Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Program Beasiswa UIII Resmi Dibuka untuk Mahasiswa Indonesia dan Internasional

 

Program Beasiswa-UIII-Resmi-Dibuka-untuk-Mahasiswa-Indonesia-dan-Internasional

Universitas Islam Internasional Indonesia resmi membuka pendaftaran Beasiswa UIII tahun ajaran 2021-2022. UIII merupakan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) pertama di Indonesia yang mengkhususkan diri pada studi pascasarjana. Ini merupakan momen bersejarah bagi UIII yang rencananya akan memulai program akademik pertamanya pada September 2021. UIII optimis dapat memfasilitasi pembelajaran online, offline atau hybrid mulai tahun ini.

Dalam jumpa pers pertama yang digelar di Apartemen Mahasiswa Kampus UIII, Senin (07/06), Prof Jamhari yang menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Penelitian dan Kelembagaan mengatakan pada tahun pertama, UIII akan memulai dengan empat fakultas, yaitu: Fakultas Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Pendidikan. Ia juga menyampaikan cita-cita besar UIII untuk berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia, salah satunya dengan memperkuat pengakuan internasional terhadap Studi Islam di Indonesia.

“UIII secara khusus bercita-cita menjadikan Indonesia sebagai tujuan studi alternatif bagi mereka yang ingin mendalami studi Islam. Mayoritas penduduk di Indonesia beragama Islam, namun belum mendapat perhatian yang layak secara akademis. Padahal Indonesia sudah menjadi negara yang baik. contoh Islam yang plural, modern, dan moderat,” ujarnya. 

Pada kesempatan ini, Bahrul Hayat, PhD selaku Wakil Rektor Bidang Akademik, Sumber Daya Manusia, dan Kemahasiswaan secara resmi meluncurkan Beasiswa UIII untuk mahasiswa angkatan pertama.

“UIII akan menerima 100 mahasiswa yang dibiayai sepenuhnya oleh Beasiswa UIII. Khusus untuk tahun akademik ini, semua beasiswa akan difokuskan kepada mahasiswa S2 di keempat fakultas. Beasiswa UIII terbuka untuk mahasiswa Indonesia dan internasional, baik Muslim maupun non-Muslim. -Muslim," jelasnya.

Periode pendaftaran akan berlangsung selama satu bulan, mulai dari 7 Juni 2021 hingga 7 Juli 2021. Seluruh mahasiswa dapat mengajukan lamaran secara online melalui website resmi UIII.

Di akhir konferensi pers, Al-Qamah Sabil dari tim ICT mendemonstrasikan cara mengajukan beasiswa melalui website sehingga calon lokal dan internasional dapat mencobanya nanti. Beasiswa UIII diberikan kepada individu berkaliber tinggi yang menunjukkan keunggulan akademik, menyajikan catatan kegiatan ko-kurikuler yang sangat baik, dan menunjukkan kualitas kepemimpinan yang luar biasa.

Ke depan, UIII berencana untuk memperluas sumber dan jumlah beasiswa melalui dana pemerintah Indonesia dan kemitraan dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri. Sebagai universitas internasional, seluruh kegiatan akademik dan pembelajaran di UIII akan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Khusus untuk Fakultas Agama Islam, bahasa Arab juga akan digunakan selain bahasa Inggris. Sementara itu, Bahasa Indonesia diwajibkan bagi mahasiswa yang menempuh studi dan penelitian di Indonesia dan Asia Tenggara untuk tesis dan disertasi.

UIII memiliki visi dan misi untuk berperan penting dalam pengembangan studi Islam dan masyarakat muslim, ilmu sosial, ekonomi dan bisnis, ilmu pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta arsitektur dan seni untuk kemaslahatan umat manusia. Oleh karena itu, lulusan UIII diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi masyarakatnya dan muncul sebagai pemimpin global yang dinamis yang mampu membawa perubahan positif di masyarakat dan menginspirasi orang lain.

Universitas Islam Internasional Indonesia

Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) (Bahasa Inggris: International Islamic University Indonesia (IIUI), Bahasa Arab: الجامعة الإسلامية العالمية بإندونيسيا) adalah salah sebuah universitas di Indonesia, didirikan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 57 Tahun 2016 tentang Pendirian Universitas Islam Internasional Indonesia sebagai perguruan tinggi berstandar Internasional yang menjadi model pendidikan tinggi Islam terkemuka dalam bidang studi agama Islam, ilmu-ilmu sosial, humaniora dan sains teknologi.

Pendirian UIII juga tidak lepas dari keinginan untuk meningkatkan pengakuan masyarakat akademik internasional atas peran Islam di Indonesia, dan menjadikan Indonesia menjadi salah-satu pusat peradaban Islam di dunia melalui jalur dan jenjang pendidikan tinggi yang memenuhi standar internasional.

Sebagai lembaga Pendidikan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) berbasiskan universalisme Islam, paling tidak ada beberapa hal yang utama yang penting dijelaskan sehubungan dengan UIII ini, yaitu:

Pertama, konteks dan karakteristik Islam di Indonesia sebagai model peradaban Islam. 

Kedua, pendirian UIII sebagai pusat peradaban Islam melalui pendidikan; 

Ketiga, kaitan UIII dengan integrasi ilmu, terutama cara pandang UIII berkaitan dengan epistemologi ilmu, model kajian yang berkaitan dengan Islam, dan model pengembangan kelembagaan; ketiga, UIII menjadi pusat kajian dan riset internasional dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Sarana dan Prasarana

1. Perpustakaan Pusat

Di dalam perpustakaan ini terdapat bermacam-macam sejarah yang berkaitan dengan agama Islam. Perpustakaan ini terletak di samping Museum Sejarah Nabi Muhammad.

2. Masjid Jami' Palestine Al-Indonesia

Masjid ini di bangun bertujuan untuk mengingat bangsa Palestine yang di tindas oleh Zionis Israel. Masjidil Aqsha yang menjadi kiblat pertama umat Islam telah di kuasai bahkan Umat Islam yang ingin beribadah disana di jaga ketat oleh Kepolisian Israel.

3. Museum Sejarah Nabi Muhammad

Di dalam Museum ini terdapat sejarah Nabi Muhammad SAW secara lengkap, silsilah Rasulullah, nilai-nilai Islam yang dibawanya bersumber dari Al-Qur'an dan Al-Hadits, peranan para sahabat Nabi. Museum ini dilengkapi dengan teknologi modern tiga dimensi (3D), hologram dan layar sentuh. Di museum juga akan dibangun miniatur Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Dua masjid tersebut akan menjadi pusat pelatihan manasik haji dan umrah nasional.

Terbitkan Perpres, Pemerintah Resmi Dirikan Universitas Islam Internasional Indonesia

Dengan pertimbangan dalam rangka meningkatkan pengakuan masyarakat akademik internasional atas Islam di Indonesia, dan menempatkannya sebagai salah satu unsur penting peradaban dunia, pemerintah memandang perlu menjadikan Islam di Indonesia sebagai pusat penelitian dan pengembangan, alternatif pemecahan masalah kemanusiaan, mozaik budaya dan peradaban dunia, serta inspirasi bagi terciptanya tata dunia baru yang damai, ramah, demoktratis, dan berkeadilan. 

Pemerintah memandang Indonesia perlu menjadi salah satu pusat peradaban Islam di dunia dan mengenalkannya kepada dunia internasional melalui jalur dan jenjang pendidikan tinggi yang memenuhi standar internasional. 

Atas dasar pertimbangan tersebut, Presiden Joko Widodo pada tanggal 29 Juni 2016 telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 57 Tahun 2016 tentang Pendirian Universitas Islam Internasional Indonesia. Dengan Peraturan Presiden tersebut, maka pemerintah mendirikan Universitas Islam Internasional Indonesia yang selanjutnya disingkat UIII. 

[UIII merupakan perguruan tinggi yang berstandar internasional dan menjadi model pendidikan tinggi Islam terkemuka dalam pengkajian keIslaman strategis yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Agama], bunyi Pasal 1 ayat (2) Perpres tersebut. 

Menurut Perpres tersebut, UIII dikelola sebagai perguruan tinggi negeri badan hukum, dan pembinaannya dilakukan secara teknis akademis oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama dan kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang Pendidikan Tinggi.

Sementara dalam mewujudkan perguruan tinggi yang berstandar internasional sebagaimana dimaksud dan dalam diplomasi luar negeri, difasilitasi oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hubungan luar negeri. 

Perpres itu juga menegaskan, UIII mempunyai tugas utama menyelenggarakan program magister dan doktor bidang studi ilmu agama Islam. 

Selain menyelenggarakan program pendidikan tinggi ilmu agama Islam sebagaimana dimaksud, menurut Perpres ini, UIII dapat menyelenggarakan program magister dan doktor bidang studi ilmu-ilmu sosial dan humaniora serta sains dan teknologi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Adapun pendanaan penyelenggaraan UIII, menurut Perpres ini, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan Non Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, dan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum. 

Ketentuan lebih lanjut mengenai penyelenggaraan dan pengelolaan UIII, menurut Perpres ini, diatur dengan peraturan menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang Agama dan peraturan menteri lain/pimpinan lembaga pemerintah non kementerian yang terkait sesuai dengan kewenangannya. 

[Peraturan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan], bunyi Pasal 5 Peraturan Presiden Nomor 57 Tahun 2016 yang telah diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly pada tanggal 29 Juni 2016 itu.

Terima Kasih dan semoga informasi di atas dapat bermanfaat...

Salam Literasi!


Sumber:
  • https://uiii.ac.id/news/57170/the-uiii-scholarships-program-is-officially-opened-for-indonesian-and-international-students
  • https://setkab.go.id/terbitkan-pepres-pemerintah-resmi-dirikan-universitas-islam-internasional-indonesia/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Islam_Internasional_Indonesia

Post a Comment for "Program Beasiswa UIII Resmi Dibuka untuk Mahasiswa Indonesia dan Internasional"