Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

KOMPETISI PENELITIAN SISWA INDONESIA (KoPSI 2021)

KOMPETISI-PENELITIAN-SISWA-INDONESIA-(KoPSI 2021)

Merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan KebudayaanRI Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata KerjaKementerian Pendidikan dan Kebudayaan, telah dibentuk Pusat Prestasi Nasional yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Sekretaris Jenderal. Salah satu fungsi Pusat Prestasi Nasional adalah melaksanakan pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik. 

Sehubungan dengan fungsi tersebut, Pusat Prestasi Nasional melaksanakan Lomba, Festival, dan Kompetisi antar peserta didik se-Indonesia, di antaranya adalah Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI) untuk jenjang SMP/MTs/sederajat. Untuk itu perlu dilakukan penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik.

Bagi kamu yang suka meneliti di bidang sains, sosial, dan teknik rekayasa. Yuk segera daftarkan dirimu dirimu untuk mengikut Kompetisi Penelitian Siswa Nasional (KoPSI) SMP Secara Daring tahun 2021.

KOPSI diselenggarakan dalam rangka membangun manusia Indonesia yang berkarakter kreatif dan inovatif. KOPSI berfokus pada penumbuhan karakter ilmiah melalui kegiatan kompetisi dalam rangka mengembangkan kemerdekaan berpikir siswa untuk belajar meneliti. Ide-ide dalam penelitian dapat digali dari berbagai gejala, peristiwa, dan potensi yang ada di lingkungan sekitar peserta didik. 

Melalui kegiatan ini, kepedulian peserta didik terhadap lingkungan sekitar, termasuk menggali potensi sumber daya lokal yang memiliki dampak global akan terus ditumbuhkan. Dengan demikian, KOPSI menjadi wadah bagi para siswa SMP/MTs/sederajat untuk mengaktualisasikan minat, bakat, kemampuan dalam meneliti dan berinovasi serta menanamkan budaya meneliti di kalangan peserta didik. Kegiatan ini juga merupakan seleksi karya penelitian unggul untuk diikutsertakan dalam berbagai lomba penelitian nasional dan internasional. 

Tujuan

1. Tujuan Umum

  • Meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang penelitian yang berasas pendidikan karakter, antara lain religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian, dan gotong royong; 
  • Meningkatkan apresiasi peserta didik terhadap inovasi, penemuan, dan daya cipta dalam IPTEK dan menumbuhkan rasa ingin tahu para peserta didik melalui kegiatan penelitian; 
  • Memperkuat ajang komunikasi ilmiah bagi peserta didik dalam lingkup sekolah dan antar sekolah serta silaturahmi peneliti dalam proses belajar; 
  • Menumbuhkembangkan kecakapan kolaboratif, kooperatif dan kompetitif secara sehat;
  • Melatih sportivitas dan tanggung jawab para peserta didik dalam menyampaikan atau mengkomunikasikan ide/gagasan cerdas dalam mimbar ilmiah; 
  • Meningkatkan persatuan dan kesatuan antara peserta didik di seluruh Indonesia.

2. Tujuan Khusus

  • Meningkatkan budaya meneliti di kalangan siswa; 
  • Memperoleh data siswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang penelitian; 
  • Menjalin komunikasi antarsiswa peneliti dari berbagai daerah; 
  • Memilih siswa dari tiga bidang ilmu untuk diikutsertakan dalam berbagai lomba penelitian, forum ilmiah, serta publikasi nasional dan internasional; 
  • Memotivasi siswa untuk berkreasi dan berinovasi dalam penelitian pada berbagai bidang ilmu sesuai dengan minat dan bakatnya; 
  • Membangun integritas, gigih, sikap bertanggungjawab, peduli terhadap lingkungan, mandiri dan percaya diri; 
  • Meningkatkan kemampuan berpikir logis dan analitis, bekerjasama dalam kelompok, serta terampil menyajikan gagasan ilmiah baik secara lisan melalui presentasi maupun tulis melalui karya ilmiah;
  • Mensosialisasikan dan ter-apresiasikannya hasil penelitian siswa kepada masyarakat dan dunia usaha/industri. 

Sasaran

Sasaran KOPSI SMP tahun 2021 adalah peserta didik SMP/MTs/sederajat di seluruh wilayah Indonesia, dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).

Kamu bisa daftarkan dirimu dan timmu ke laman smp.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/kopsi/

Tema

Tema pelaksanaan KOPSI SMP Tahun 2021 adalah: “Menduniakan gagasan, Memulihkan Indonesia .

Bidang Kompetisi

Ruang lingkup KOPSI SMP tahun 2021 mencakup 3 (tiga) kategori bidang ilmu, yaitu:

1. Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan dan Seni

Bidang ini berkaitan dengan studi tentang masyarakat, yaitu cara orang berperilaku dan mempengaruhi dunia di sekitar, tentang kebajikan dan cinta kasih manusia terhadap sesama, serta tentang kegiatan atau produk manusia yang melibatkan imajinasi kreatif dalam mengungkapkan keindahan dan emosi.

2. Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan

Bidang ini berkaitan dengan pemahaman manusia secara sistematis terhadap gejala alam dalam bentuk konsep, prinsip, dan hukum yang teruji kebenarannya melalui suatu metode ilmiah. Termasuk dalam gejala alam adalah lingkungan, yaitu segala sesuatu berupa proses atau peristiwa di sekitar yang bersifat biotik maupun abiotik.

3. Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa

Bidang ini adalah tentang rancangan, yaitu pemikiran dan upaya membuat sesuatu untuk kepentingan manusia. Perwujudannya berupa produk teknologi.

Linimasa

Registrasi - 09 Jun s.d 31 Jul 2021

Unggah Naskah - 01 s.d 31 Aug 2021

Penjurian - 01 s.d 30 Sep 2021

Pengumuman - 01 s.d 30 Sep 2021

Penyelenggara

Penyelenggara KOPSI SMP tahun 2021 terdiri atas unsur-unsur sebagai berikut:

  1. Panitia Pusat: Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 
  2. Tim Juri: Lembaga penelitian pemerintah atau perguruan tinggi, dan Praktisi dalam bidang yang dilombakan. 
  3. Tim Teknologi Informasi.

Strategi Pelaksanaan

  1. KOPSI SMP tahun 2021 ini dilaksanakan dengan sistem daring/online karena kondisi sebagian besar wilayah Indonesia yang masih berzona merah/oranye/kuning dalam masa Pandemi Covid-19 dan masih berlakunya secara luas kebijakan PPKM. 
  2. Media pelaksanaan kompetisi menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh panitia pusat. 
  3. Pelaksanaan kompetisi harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Persyaratan

1. Persyaratan Peserta

  • Warga Negara Indonesia. 
  • Siswa SMP/MTs/sederajat, kelas VII atau VIII pada tahun ajaran 2020/2021. 
  • Peserta dapat perseorangan atau berkelompok (maksimum tiga orang) yang terdiri atas satu orang ketua dan sisanya anggota. 
  • Peserta berkelompok harus dari sekolah yang sama. 
  • Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu naskah penelitian terbaiknya. 
  • Setiap peserta harus mempunyai guru pembimbing. 
  • Naskah penelitian belum pernah diikutsertakan dalam lomba lain tingkat Nasional/International. 
  • Peserta ditetapkan sekolah dengan bukti surat keterangan kepala sekolah.

2. Persyaratan Guru Pembimbing

  • Guru pembimbing berperan memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa dalam penelitian, namun ide/gagasan dan isi naskah hasil penelitian tetap merupakan tanggung jawab peneliti.
  • Guru pembimbing mengajar di sekolah yang sama dengan peserta yang dibimbingnya. 
  • Bidang kompetensi guru pembimbing sesuai dengan bidang penelitian siswa.

Pendaftaran Peserta

  1. Pelaksanaan registrasi dilakukan melalui sistem aplikasi lomba Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada laman: smp.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id
  2. Pendaftaran dilakukan oleh sekolah dengan melengkapi data peserta KOPSI SMP secara akurat dan benar. Sekolah mengunggah pakta integritas/surat pernyataan siswa dan surat keterangan sekolah pada laman pendaftaran. 
  3. Sekolah memastikan data NISN peserta telah ter-update
  4. Format pakta integritas/surat pernyataan siswa dan surat keterangan sekolah dapat diunduh pada pada laman pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

Panduan Teknis KOPSI SMP 2021

Dengan memahami pedoman ini diharapkan peserta dan pihak-pihak lain dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sehingga kegiatan ini mencapai hasil secara optimal.

Hal-hal lain yang belum tercantum dalam petunjuk pelaksanaan tersebut akan ditentukan kemudian oleh panitia penyelenggara berupa surat keputusan tambahan, adendum atau aturan tambahan dalam perlombaan ini.

Lampiran

Surat Pernyataan Siswa/Peserta

Surat Keterangan Kepala Sekolah

Penutup

Keberhasilan penyelenggaraan Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI) SMP Tahun 2021 ditentukan oleh semua unsur yang berkepentingan dalam melaksanakan kegiatan secara tertib, teratur, penuh disiplin dan rasa tanggung jawab yang tinggi.

Semoga bermanfaat informasi mengenai KOMPETISI PENELITIAN SISWA INDONESIA (KoPSI 2021).

Terima Kasih.

Salam Literasi!

MENDUNIAKAN GAGASAN, MEMULIHKAN INDONESIA

Post a Comment for "KOMPETISI PENELITIAN SISWA INDONESIA (KoPSI 2021)"