Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Panduan Input Nilai Rapor [dapat dilihat pada] Dapodik Versi 2017.C

 

Panduan-Input-Nilai-Rapor-[dapat-dilihat-pada]-Dapodik-Versi-2017.C

Sistem pendataan Dapodik dari tahun ke tahun selalu meningkatkan  kualitas sistem pendataan untuk kebutuhan pemanfaatan program pembangunan pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pemutakhiran Aplikasi Dapodik yang terus berkembang serta verifikasi dan validasi data diperlukan guna memenuhi kebutuhan data yang benar, lengkap, mutakhir, dan akurat dalam perencanaan program pembangunan pendidikan.

Data dari sistem pendataan Dapodik digunakan oleh program utama Kementerian seperti BOS, Aneka Tunjangan Guru, Ujian Nasional, Rehab, Bantuan RKB, dan program lainnya. Dan satu lagi yang penting adalah Program Pendataan Nilai Peserta Didik. Program pendataan nilai peserta didik dimulai pada Dapodik Versi 2017.b, pada versi tersebut untuk jenjang satuan pendidikan SD dan SLB belum terakomodasi. 

Pada Dapodik Versi 2017.C semua jenjang [SD - SMP - SMA - SMK - SLB] mulai terakomodasi, dan biasanya pada semester genap fitur pendataan nilai untuk peserta didik dibuka kunciannya.


Panduan-Input-Nilai-Rapor-[dapat-dilihat-pada]-Dapodik-Versi-2017.C

Nilai

Pendataan nilai peserta didik ditujukan bagi satuan pendidikan dibawah DITJEN DIKDASMEN KEMENDIKBUD yaitu satuan pendidikan pada jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Penginputan nilai untuk masing-masing jenjang menggunakan aplikasi yang telah disediakan masing-masing direktorat pembinaan.

Panduan teknis pengisian nilai pada aplikasi erapor dapat diunduh di laman yang telah tersedia. 

  • Panduan teknis pengisian erapor jenjang SMP: http://ditpsmp.kemdikbud.go.id/erapor/ 
  • Panduan teknis pengisian erapor jenjang SMA: http://gerbangkurikulum.psma.kemdikbud.go.id/e-rapor/ 
  • Panduan teknis pengisian erapor jenjang SMK: 

✓ http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2472/kabar-gembira-pembaruan-aplikasi-mpd-smk-versi-20171.

✓ http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2836/direktorat-pembinaan-smk-merilis-e-rapor-smk-terbaru-dan-melakukan-survei-pengguna-e-rapor.

Kewenangan input data nilai diberikan kepada operator sekolah sebagai petugas pendataan di sekolah serta kepada guru mata pelajaran. 

Panduan-Input-Nilai-Rapor-[dapat-dilihat-pada]-Dapodik-Versi-2017.C

Menu nilai menggunakan data relasional, sehingga bergantung pada kelengkapan data relasinya. Dalam proses Untuk mengisi data nilai, terdapat beberapa data yang perlu dipastikan sudah tepat dan lengkap, yaitu:

  • Pemilihan kurikulum di rombongan belajar (KTSP/Kurikulum 2013) 
  • Anggota rombongan belajar 
  • Pembelajaran

Persiapan data ini berguna untuk menghindari adanya error dikarenakan terdapat data relasi menu nilai yang tidak lengkap. Berikut adalah contoh peringatan karena belum diisinya data rombongan belajar dan pembelajaran.

Panduan-Input-Nilai-Rapor-[dapat-dilihat-pada]-Dapodik-Versi-2017.C

Tabulasi nilai di aplikasi Dapodikdasmen menampilkan data penginputan nilai dari semester sebelumnya. Sekolah dapat menginput nilai sebelumnya dengan memilih semester yang akan diinput nilainya. Jika mata pelajaran yang akan diberikan nilai tidak tampil, maka penginputan nilai untuk mata pelajaran di semester tersebut tidak perlu diinput.

Panduan-Input-Nilai-Rapor-[dapat-dilihat-pada]-Dapodik-Versi-2017.C

Rapor

Nilai Rapor

Dalam rangka menjaring data nilai yang memiliki kualitas baik maka disusun prosedur penggunaan aplikasi Dapodik. Prosedur ini diharapkan diikuti oleh sekolah dalam pelaksanaan pendataan nilai peserta didik. Kegiatan yang dilakukan meliputi proses persiapan dan proses input nilai. Berikut adalah prosedur penginputan nilai rapor:

Panduan-Input-Nilai-Rapor-[dapat-dilihat-pada]-Dapodik-Versi-2017.C
Pengisian setiap Semester Genap

Proses penginputan nilai rapor dilakukan setiap semester genap.

US/USBN

Nilai US/USBN

Dalam rangka menjaring data nilai yang memiliki kualitas baik maka disusun prosedur penggunaan aplikasi Dapodik. Prosedur ini diharapkan diikuti oleh sekolah dalam pelaksanaan pendataan nilai peserta didik. Kegiatan yang dilakukan meliputi proses persiapan dan proses input nilai. Berikut adalah prosedur penginputan nilai US/USBN.

Panduan-Input-Nilai-Rapor-[dapat-dilihat-pada]-Dapodik-Versi-2017.C

Pengisian Setiap Semester Genap Tingkat Akhir

Proses penginputan nilai US/USBN dilakukan setiap semester genap di tingkat akhir. 

Kesimpulan

Mengingat pentingnya peng-inputan nilai rapor peserta didik yang merupakan salah satu program Kemdikbud dalam pembangunan pendidikan, maka seyogyanya seluruh satuan pendidikan dari semua jenjang melaksanakan penginputan nilai rapor peserta didiknya. Bagi satuan pendidikan yang belum menggunakan e-Rapor dapat menggunakan fitur input nilai pada aplikasi dapodik yang dibuka kunciannya hanya pada setiap semester genap setiap tahunnya sampai saat ini.

Di panduan Aplikasi Dapodik Versi 2017.C secara rinci dijelaskan bagaimana cara peng-inputan nilai rapor melalui Aplikasi Dapodik. Dan sampai saat ini saya rasa masih relevan karena di versi tersebut terletak dasar-dasarnya yang menjadi kunci acuan para operator sekolah dan satuan pendidikan dalam peng-inputan nilai rapor disetiap tahunnya. Dan yang perlu dicatat, Panduan Peng-inputan Nilai Peserta Didik tidak dicantumkan dan dijelaskan disetiap tahunnya ketika Aplikasi Dapodik rilis.

Ada beberapa operator sekolah yang sering menanyakan, "apa sih pentingnya menginput nilai rapor peserta didik?". Sebagai bahan Literasi, silahkan dilihat kembali Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah.

Bagi operator sekolah yang belum mengalami Aplikasi Versi 2017.C bisa di-unduh Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2017.b dan Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2017.C sebagai bahan referensi dan acuan dalam peng-inputan nilai rapor peserta didik. Untuk operator sekolah baru/newbie, untuk menjadi operator sekolah yang berpengalaman semua berawal dari nol...💪

Semoga artikel ini dapat membantu "petugas" pendataan baik yang masih baru dan sudah berpengalaman untuk mensukseskan pendataan di setiap tahun pelajaran.

Salam Literasi!

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia

Unduh File:

Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2017.b

Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2017.C

Post a Comment for "Panduan Input Nilai Rapor [dapat dilihat pada] Dapodik Versi 2017.C"