Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Seri Pendidikan Inklusif

 Seri-Pendidikan-Inklusif

Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif adalah salah satu upaya meningkatkan kompetensi guru dalam memahami keberagaman peserta didik serta meningkatkan kemampuan guru dalam mengadaptasi kurikulum sehingga lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Apa itu Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif?

Program pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memahami keberagaman peserta didik serta meningkatkan kemampuan guru dalam mengadaptasi kurikulum sehingga lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Siapa yang dapat mengikuti Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif?

Seri-Pendidikan-Inklusif

Bimtek dapat diikuti oleh:

  1. Guru PAUD, TK/TKLB, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB/SMK.
  2. Tutor A, B, dan C (Peserta dari PKBM dan SKB sederajat).
  3. Kepala Sekolah.
  4. Pengawas.
  5. Tenaga Kependidikan.
  6. Peserta harus memiliki akun pada SIMPKB.
  7. Tidak terdaftar sebagai peserta Bimtek Pemenuhan GPK.

Pelatihan dapat diikuti oleh:

  1. Guru PAUD, TK/TKLB, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB/SMK.
  2. Tutor A, B, dan C (Peserta dari PKBM dan SKB sederajat).

Bagaimana cara melakukan pendaftaran?

Untuk melakukan pendaftaran pada program ini, peserta cukup klik tombol masuk dan menggunakan akun SIMPKB di laman ayogurubelajar.kemdikbud.go.id pilih seri Pendidikan Inklusif dan memilih jadwal Bimtek yang tersedia. Untuk memilih jadwal, klik tombol Daftar, setelah berhasil login maka tampilan gambar seperti di bawah ini:

Seri-Pendidikan-Inklusif

Bagaimana ketentuan pelaksanaan Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif? 

  1. Pendaftaran Bimtek tiap-tiap angkatan dapat dilakukan paling lambat adalah pada hari pertama jadwal Bimtek dimulai. 
  2. Peserta lulus Bimtek akan otomatis masuk di angkatan Pelatihan sesuai angkatan Bimteknya.
  3. Peserta tuntas Pelatihan dapat mengakses Microlearning sebagai materi pelengkap/penunjang yang akan menambah pengetahuan, pemahaman, serta pengalaman guru dalam menangani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK). 
  4. Pengimbasan, peserta tidak melalui proses apapun pada sistem Guru Belajar dan Berbagi karena dilakukan di luar sistem, peserta yang melakukan pengimbasan adalah peserta yang telah tuntas menyelesaikan tahap pelatihan dan telah mengakses microlearning seri Pendidikan Inklusif.

Untuk mengetahui jadwal bimtek dan pengimbasan, silakan menuju tautan berikut ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-inklusif/#jadwal

Apa saja tahapan yang terdapat dalam Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif?

Tahapan dalam program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif ini yaitu:

  1. Orientasi.
  2. Bimtek.
  3. Pelatihan.
  4. Microlearning.
  5. Pengimbasan.

Bagaimana proses penyelesaian aktivitas bimtek dan pelatihan pada program ini?

Pada dasarnya, setiap setelah selesai dalam sebuah aktivitas orientasi, bimbingan teknis, dan pelatihan pada program ini, maka peserta diwajibkan untuk klik tombol. Next Lesson  , maka peserta bisa mengikuti aktivitas pada topik berikutnya.

Apa penyebab sehingga peserta tidak bisa mengikuti bimtek pada Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif?

  1. Peserta belum menuntaskan tahap Bimtek.
  2. Peserta bukan Guru PAUD, TK/TKLB, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB/SMK, Tutor A,B, dan C (Peserta dari PKBM dan SKB sederajat).

Apa penyebab sehingga peserta tidak bisa mengikuti pelatihan?

  1. Peserta bukan Guru PAUD, TK/TKLB, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB/SMK, Tutor A,B, dan C (Peserta dari PKBM dan SKB sederajat).
  2. Peserta belum menuntaskan Bimtek.

Apa penyebab peserta tidak dapat mengakses microlearning?

  1. Peserta bukan Guru PAUD, TK/TKLB, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB/SMK, Tutor A,B, dan C (Peserta dari PKBM dan SKB sederajat).
  2. Peserta belum menuntaskan Pelatihan.

Apa penyebab peserta tidak dapat mengikuti tahap pengimbasan?

  1. Peserta belum menuntaskan pelatihan.
  2. Peserta belum mengakses microlearning.

Mengapa terdapat pengelompokan aktivitas berdasarkan hari?

Karena peserta diharuskan menyelesaikan Bimtek dan Pelatihan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan selama 8 hari dengan ekuivalensi 4 JP per hari. Namun demikian jika peserta belum dapat menyelesaikan pembelajaran dihari pertama maka dapat dilanjutkan di hari kedua, tetapi di hari kedua tidak dapat mengerjakan aktifitas di hari ketiga, begitu selanjutnya.

Bagaimana jika peserta tidak menuntaskan program sampai batas waktu yang telah ditentukan?

Peserta yang tidak tuntas mengikuti program sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan, atau peserta yang mengerjakan Tes Akhir dengan kesempatan mengerjakan sebanyak 3 kali dengan capaian nilai kurang dari 70, maka:

  1. Peserta dianggap tidak tuntas mengikuti pembelajaran.
  2. Peserta dapat memilih kembali jadwal Bimtek angkatan berikutnya.
  3. Untuk Pelatihan, peserta tidak tuntas masih memiliki kesempatan dua kali mengulang di angkatan selanjutnya secara otomatis.

Apa saja jenis asesmen yang terdapat di Program seri Pendidikan Inklusif?

Pada program ini, ada beberapa jenis-jenis asesmen dengan nilai minimal 70%, yaitu:

  1. Pada tahap Bimtek :
    • Pada tahap Bimtek terdapat tes awal, tes formatif, dan tes akhir.
    • Bila peserta tidak mencapai nilai minimal 70%, peserta diperbolehkan untuk mengulang.
    • Pada saat tes akhir, peserta diberi kesempatan untuk mengulang 2 kali jika nilai kurang dari 70.
    • Jika sampai 3 kali nilai tes akhir masih kurang dari 70, maka peserta yang bersangkutan dinyatakan tidak tuntas/tidak lulus Bimtek.
    • Peserta yang dinyatakan tidak tuntas/tidak lulus Bimtek masih dapat mengulang pada Bimtek angkatan selanjutnya.
  2. Pada tahap Pelatihan :
    • Pada tahap Pelatihan terdapat tugas terstruktur dan tes formatif yang harus dikerjakan oleh peserta.
    • Peserta harus mengerjakan tugas terstruktur dan mengupload jawabannya ke sistem serta menjawab tes formatif untuk menyelesaikan tahapan Pelatihan.
    • Peserta yang dinyatakan tidak tuntas/tidak lulus Pelatihan mengulang secara otomatis ke angkatan berikutnya, peserta memiliki kesempatan dua kali mengulang.

Apa yang harus dilakukan jika mengalami kendala teknis?

Dalam mengikuti program ini, peserta diharapkan telah mempersiapkan perangkat-perangkat yang dibutuhkan seperti laptop, tab, atau handphone, serta koneksi internet yang stabil. Bila terjadi koneksi putus pada saat mengerjakan aktivitas dalam program ini, peserta akan mengulang kembali dari awal pada tiap-tiap aktivitas yang sedang dilakukan disaat koneksi terputus.

Apa yang dimaksud dengan microlearning?

Microlearning adalah materi pelengkap/penunjang yang akan menambah pengetahuan, pemahaman, serta pengalaman guru dalam menangani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK). Peserta yang dapat mengakses microlearning ini adalah peserta yang telah menuntaskan Pelatihan.

Apa yang dimaksud dengan pengimbasan?

Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif mengundang Guru dan Tenaga Kependidikan untuk bergotong royong melakukan pengimbasan program. Apa yang bisa dilakukan? Guru dan tenaga kependidikan mengajak, mendampingi dan membantu rekan guru yang lain dalam mengikuti dan menyelesaikan program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif. Diharapkan rekan guru yang diajak adalah rekan guru di Satuan Pendidikan tempat Peserta mengajar, komunitas KKG/MGMP, atau organisasi profesi guru.

Bagaimana proses pengimbasan?

Dalam pengimbasan, peserta tidak melalui proses apapun pada sistem Guru Belajar dan Berbagi karena dilakukan di luar sistem, namun pada proses pengimbasan peserta mendokumentasikan video pengimbasan dan mengunggah video tersebut pada kanal video berbagi (Youtube), kemudian memasukkan URL video tersebut pada SIM Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif sebagai syarat untuk mengunduh sertifikat pelatihan dan piagam penghargaan. Peserta yang melakukan pengimbasan adalah peserta yang telah tuntas menyelesaikan tahap pelatihan dan telah mengakses microlearning.

Apa yang akan didapatkan jika mengikuti Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif?

Selain ilmu yang bermanfaat dan pengalaman menyenangkan, peserta yang dinyatakan tuntas mengikuti Bimtek akan diberikan Sertifikat. Untuk mendapatkannya peserta terlebih dahulu mengisi kuesioner sebagai syarat unduh sertifikat.

Peserta yang dinyatakan tuntas mengikuti pelatihan, telah mengakses microlearning, dan melakukan pengimbasan, maka diberikan sertifikat Pelatihan.

Piagam Penghargaan bagi Satuan Pendidikan akan diberikan di akhir program. Ketika semua peserta selesai mengikuti Bimtek, Pelatihan, Microlearning, dan Pengimbasan. Pada piagam penghargaan akan dicantumkan nama-nama peserta yang selesai/tuntas mengikuti program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif di satuan pendidikan tersebut.

Piagam Pengimbasan akan diberikan kepada Satuan Pendidikan di mana peserta program ini mengajar yang diunduh pada SIM Ayo Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif.

Apa yang didapatkan peserta Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif?

  • Meningkatnya pengetahuan guru terhadap konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus.
  • Meningkatnya pengalaman guru dalam melakukan identifikasi, menyusun asesmen dan planning matrix, serta membuat Program Pembelajaran Individual (PPI).
  • Memberikan pengalaman kepada guru dalam mengikuti kegiatan bimtek dan pelatihan secara daring.
  • Terdukungnya implementasi kebijakan merdeka belajar yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jadwal Pelaksanaan

Berikut ini adalah jadwal pelaksanaan Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif berdasarkan tahapannya:

Seri-Pendidikan-Inklusif

Tahapan Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif

Tahap 0 - Orientasi

Pada tahap ini peserta dibekali pemahaman tentang latar belakang, tujuan umum, penyesuaian kebijakan, pengantar program, dan struktur program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif.

Tahap 1 - Bimtek

Pada tahap ini peserta akan mempelajari tentang konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran. Pada tahap ini peserta melakukan pembelajaran mandiri secara konsisten dan terukur setiap harinya dengan ekuivalensi 4 JP/hari. Peserta tuntas Bimtek akan mendapatkan sertifikat Bimtek 32 JP.

Tahap 2 - Pelatihan

Pada tahap ini peserta akan diberikan latihan untuk melaksanakan identifikasi, melakukan asesmen dan menyusun planning matrix, serta membuat program pembelajaran individual (PPI). Pada tahap ini peserta akan mendapatkan sertifikat Pelatihan 32 JP setelah mengakses microlearning dan melakukan pengimbasan dengan mengunggah URL video pengimbasan ber-platform youtube di SIM Ayo Guru Belajar.

Tahap 3 - Microlearning

Pada tahap ini peserta akan mendapatkan materi pelengkap/penunjang berupa microlearning yang akan menambah pengetahuan, pemahaman, serta pengalaman guru dalam menangani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK). Peserta yang dapat mengakses microlearning ini adalah peserta yang telah menuntaskan Pelatihan.

Tahap 4 - Pengimbasan

Pada tahap ini peserta yang telah mengikuti kegiatan bimtek, pelatihan, dan telah mengakses microlearning diharapkan menjadi bagian perubahan pendidikan dengan cara mempresentasikan program, mengajak dan mendampingi guru lain untuk mengikuti Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif pada satuan pendidikan tempat peserta mengajar, kelompok kerja guru seperti KKG/MGMP atau organisasi profesi guru. Berikut adalah langkah pengimbasan :

  • Dokumentasikan pengimbasan dalam bentuk video.
  • Unggah link video pengimbasan ke kanal video berbagi (youtube).
  • Salin URL video pengimbasan ber-platform youtube tersebut.
  • Unggah URL video pengimbasan tersebut ke SIM Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif.

Pada tahap ini peserta akan mendapatkan Piagam Penghargaan bagi satuan pendidikan yang akan mencantumkan nama-nama peserta tuntas Bimtek dan Pelatihan.

Tujuan Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif

  • Meningkatkan pengetahuan guru tentang konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus.
  • Meningkatkan dan memberikan pengalaman langsung kepada guru untuk melakukan identifikasi, menyusun asesmen dan planning matrix, serta membuat Program Pembelajaran Individual (PPI).
  • Memberikan pengalaman kepada guru dalam mengikuti kegiatan bimtek dan pelatihan secara daring.

Demikian penjelasan singkat tentang Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Salam Literasi!

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia

Post a Comment for "Seri Pendidikan Inklusif"