Widget HTML #1

Kumpulan Pedoman Pelaksanaan LDBI & NSDC Jenjang SMA/MA

Pedoman Pelaksanaan LDBI & NSDC Jenjang SMA/MA

LDBI adalah Lomba Debat Bahasa Indonesia
NSDC adalah National Schools Debating Championship

INFO DAPODIK & PENDIDIKAN. LDBI dan NSDC merupakan lomba debat bagi peserta didik jenjang pendidikan menengah yang mempunyai bakat dan minat dalam bidang debat.

Latar Belakang LDBI & NSDC

Salah satu kompetensi yang berkembang saat ini di kalangan generasi muda adalah kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, yang didukung dengan kemampuan analitis dan berfikir kritis atau yang biasa kita sebut critical thinking.

Dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan kompetensi peserta didik di bidang komunikasi, Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menyelenggarakan program kompetisi debat yakni Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National Schools Debating Championship (NSDC).

LDBI dan NSDC merupakan lomba debat bagi peserta didik jenjang pendidikan menengah yang mempunyai bakat dan minat dalam bidang debat.

Kompetisi ini merupakan ajang unjuk kemampuan dan kreativitas berdebat dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan tentang isu-isu global masa kini dengan dukungan kemampuan berpikir kritis, analitis, logis serta mampu mengembangkan potensi secara menyeluruh dan seimbang pada semua aspek kecerdasan.

Sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Pusat Prestasi Nasional untuk menyiasati kondisi tersebut agar kompetisi debat tetap dapat dilaksanakan.

Oleh sebab itu, Pusat Prestasi Nasional akan menyelenggarakan kompetisi LDBI dan NSDC secara daring (online).

Pedoman Teknis ini menjelaskan langkah-langkah yang menjadi pilihan terbaik pelaksanaan seleksi dengan tetap memperhatikan dan mewajibkan pelaksanaan Protokol Covid-19, yang ditetapkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Program ini diharapkan mampu memperoleh potensi-potensi peserta didik yang unggul di bidang debat, dan berkesempatan untuk tampil menunjukan kemampuannya di tingkat internasional.

Pedoman Pelaksanaan LDBI & NSDC Jenjang SMA/MA Tahun 2021

Sasaran kegiatan ini adalah peserta didik SMA/ MA/ sederajat di seluruh Indonesia dan wilayah Sekolah Indonesia Luar Negeri, yang telah lolos seleksi LDBI dan NSDC tingkat Provinsi dan wilayah untuk SILN.

Adapun Tema Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National Schools Debating Championship (NSDC) tahun 2021 adalah Speak of Your Mind, Speak for Indonesia.”

Ruang lingkup LDBI dan NSDC tahun 2021 ini meliputi:

  • Bidang Sains dan Teknologi, Sosial, Budaya, Ekonomi, Hukum dan Politik yang dilombakan pada debat dalam bentuk bahasa Indonesia dan bahasa Inggris,
  • Jangkauan wilayah sasaran: semua kabupaten/kota dalam lingkup 34 provinsi di Indonesia dan satuan pendidikan Indonesia di luar negeri,
  • Keterlibatan penyelenggara: Pusat Prestasi Nasional, Dinas Pendidikan Provinsi, LPMP, Atase Pendidikan RI yang menaungi satuan pendidikan diwilayahnya dan Gugus Tugas Covid-19 Pusat & Daerah
  • Lingkup proses, yang meliputi:
    • penyiapan panduan umum dan panduan teknis pelaksanaan LDBI dan NSDC dalam masa Pandemi Covid-19 sesuai protokol kesehatan Covid-19,
    • pelaksanaan kompetisi oleh peserta dari rumah dengan mekanisme daring,
    • pengawasan lomba oleh unsur daerah, pusat, dan memanfaatkan bantuan teknologi,
    • penilaian oleh tim juri dari penyelenggara pusat (PUSPRESNAS), dan
    • pengambilan keputusan pemenang kompetisi dan pengumuman nya.

Pedoman LDBI dan NSDC Tahun 2021

Pedoman Pelaksanaan LDBI & NSDC Jenjang SMA/MA Tahun 2022

Sasaran kegiatan ini adalah peserta didik SMA/ MA/ sederajat di seluruh Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yang memiliki bakat dan minat di bidang debat.

Adapun untuk Tema Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National Schools Debating Championship (NSDC) tahun 2022 adalah “Speak of Your Mind, Speak for Indonesia”.

Selanjutnya, Kompetisi debat meliputi Lomba Debat Bahasa Indonesia dan National Schools Debating Championship, yang masing-masing memiliki format yang berbeda, yaitu sebagai berikut:

  • Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) menggunakan format debat Parlemen Asia.
  • National Schools Debating Championship (NSDC) menggunakan format World Schools dan menjadi ajang seleksi untuk lomba debat tingkat dunia atau World Schools Debating Championship (WSDC).

Informasi selengkapnya mengenai LDBI & NSDC dapat dilihat dan diunduh Pedoman Pelaksanaan LDBI & NSDC Jenjang SMA/ MA Tahun 2022 di bawah ini. 

Pedoman LDBI dan NSDC Tahun 2022

Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.

Post a Comment for "Kumpulan Pedoman Pelaksanaan LDBI & NSDC Jenjang SMA/MA"