Kuliah Nol Rupiah? ke Politeknik Nuklir BRIN aja!

Table of Contents

Kuliah-Nol-Rupiah?-ke-Politeknik-Nuklir-BRIN-aja!

Blog Info Dapodik & Pendidikan. Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia menyediakan 120 kuota kuliah gratis untuk 3 (tiga) program studi, yaitu: 

  • Teknokimia Nuklir, 
  • Elektronika Instrumentasi, dan 
  • Elektro Mekanika. 

Ketiga program studi (prodi) tersebut memiliki spesifikasi keahlian yang berbeda-beda.

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur regular di Politeknik Nuklir Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Yogyakarta TA 2022/2023 sudah dibuka sejak 4 Febuari dan akan ditutup pada 31 Maret 2022. 

Hal ini menjadi peluang bagi talenta muda di seluruh Indonesia untuk dapat bergabung sebagai mahasiswa Politeknik Nuklir. 

“Poltek Nuklir BRIN ini memiliki keunikan, spesifik, dan satu-satunya Politeknik yang memiliki teknologi nuklir di Indonesia, ini menjadi kesempatan bagus bagi talenta muda Indonesia yang berminat mendalami bidang ketenaganukliran,” jelas Direktur Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia, Zainal Arief saat membuka BRIN Insight Every Friday (BRIEF) pada Jumat (18/2).

Ia menambahkan, informasi PMB Poltek Nuklir TA 2022/2023 ini sekaligus menjadi literasi bagi masyarakat dalam memahami hal-hal yang dapat dipelajari di Poltek Nuklir BRIN, serta memberi gambaran prospek lulusan nya di masa depan.

Sementara itu, jumlah pemanfaatan nuklir non-energi di Indonesia semakin meningkat. “Terdapat lebih dari 15 ribu izin pemanfaatan nuklir di bidang industri dan kesehatan di Indonesia, ini memberi peluang diperlukannya SDM Iptek nuklir,” jelas Muhtadan, Dosen Prodi Elektronika Instrumentasi Poltek Nuklir.

Menurutnya, dengan adanya kebijakan pemerintah mengenai revitalisasi Politeknik di tahun 2017, menjadikan Politeknik sebagai lembaga pendidikan vokasional dalam penyediaan SDM unggul dari perguruan tinggi dengan kompetensi yang diperlukan oleh dunia kerja.

Meskipun demikian, guna menyiapkan SDM unggul di bidang ketenaganukliran, Poltek Nuklir BRIN tidak dapat berdiri sendiri. 

“Kami tetap memerlukan adanya ekosistem industri nuklir di Indonesia yang didukung oleh lembaga riset, pemerintah, industri, dan ekosistem penting lainnya,” terang Doktor lulusan Teknik Elektro UGM tersebut.

Subsidi Biaya Pendidikan Nol Rupiah

Pada 2022 ini BRIN menerapkan kebijakan subsidi biaya pendidikan nol Rupiah bagi mahasiswa Poltek Nuklir Indonesia. 

“Kebijakan nol Rupiah ini sinergi dengan kebijakan BRIN dalam mewujudkan pengembangan talenta riset dan inovasi, yaitu melalui Manajemen Talenta Nasional (MTN) di bidang riset dan inovasi,” jelas Muhtadan. 

Menurutnya, BRIN telah menyusun skema yang mendukung terwujudnya MTN. Pada jenjang S1 ada riset tugas akhir dan MBKM, jenjang S2 terdapat riset tesis, jenjang S3 berupa riset disertasi, pasca doktoral bagi periset, serta peluang hibah riset dan infrastruktur riset bagi dosen dari perguruan tinggi.

Bagi mahasiswa Poltek Nuklir, komponen biaya pendidikan nol Rupiah tersebut telah mencakup biaya-biaya yang diperlukan selama menjalani perkuliahan.

Biaya pendaftaran, sarana-prasarana, ujian semester, KRS teori dan praktikum, SPP, dan wisuda sudah disubsidi sepenuhnya oleh BRIN, yaitu selama masa studi empat tahun atau delapan semester.

Kebijakan subsidi biaya pendidikan nol Rupiah ini juga memiliki benefit bagi BRIN dan masyarakat. 

“Kebijakan ini dalam rangka membuka kesempatan yang lebih luas lagi bagi mahasiswa yang memiliki minat untuk belajar tentang nuklir namun memiliki keterbatasan ekonomi, sedangkan bagi BRIN, kebijakan ini menjadi kesempatan untuk mendapatkan talenta-talenta yang akan disiapkan sebagai SDM unggul Iptek, khususnya di bidang ketenaganukliran,” papar Deputi Bidang SDM Iptek BRIN, Edy Giri Rachman Putra.

Dua Skema PMB Politeknik Nuklir

Pada PMB TA 2022/2023 ini Politeknik Nuklir Indonesia membuka dua skema program yaitu jalur regular dan alih jalur. 

Muhtadan memaparkan, “Jalur regular merupakan pemerimaan mahasiswa untuk program Sarjana Terapan Teknik dari lulusan SMA/ SMK/ Sederajat sebagai jalur perekrutan talenta yang direkomendasikan oleh sekolah, sedangkan program alih jalur adalah untuk meningkatkan kualifikasi dari lulusan D3 menjadi Sarjana terapan D4 bagi pegawai BRIN dengan status tugas belajar.”

Menurutnya, kuota jalur regular tahun 2022 ini adalah sebanyak 120 siswa yang terdistribusi ke dalam 3 (tiga) program studi yaitu Teknokimia Nuklir, Elektronika Instrumentasi, dan Elektro Mekanika. Ketiga program studi tersebut memiliki spesifikasi keahlian yang berbeda-beda. 

  • Lulusan Teknokimia Nuklir akan mampu melakukan rekayasa proses, ahli keselamatan dan proteksi radiasi, serta kemampuan entrepreneur. 
  • Lulusan Elektronika Instrumentasi dibekali kemampuan perekayasa sistem instrumentasi dan kendali, pengembangan teknologi nuklir, serta ahli keselamatan dan proteksi radiasi. 
  • Lulusan Elektro Mekanika dapat menjadi ahli perawatan Elektro Mekanika, pengelola/ pengawas proyek, rekayasa Elektro Mekanika, dan praktisi Elektro Mekanika.

Dalam kesempatan tersebut ia juga menyampaikan data serapan lulusan Poltek Nuklir di dunia kerja dalam kurun waktu 2015 hingga 2019. 

“Lebih dari 85% lulusan Poltek Nuklir terserap ke dunia kerja di sektor industri sebesar 53%, PNS, BUMN, wirausaha, dan sektor lainnya dengan rata-rata waktu serapan sekitar enam bulan setelah kelulusan,” tambahnya.

Pendaftar dapat mengakses portal pmb.polteknuklir.ac.id untuk menyelesaikan alur pendaftaran.

Perhatian:

Pendaftaran hanya bisa dilakukan sekali, pastikan dokumen telah siap sesuai ketentuan.

Persyaratan Pendaftaran PMB Politeknik Nuklir

Untuk siswa kelas XII/ kelas terakhir SLTA/ SMA/ SMK/ MAN/ Sederajat program eksakta tahun ajaran 2021/2022 bahwa Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia - Badan Riset dan Inovasi Nasional (d.h. Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir - Badan Tenaga Nuklir Nasional) Yogyakarta, membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) non-ikatan dinas Jalur Reguler Gelombang 1 dengan proses meliputi Seleksi Administrasi, Tes Tertulis, dan Wawancara.

Pendaftaran dimulai dari tanggal 4 Februari s.d. 31 Maret 2022 dengan persyaratan sebagai berikut:

  • Memiliki prestasi akademik dengan nilai rata-rata minimal 7,25 (tujuh koma dua lima) untuk skala 10 atau 2,9 (dua koma sembilan) untuk skala 4 pada mata pelajaran matematika, fisika, kimia, dan bahasa Inggris, atau masuk 10 besar di kelasnya yang dinyatakan dengan surat rekomendasi dari Kepala Sekolah;
  • Mempersiapkan berkas kelengkapan pendaftaran dalam bentuk arsip data komputer/ soft file (maksimal 2 MB/file) yang meliputi:
    • Surat Rekomendasi Kepala Sekolah/ Madrasah (format dapat diunduh pada menu Informasi portal PMB: https://bit.ly/pmb-polteknuklir-2022);

Gunakan Template di bawah ini untuk membuat surat rekomendasi Kepala Sekolah dicetak menggunakan kertas kop surat sekolah kemudian di tanda tangani oleh Kepala Sekolah/ Madrasah dan distempel. Lalu di scan warna.

Format Surat Rekomendasi Kepala Sekolah

    • Scan Rapor Semester 1 s.d. 5 atau 6 yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah/ Madrasah;
    • Scan Surat Keterangan Sehat;
    • Scan Surat Keterangan Tidak Buta Warna baik Parsial maupun Total;
    • Scan Ijazah/ Fotokopi Ijazah yang Dilegalisasi (jika ada);
    • Scan Sertifikat Bukti Prestasi Akademik maupun Non-Akademik;
    • Scan Dokumen yang Berisi Motivasi Kuliah di Poltek Nuklir Minimal Satu Paragraf dengan 1 Spasi (Font Times New Roman 12);
    • Pasfoto Background Warna Merah (ukuran maksimal 100 KB dengan format .jpg);
  • Pendaftar masuk ke portal PMB online dengan alamat https://bit.ly/pmb-polteknuklir-2022 untuk melakukan pendaftaran dan upload persyaratan;
  • Pendaftaran dan perkuliahan tidak dipungut biaya;
  • Pengumuman hasil seleksi administrasi dan pemanggilan peserta untuk mengikuti tes tertulis akan dilaksanakan pada tanggal 14 April 2022;
  • Tes Tertulis dilaksanakan pada tanggal 26 s.d. 28 April 2022 yang terdiri dari tes bakat (aptitude test) dan tes substansi. Tes Bakat akan dilaksanakan pada tanggal 26 April 2022 dan tes substansi berupa computer based test akan dilaksanakan pada tanggal 27 s.d. 28 April 2022);
  • Pengumuman lulus tes tertulis dan pemanggilan wawancara akan dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2022;
  • Tes Wawancara dilaksanakan pada tanggal 7 s.d. 8 Juni 2022;
  • Pengumuman calon mahasiswa yang diterima akan diumumkan melalui portal PMB pada tanggal 21 Juni 2022.

Surat Pengumuman PMB Poltek Nuklir 2022

Pengumuman Pemilihan Tempat Ujian

Mohon perhatian,

Bagi pendaftar yang sudah melengkapi berkas pendaftaran untuk tidak lupa mengisi kuesioner dan WAJIB memilih lokasi Ujian Aptitude dan Substansi dalam kuesioner tersebut.

Tutorial Cara Mendaftar PMB Politeknik Nuklir

Kode Voucher Pendaftaran

Berikut kami sampaikan kode voucher untuk melakukan regristrasi pembayaran, Silahkan dapat digunakan pada saat melakukan pendaftaran:

PIQYA0SPSX

Silahkan dilihat video tutorial cara melakukan pendaftaran PMB Politeknik Nuklir di bawah ini:

Tutorial Pendaftaran PMB Politeknik Nuklir

Untuk informasi lebih lanjut terkait PMB Politeknik Nulir TA 2022/2023 dapat menghubungi platform komunikasi resmi Politeknik Nuklir melalui email polteknuklir@brin.go.id dan pmb-polteknuklir@brin.go.id.

Semoga bermanfaat.

Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.


WASPADA PENIPUAN!

Poltek Nuklir tidak pernah kontak langsung ke pendaftar atau orang tua pendaftar. Semua informasi melalui akun/nomor resmi Poltek Nuklir. Waspadai oknum yang meminta uang/ menjanjikan diterima di Poltek Nuklir. Informasi yang diinputkan di sistem kami tersimpan secara aman dan tidak kami sebar luaskan.

SELURUH PROSES PMB Rp. 0,00

Kecuali Tes TPA.


Sumber:
brin.go.id
pmb.polteknuklir.ac.id

Post a Comment