Struktur Kurikulum Merdeka Pada Jenjang SMK/ MAK

Table of Contents

Struktur Kurikulum Merdeka


INFO DAPODIK & PENDIDIKAN - Struktur Kurikulum Merdeka Pada Jenjang SMK/ MAK merupakan judul dari tulisan kali ini.

Struktur Kurikulum Merdeka Pada Jenjang SMK/ MAK adalah tema dari informasi yang akan Admin bagikan kepada Anda pada kesempatan ini.

Maka dari itu, silahkan Anda simak penjelasan dari Struktur Kurikulum Merdeka Pada Jenjang SMK/ MAK di bawah ini ya...


Struktur Kurikulum SMK/ MAK

Struktur kurikulum merdeka pada jenjang SMK/ MAK terbagi menjadi 2 (dua), yaitu sebagai berikut:

  • Pembelajaran intrakurikuler; dan
  • Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang dialokasikan dari total JP mata pelajaran umum dan beberapa mata pelajaran pilihan per tahun.


Pembelajaran Intrakurikuler di SMK/ MAK

Pembelajaran intrakuler di SMK/ MAK pun terbagi menjadi 2 (dua), yaitu kelompok mata pelajaran umum dan kejuruan.

Kelompok Umum

Kelompok mata pelajaran yang berfungsi membentuk murid menjadi pribadi yang utuh, sesuai fase perkembangannya. 

Murid diharapkan memiliki norma-norma kehidupan sebagai makhluk individu dan makhluk sosial, sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia.

Beberapa mata pelajaran yang termasuk dalam kelompok umum adalah sebagai berikut:

Projek IPAS

Mata pelajaran yang mengembangkan literasi sains dengan aspek-aspek ilmu pengetahuan alam dan sosial. 

Mata pelajaran ini disampaikan dalam tema-tema kehidupan yang kontekstual dan aktual.

Bahasa Inggris dan Matematika

Di kelas 10, kedua mata pelajaran ini berisi materi umum dan dasar. 

Sementara di kelas 11 dan 12, fokus dua mata pelajaran ini adalah pendalaman materi secara kontekstual terhadap substansi kejuruan pada masing-masing Program Keahlian. Keahlian.

Informatika

Mata pelajaran ini dirancang sama dengan satuan pendidikan lain tapi bisa disesuaikan dengan Program Keahlian peserta didik.

Kelompok Kejuruan

Kelompok mata pelajaran yang berfungsi membentuk murid agar memiliki kompetensi sesuai perkembangan dunia kerja, serta ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya.

Beberapa mata pelajaran Kelompok Kejuruan yang ada di SMK/ MAK yaitu sebagai berikut:

Mata Pelajaran Kejuruan

Di kelas 10, Mata Pelajaran Kejuruan berpusat pada pelajaran dasar-dasar Program Keahlian. 

Di kelas 11 dan 12, mata pelajaran ini mencakup kelompok unit kompetensi yang dikembangkan secara lebih teknis sesuai Konsentrasi Keahlian yang dipilih.

Mata Pelajaran Kreatif dan Kewirausahaan

Mata pelajaran ini menjadi alat bagi murid untuk mengaktualisasikan dan mengekspresikan kompetensi yang dikuasai. 

Hal ini dilakukan melalui pembuatan produk atau pekerjaan layanan jasa secara kreatif dan bernilai ekonomis.

Mata Pelajaran Pilihan

Mata pelajaran yang dipilih oleh murid sesuai dengan renjana (passion) untuk pengembangan diri, melanjutkan pendidikan, berwirausaha, maupun bekerja pada bidang yang dipilih. 

Murid dapat mendalami mata pelajaran kejuruan di konsentrasi keahliannya, mata pelajaran kejuruan lintas konsentrasi keahlian, mata pelajaran umum, atau mata pelajaran kelompok pilihan yang diajarkan di fase F SMA/ MA.


Pemilihan Konsentrasi Pada Satu Program Keahlian

Ada beberapa hal terkait pemilihan konsentrasi pada satu Program Keahlian yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut:

  • Pemilihan konsentrasi dilakukan berdasarkan kebutuhan tenaga kerja di dunia kerja yang menjadi sasaran murid.
  • Satu program keahlian bisa mencakup satu atau lebih konsentrasi.
  • Jika ada konsentrasi yang berbeda dalam satu program keahlian, maka akan diselenggarakan dalam rombongan belajar yang berbeda.


Penataan Mata Pelajaran di SMK

Bahwa dalam penataan mata pelajaran di SMK terdapat beberapa alokasi waktu yang telah ditentukan, yaitu sebagai berikut:

  • Alokasi waktu mata pelajaran SMK/MAK kelas 10
  • Alokasi waktu mata pelajaran SMK/MAK kelas 11
  • Alokasi waktu mata pelajaran SMK/MAK kelas 12 (Program 3 Tahun)
  • Alokasi waktu mata pelajaran SMK/MAK kelas 12 (Program 4 Tahun)
  • Alokasi waktu mata pelajaran SMK/MAK kelas 13 (Program 4 Tahun)

Untuk informasi dan penjelasan selengkapnya terkait Struktur Kurikulum Merdeka pada SMK/ MAK dapat Anda lihat flyer nya pada tab tautan di bawah ini:


Struktur Kurikulum Merdeka SMK/ MAK


Penjelasan Struktur Kurikulum SMK/ MAK Secara Umum

Berikut di bawah ini adalah beberapa penjelasan struktur kurikulum SMK/ MAK secara umum:

  • Struktur kurikulum dibagi menjadi 2 bagian utama, yaitu Kelompok Mata Pelajaran Umum (A) dan Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan (B).
  • Kelompok Mata Pelajaran Umum (A) merupakan kelompok mata pelajaran yang berfungsi membentuk murid menjadi pribadi utuh, sesuai dengan fase perkembangan, serta berkaitan dengan norma-norma kehidupan, baik sebagai makhluk yang Berketuhanan Yang Maha Esa, individu, sosial, warga negara Kesatuan Republik Indonesia, maupun sebagai warga dunia.
  • Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan (B) merupakan kelompok mata pelajaran yang berfungsi membentuk murid sebagai individu agar memiliki kompetensi sesuai kebutuhan dunia kerja, serta ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya.
  • Mata Pelajaran Informatika berisi berbagai kompetensi untuk menunjang keterampilan berpikir kritis dan sistematis guna menyelesaikan beragam permasalahan umum.
  • Mata Pelajaran Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial berisi muatan tentang literasi ilmu pengetahuan alam dan sosial yang diformulasikan dalam tema-tema kehidupan yang kontekstual dan aktual.
  • Mata Pelajaran Kejuruan yang dipelajari di kelas 10 merupakan mata pelajaran dasar-dasar Program Keahlian.
  • Pada program 3 tahun, Mata Pelajaran Kejuruan yang dipelajari di kelas 11–12 merupakan mata pelajaran dalam konsentrasi keahlian tertentu.
  • Pada program 4 tahun, Mata Pelajaran Kejuruan yang dipelajari di kelas 11–13 merupakan mata pelajaran dalam konsentrasi keahlian tertentu.
  • Mata Pelajaran Kejuruan berisi elemen-elemen pembelajaran minimum dan dapat ditambah oleh satuan pendidikan bersama mitra dunia kerja sesuai kebutuhan dunia kerja.
  • Mata Pelajaran Projek Kreatif dan Kewirausahaan merupakan wahana pembelajaran bagi murid melalui pendekatan pembelajaran berbasis projek untuk mengaktualisasikan dan mengekspresikan kompetensi yang dikuasai pada kegiatan pembuatan produk/ pekerjaan layanan jasa secara kreatif dan bernilai ekonomis.
  • Pada program 3 tahun, Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan mata pelajaran yang dilaksanakan secara blok dan direncanakan pelaksanaannya di kelas 12 selama 6 bulan, atau 18 minggu, dengan asumsi 46 JP per minggu.
  • Pada program 4 tahun, PKL merupakan mata pelajaran yang dilaksanakan secara blok dan direncanakan pelaksanaannya di kelas 13 selama 10 bulan, atau 27–28 minggu, dengan asumsi 46 JP per minggu.
  • Mata pelajaran PKL merupakan wahana pembelajaran di dunia kerja untuk memberikan kesempatan kepada murid untuk meningkatkan penguasaan kompetensi teknis (technical skills) sesuai dengan konsentrasi keahliannya, serta menginternalisasi karakter dan budaya kerja (soft skills).
  • Pelaksanaan mata pelajaran PKL mengacu pada panduan yang ditetapkan oleh pemimpin unit utama yang membidangi pendidikan vokasi.
  • Mata Pelajaran Pilihan merupakan mata pelajaran yang dipilih oleh murid berdasarkan rencana (passion) untuk pengembangan diri, baik untuk berwirausaha, bekerja pada bidangnya, maupun melanjutkan pendidikan. 

Contoh: Mata pelajaran Bahasa Asing selain Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, atau mata pelajaran kejuruan lain di luar konsentrasi keahliannya.

  • Pelaksanaan Mata Pelajaran Pilihan diatur lebih lanjut oleh pemimpin unit utama yang membidangi kurikulum, asesmen, dan perbukuan.
  • Satuan pendidikan dan/atau pemerintah daerah dapat menambahkan muatan tambahan sesuai kebutuhan peserta didik, dunia kerja, dan karakteristik satuan pendidikan dan/atau daerah secara fleksibel.
  • Muatan pelajaran kepercayaan untuk penganut Kepercayaan kepada Tuhan YME dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai layanan pendidikan kepercayaan kepada Tuhan YME.
  • Satuan pendidikan penyelenggara pendidikan inklusif di SMK/ MAK menyediakan layanan program kebutuhan khusus sesuai kondisi peserta didik.
  • Proses mengidentifikasi dan menumbuhkembangkan minat, bakat, dan kemampuan murid dilakukan oleh guru yang dikoordinasikan oleh guru BK. Jika ketersediaan guru BK belum mencukupi, maka koordinasi dilakukan oleh guru lain.


Demikianlah penjelasan dan informasi di atas mengenai Struktur Kurikulum Merdeka Pada Jenjang SMK/ MAK yang telah Admin bagikan kepada Anda, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.

Post a Comment