Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Membuat Pengunjung Betah di Blog

 

Membuat-Pengunjung-Betah-di-Blog

Salah satu cara agar kita memiliki pengunjung tetap di blog adalah dengan membuat pengunjung merasa nyaman berada di blog kita. Sehingga dia betah saat membaca artikel di blog kita yang selanjutnya blog kita akan memiliki tempat di hati para pembaca.

Membuat blog yang mendapat trafik yang tinggi bukanlah perkara yang mudah. Apalagi jika kita mengharapkan pengunjung yang datang mau berlama-lama berada di blog kita. Seperti layaknya sebuah tempat di kehidupan nyata, seseorang memang bisa merasa betah berlama-lama atau tidak betah di tempat tersebut. Dalam dunia maya, terutama dalam sebuah blog pengunjung pun bisa merasakan dua hal tadi.

Tentunya kita sebagai blogger sangat mengharap bahwa pengunjung yang datang ke blog kita bisa betah berlama-lama. Karena jika rata-rata pengunjung blog kita betah berlama-lama maka kita memiliki kemungkinan untuk bisa mendapatkan trafik yang lebih besar lagi. Lalu bagaimanakah caranya agar sebuah blog bisa membuat para pengunjung yang datang bisa betah berlama-lama di dalamnya? 

Selain jumlah pengunjung yang banyak, salah satu mimpi seorang blogger pasti ingin pengunjung betah berada di blog. Biasanya banyaknya dan lamanya pengunjung berada di blog kita bisa dilihat di dashboard statistik dan alat analisis lainnya. Kita pasti ingin membuat pengunjung berlama-lama di blog kita, bukan?

Namun sayangnya ada banyak faktor yang membuat pengunjung blog enggan untuk berlama-lama di blog kita. Nah, pada artikel kali ini akan diulas berbagai tips agar pengunjung blog betah di blog kita. Silahkan disimak ulasannya dibawah ini.

Kualitas Artikel atau Konten

Artikel adalah suatu sebuah karangan atau ketikan secara lengkap dan panjang yang bertujuan untuk memberikan sebuah informasi dari tulisan kepada pembaca. Manfaat menulis artikel selain kegiatan menyenangkan di dunia bloging, yaitu bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi si penulis tersebut, dan menulis artikel juga bisa mendapatkan peluang bagi para blogger untuk bisa menghasilkan uang dari blog. Lalu tujuan menulis artikel itu sebenarnya untuk bisa membuat pembaca menjadi tau apa manfaat dari tulisan itu, selain itu kita harus pintar-pintar dalam mengelola SEO agar artikel kita bisa berada di halaman pertama Google, caranya bagaimana agar artikel kita bisa berada di page one Google.

Kualitas artikel tentu menjadi poin utama. Semua pengunjung di blog kita pasti lebih suka baca artikel yang isinya “enak dibaca”, pembawaannya santai, tidak berbelit belit, dan isi sesuai dengan judul. Jadi tidak click bait. Akan lebih baik lagi jika kita bisa menentukan gaya tulisan kita sendiri dan selanjutnya itu akan menjadi ciri khas tulisan kita. Jadi ketika tulisan kita di copy paste media lain pun mereka akan mengetahui kalau itu gaya tulisan kita.

Untuk membuat pengunjung betah yaitu adanya artikel yang bermanfaat. Pengunjung akan semakin betah jika menemukan informasi-informasi yang bermanfaat disebuah website atau blog. Faktor ini yang membuat pengunjung betah berlama-lama di blog kita, bahkan pengunjung tidak akan sungkan untuk mengunjungi kembali blog kita.

Buatlah artikel yang berkualitas dan dapat bermanfaat kepada pembaca, agar pembaca juga puas untuk membaca artikel kita. Jadi mulai sekarang jika kita seorang blogger, perbaiki kualitas artikel kita.

Perbanyak Konten yang Berkualitas

Memperbanyak konten berkualitas juga berpengaruh agar pengunjung blog betah berlama-lama dan membuat blog ramai dikunjungi, bahkan akan terjadi peningkatan pengunjung yang signifikan apabila blog dipenuhi dengan berbagai konten. Maka dari itu buatlah konten yang berkualitas.

Berikut tips untuk membuat konten yang berkualitas:

  • Panjang artikel minimal 300 kata.
  • Enak untuk dibaca.
  • Judul sesuai dengan isi.
  • Artikel memberikan jawaban dan solusi.
  • Mengedukasi (memberikan informasi yang akurat, relevan, dan bisa dipertanggungjawabkan).

Fokus pada Topik tertentu

Salah satu cara agar pengunjung betah berada di blog kita adalah dengan membuat konten atau artikel dengan topik yang sama. Hal ini akan membuat pengunjung blog terus-menerus membaca artikel yang kita miliki. Semakin fokus topik pada setiap artikel, maka akan semakin banyak juga kesempatan pengunjung blog membaca artikel-artikel kita. Yang artinya, mereka akan meluangkan waktu lebih lama berada di blog kita.

Font mudah untuk dibaca

Faktor lain yang membuat blog ramai dikunjungi dan tentu saja pengunjung betah di blog kita adalah dengan memilih font konten atau artikel dengan font yang mudah dibaca. Usahakan ukuran font tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

Untuk membuat tulisan semakin enak dibaca, gunakan juga subheading di setiap artikel atau konten yang akan kita tulis, berikut contohnya:

Font H1 untuk judul

Font H2 untuk subjudul

Font H3 untuk judul 1

Font H4 untuk judul 2

Font H5 untuk judul 3

dan seterusnya.

Loading Blog Cepat

Salah satu faktor pendukung yang membuat pengunjung betah untuk berada di blog adalah karena loading blog yang cepat. Pengunjung malah akan sangat jengkel jika loading blog sangat lama. Bahkan jika loading blog terlalu lama, pengunjung pasti akan langsung keluar dari blog kita.

Akses masuk yang terlalu lama membuat pengunjung cepat meninggalkan blog kita. Karena para pengunjung tidak suka menunggu terlalu lama, apalagi bagi pengunjung yang koneksi internetnya minim. Karena pengunjung tersebut akan sangat kesulitan untuk membuka blog kita. Oleh karena itu, hindari penggunaan animasi, gambar, video yang terlalu besar sizenya agar blog kita tidak terlalu berat untuk di buka dan mudah diakses oleh para pengguna internet.

Untuk itu pastikan blog selalu dalam performance yang maksimal. Dengan loading blog yang cepat, kita juga berpotensi untuk membuat blog ramai dikunjungi. Untuk mengetahui seberapa cepat blog kita, kita bisa mengunjungi Google Page Speed Insight.

Berikut ini beberapa tips agar loading blog kita semakin cepat:

  • Pilih tema blog yang efisien.
  • Kompres gambar sebelum diupload.
  • Uninstall plugin yang tidak penting.
  • Gunakan plugin W3 Total Cache Plugin.
  • Pilih penyedia layanan hosting yang berkualitas.

Pilihlah Hosting yang Tepat

Blog yang cepat saat diakses biasanya lebih disukai pengunjung. Akses yang cepat sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor. Antara lain jangan mengupload terlalu banyak gambar dengan kualitas super HD, karena itu akan memakan waktu lama untuk di-load. Terutama jika blogmu lebih ke konten artikel. Jangan pula memakai terlalu banyak javascript eksternal. Blog tidak perlu “meriah”, saya sendiri lebih suka tampilan yang simpel. Dan faktor lain untuk mempercepat akses adalah kualitas dari hosting yang kalian pilih. Jadi disini kita bicara tentang blogger yang menggunakan hosting sendiri, bukan pengguna Blogger.com.

Hindarkan Blog kita dari Error

Karena pengunjung tidak suka dengan blog yang sering error. Maka dari itu harus dipastikan blog kita tidak ada link yang error. Dan juga pastikan untuk memilih hosting yang tidak sering down. Jika hosting kita sering down, maka blog kita tidak dapat dikunjungi oleh para pengunjung atau para pengguna internet, sehingga mereka akan enggan untuk kembali lagi ke blog kita dan tentunya ini akan merugikan blog yang kita miliki.

Tampilan Blog harus Responsive

Blog harus responsif. Sehingga blog bisa diakses kapanpun menggunakan perangkat apapun. Cara mengecek apakah blog responsif atau tidak adalah dengan membuka website pada berbagai perangkat. Apakah tampilannya menyesuaikan dengan perangkat yang kita pakai atau tidak. Jika tampilan blog menyesuaikan dengan perangkat yang kita gunakan, itu berarti blog kita responsif.

Selanjutnya, membuat pengunjung betah dengan tampilan yang user friendly, diantaranya harus Mobile Friendly artinya situs atau blog kita bisa diakses dengan nyaman oleh pengguna smartphone. Tampilannya tidak kacau. Karena sekarang masih banyak blog populer yang tidak support mobile friendly, jadi hanya bagus ketika diakses di PC/komputer atau laptop saja. Selain Mobile Friendly, blog kita juga harus menghindari tampilan iklan yang mengganggu. Menampilkan iklan yang menganggu seperti flash, pop up, dan sejenisnya akan membuat pengunjung kita kabur. Oh iya satu lagi, jangan memaksa pengunjung untuk meng-klik iklan yang ada di blog kita.

Selain itu membuat blog ramai dikunjungi. Dengan tampilan yang responsif dan bisa menyesuaikan berbagai gadget, maka pengunjung blog akan betah berada di blog kita.

Desain Blog yang Menarik

Kesan pertama pengunjung yang diperoleh dari tampilan blog kita. Tampilan blog yang menarik bukan berarti harus penuh warna dan penuh dengan iklan. Buatlah tampilan blog kita dengan warna yang nyaman dimata, tidak terdapat banyak link yang membingungkan pengunjung, navigasi diatur secara rapi, serta tidak terlalu banyak iklan yang lewat ketika pengunjung sedang membaca artikel/konten di blog kita. Sehingga pengunjung akan berlama-lama di blog kita.

Harus diakui bahwa desain blog merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan oleh setiap pemilik blog. Desain blog yang menarik bukan yang menampilkan banyak atribut, animasi, warna, dan lain sebagainya. Melainkan desain yang bisa menempatkan fitur-fitur pada blog sesuai porsi dan tempatnya.

Blog yang dipenuhi dengan animasi, widget, dan fitur tidak jelas kegunaannya malah tidak akan membuat blog ramai dikunjungi apalagi untuk berlama-lama di blog kita. Tentu saja tidak! Karena hal itu hanya akan mengganggu mereka membaca artikel atau konten yang blog kita miliki.

Berikut beberapa poin yang harus ada untuk desain blog agar terlihat tampil menarik:

  1. Simpel, tidak terlalu banyak warna, menempatkan animasi, sesuai tempatnya, dan memasang widget berdasarkan kebutuhannya.
  2. Terstruktur, memiliki susunan Head, Body, Sidebar, dan Footer yang jelas.
  3. Responsive, tampilan bisa menyesuaikan di berbagai perangkat.
  4. Penempatan iklan yang tepat, Iklan yang menutupi isi konten sangatlah mengganggu. Hindari iklan pop-up dan sejenisnya. Pilihlah penyedia layanan periklanan yang bisa menyesuaikan dengan blog kita.

Tanamkan Brand/Image yang Menjadi Ciri Khas Blog kita

Bisnis online atau blog/website juga membutuhkan pengenalan brand atau image pada para pengunjungnya. Tujuannya adalah untuk mengenalkan blog kita kepada para pengunjung, sehingga para pengunjung dapat membedakan blog kita dengan blog-blog yang lainnya. Cara ini bisa dilakukan dengan menampilkan logo, banner, address bar icon, maupun tampilan blog yang menjadi ciri khasnya.

Blog adalah Rumah Virtual

Membuat blog ramai dikunjungi dan membuat pengunjung betah berada di blog sebenarnya tidak terlalu susah. Pastikan kita sudah menerapkan semua langkah-langkah di atas. Jadikan blog seperti rumah kita sendiri, buat pengunjung blog merasa nyaman setiap kali mereka datang. Suguhkan mereka dengan konten-konten yang berkualitas. Dan buatlah mereka terkesan.

Selamat mencoba dan Salam Literasi!

#dari berbagai sumber

Post a Comment for "Membuat Pengunjung Betah di Blog"