cukup memasukkan atau mengetik URL artikel pada kotak atau kolom pencarian di Dashboard GSC.

Artikel-Kamu-Sudah-Terindex-Google-atau-Belum?

Jika artikel Kamu sudah terindeks Google, maka tampilannya akan seperti ini:

Artikel-Kamu-Sudah-Terindex-Google-atau-Belum?

Masuk ke Google Index adalah langkah pertama agar blog/website Kamu bisa sukses. Tanpa masuk index Google, blog/website Kamu juga tidak akan muncul dalam hasil pencarian dan pada akhirnya tidak ada pengunjung di blog Kamu. Dengan menggunakan cara-cara diatas, semoga url blog/website Kamu bisa masuk ke Google Index.

Buat Artikel Hebat, Unik dan Menarik

Salah satu cara untuk dapat meningkatkan pengindeksan Google adalah dengan membuat sebuah artikel yang hebat, unik dan menarik, yang selama ini dicari pengguna internet atau pengunjung blog Kamu dan juga yang dapat direkomendasikan oleh pengguna internet atau pengunjung blog Kamu.

Kualitas Artikel menentukan pengindeksan oleh Google.

Walaupun blog/website Kamu belum terindeks oleh Google, bukan berarti Kamu tidak bisa menerbitkan artikel sama sekali. Justru Kamu harus mulai menerbitkan artikel agar bisa membantu blog/website Kamu lebih cepat untuk masuk ke Google Index.

Namun, Kamu juga tidak bisa membuat artikel sembarangan. Kamu harus membuat dan mengeluarkan konten-konten atau artikel-artikel berkualitas secara rutin. Hal ini menunjukkan kepada Google bahwa blog/website Kamu itu memberikan berbagai informasi yang segar dan up-to-date kepada para pengunjung atau pengguna internet. 

Konten-konten atau artikel-artikel yang berkualitas tinggi yang segar tersebut juga membuat Googlebot semakin sering melakukan crawling pada blog/website Kamu karena relevannya konten atau artikel Kamu dengan apa yang sedang dicari oleh orang-orang saat ini. 

So just build great, unique and compelling content already.

Demikian ulasan pada artikel Artikel Kamu Sudah Terindeks Google atau Belum? ini, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mampir ke Blog akoenksembilantujuh.com

Salam Literasi!



2 comments for "Artikel Kamu Sudah Terindeks Google atau Belum?"

  1. Ini saya sudah 1 minggu blog yang sudah saya custom domain,, belum terindex juga sama google,, gimana nih mas??

    ReplyDelete