Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

WordPress Vs Blogspot

WordPress-Vs-Blogspot

Jika berbicara soal blogging, WordPress dan Blogger adalah dua platform yang paling banyak digunakan saat ini. Ada banyak sekali platform blogging yang bisa digunakan, dua diantaranya yang sangat populer ada WordPress dan Blogspot. Keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tapi manakah platform yang terbaik? Ada hal mendasar mengenai perbedaan Blogspot dan WordPress. Blogspot Blogger adalah platform yang dibuat dan dikembangkan oleh Google, sedangkan WordPress adalah platform yang menguasai pasar Sistem Manajemen Konten (CMS) saat ini.

Sejak dulu kala hingga sekarang, Blogger selalu dikenal sebagai platform yang user-friendly. Dengan tool ini, Anda dapat membuat Blog hanya dalam hitungan menit, lalu mempublish postingan. Semuanya bisa Anda lakukan secara gratis.

Sedangkan WordPress terbagi atas dua tipe, yaitu: Platform WordPress.com, adalah layanan hosted yang digunakan untuk membuat Blog gratis. Anda pun bisa mendapatkan akses ke paket premium untuk mengaktifkan fitur-fitur tambahan dan Platform WordPress.org, adalah layanan self-hosted dan merupakan proyek open-source sehingga punya lebih banyak fitur dan opsi yang canggih. Umumnya WordPress yang sering dirujuk atau dibahas di internet adalah WordPress yang datang dalam versi self-hosted. Platform ini dapat diinstall secara gratis. Hanya saja, untuk mengoptimalkan kemampuannya serta membuat Blog atau website berbasis WordPress, maka Anda harus punya web hosting dan domain.

Penjelasan Masing-Masing Platform

Blogspot

Merupakan platform blogging populer yang dimiliki oleh perusahaan mesin pencari terbesar, yakni Google. Karena dimiliki oleh Google, sehingga fitur dalam Blogspot juga terhubung dengan fitur google lainnya. Seperti Google Ads, Gmail, Drive, dan sebagainya. Blogspot sendiri pertama kali muncul pada tahun 1999, didirikan oleh Pyra Labs. Sebelum akhirnya dibeli oleh Google pada tahun 2002. Saat ini blogspot banyak diminati untuk orang-orang yang ingin membuat Blog.

WordPress

Pada tahun 2003, WordPress dirilis oleh Matt Mullenweg dan Mike Little. Sebelumnya ada b2 atau yang dikenal dengan Cafelog yang menjadi asal muasal pembuatan WordPress. Saat ini b2/Cafelog lebih dikenal dengan b2evolution.

WordPress dibagi menjadi dua. Yakni WordPress sebagai platform blogging (WordPress.com), dan WordPress sebagai Content Management System (WordPress.org). Untuk lebih memudahkan, penjelasan mengenai ‘wordpress.com’ akan disingkat menjadi ‘.com’, sedangkan wordpress.org akan disingkat menjadi ‘.org’.

Perbedaan dasar antara WordPress.com dan WordPress.org adalah kostumisasi. WordPress.com digunakan untuk membuat Blog dengan cepat sedangkan WordPress.org digunakan untuk membuat Blog menggunakan alamat domain dan server sendiri.

Hak dan Biaya Kepemilikan

Blogspot

Untuk menggunakan Blogspot, kamu diwajibkan untuk memiliki akun email google. Selama kamu memiliki akun email google, maka kamu bisa mengakses semua produk-produk yang ditawarkan google. Kelebihan lainnya adalah untuk mendaftarkan akun google, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Begitu juga menggunakan Blogspot ini. Kamu bebas menentukan alamat Blog dengan domain .blogspot.com secara cuma-cuma dan mendapat kapasitas penyimpanan file sebesar 15 GB. Kamu juga bisa meng-custom domain tanpa embel-embel .blog spot, tapi dikenakan biaya tambahan.  Sayangnya kamu punya kendali yang terbatas jika menggunakan Blogspot.

WordPress

.COM

Sama seperti Blogspot, WordPress.com memberikan kamu kesempatan untuk berkreasi di Blog secara gratis. Ruang penyimpanan yang ditawarkan cukup besar, yakni 3 GB. Kamu juga bisa dengan bebas menentukan alamat Blog dengan domain .wordpress.com. Namun sama halnya dengan Blogspot, kamu punya kontrol yang terbatas dalam mengelola Blog mu. 

.ORG

Sebenarnya WordPress.org merupakan CMS (Content Management System) yang hanya bisa digunakan apabila mempunyai server dan alamat domain sendiri. Berbeda dengan WordPress.com dan Blogspot, dengan WordPress.org kamu bebas untuk berkreasi, memodifikasi, dan membuat jenis Blog sesuka hati. Hanya saja, untuk menggunakan WordPress.org kamu membutuhkan Domain dan Hosting yang bisa kamu beli. Harga domain dan hosting berbeda-beda, tergantung dengan penyedia layanan hosting, kapasitas penyimpanan dan bandwidth, serta fitur lainnya.

Keamanan

Blogspot

Karena Blogspot dikelola oleh Google, Blogspot bisa dibilang cukup aman untuk digunakan. Jarang ada kasus hacking dalam dunia Blog jika menggunakan Blogspot. Hanya saja kita tidak dapat meng-custom sistem keamanannya karena sudah default.

WordPress

.COM

Sama seperti blogspot, keamanan WordPress.com cukup bisa diandalkan. Hanya saja tidak banyak yang bisa di ubah dari WordPress.com. Seperti yang dibilang sebelumnya, menggunakan WordPress.com hanya tinggal menulis Blog. Kamu tidak perlu memikirkan keamanan website dan plugin apa yang harus di-install. Semua sudah dikelola oleh WordPress sendiri.

.ORG

Berbeda dengan dua platform sebelumnya, WordPress.org lebih membebaskan pemilik Blog untuk mengamankan websitenya. Misalnya dengan menggunakan SSL (Secure Socket Layer), menginstall plugin keamanan, dan lain sebagainya.

Kamu benar-benar diberi kebebasan untuk mengatur Blog kamu. Walaupun banyak kasus Blog WordPress.org sering terkena serangan hack, namun kamu tidak perlu khawatir. WordPress.org selalu melakukan pembaharuan rutin untuk mengamankan Blogmu secara maksimal. Yang terpenting adalah menjaga Blogmu untuk tidak memasang aplikasi atau plugin pihak ketiga yang tidak jelas.

Kemudahan

Blogspot

Blogspot memiliki tampilan interface  yang sangat mudah. Bahkan untuk orang awam sekalipun akan gampang memahami fungsi dari fitur yang ditawarkan Blogspot. Tak sampai di situ, Blogspot juga bisa menambahkan widget hanya dengan drag and drop.

WordPress

.COM

WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP, sehingga ada beberapa bagian WordPress (terutama bagian pengkodean) menggunakan perintah PHP. Sebenarnya tampilan WordPress cukup mudah untuk digunakan, namun ada beberapa fitur yang terbatas bagi pengguna gratisan. Jika ingin membuka fitur lainnya, kamu bisa mengupgrade WordPress kamu menjadi berbayar.

.ORG

Dengan membuat Blog menggunakan CMS WordPress.org, kamu bisa dengan mudah meng-custom Blog mu sebebas-bebasnya. Tak hanya itu, kamu bisa menambahkan berbagai plugin baik yang gratis maupun berbayar untuk menunjang Blog mu agar memiliki fitur yang kamu inginkan.

Fitur-Fitur

Blogspot

Blogspot memiliki fitur yang sebenarnya cukup lengkap. Apalagi untuk blogger pemula, semua yang dibutuhkan sudah tersedia. Hanya saja fiturnya terbatas dan tidak bisa menyesuaikan dengan keinginan pengguna. Jika kamu ingin menambah widget dan mengatur tampilan biar lebih SEO Friendly, kamu bisa mengaturnya melalui menu pengeditan XHTML. Tutorial dan dokumentasi untuk Blogspot juga bisa kamu temukan di Internet.

WordPress

.COM

Sama seperti Blogspot, fitur WordPress.com juga cukup terbatas. WordPress.com sangat simpel dengan fitur yang hanya menunjang menulis dan mempublikasikan tulisan dalam Blog. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan tema gratis yang bisa kamu pilih sesuka hati.

.ORG

Dari semua platform, CMS WordPress menjadi tools paling lengkap. Selain karena kamu bisa sepuasnya mengedit tampilan luar-dalam Blog kamu, dengan CMS WordPress kamu bisa dengan mudah mengoptimalkan Blog yang kamu punya. Walaupun akan cukup sulit mengenali tampilan interface WordPress yang cukup rumit (apalagi untuk pemula), namun ada banyak sekali panduan dan dokumentasi yang bisa kamu temukan di Internet untuk membantu kamu mahir menggunakan WordPress.

Kelebihan

Blogspot

Berikut dua alasan utama mengapa Anda harus menggunakan Blogger:

  • Blogger memungkinkan Anda untuk membuat dan mengelola Blog dengan mudah dan cepat.
  • Pada umumnya website berbasis Blogger memiliki performa yang baik dan juga aman. Semuanya ini berkat adanya infrastruktur Google.
Blogger adalah platform pilihan terbaik bagi Anda yang ingin membuat Blog sederhana dan di dalamnya terdapat tema serta fitur yang sederhana pula. Blogger juga jadi alternatif terbaik bagi Anda yang ingin mengasah skill menulis dan tidak mau repot-repot mengelola setiap aspek dari tampilan Blog. Apabila Blog sudah mulai berkembang dan Blogger tidak lagi bisa menyediakan tool serta fitur yang diinginkan, maka Anda bisa pindah ke WordPress.

WordPress

Pastinya ada alasan mengapa banyak orang kemudian memilih WordPress untuk membuat Blog. Awalnya platform ini memang dikhususkan sebagai software blogging. Namun ternyata, WordPress dapat dioperasikan untuk mengonlinekan berbagai jenis website karena kaya akan plugin dan tema.

Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus memilih dan menggunakan WordPress:

  • Mudah disetup, dan juga mudah untuk membuat halaman dan postingan situs.
  • Adanya kontrol penuh terhadap performa dan pengaturan keamanan website.
  • Salah satu platform yang paling mudah dikustomisasikan. Dengan WordPress, Anda dapat membuat berbagai jenis website.

Jadi, di antara WordPress vs Blogspot, Anda pasti sudah tahu mana yang lebih tepat untuk digunakan. WordPress menawarkan fleksibilitas yang lebih tinggi hampir di semua aspek. Meskipun yang dibuat hanyalah Blog sederhana, WordPress tetap memberikan beragam fitur canggih yang tidak ada di Blogger. Selain itu, walaupun kaya fitur, WordPress bisa dioperasikan oleh siapa pun, bahkan pengguna pemula sekalipun.

Membandingkan perbedaan WordPress dan Blogspot seakan tidak pernah ada habis-habisnya. Namun, WordPress self-hosted lebih unggul di segala situasi. WordPress punya banyak opsi terkait manajemen konten, keamanan, dan kemudahan kustomisasi sehingga tool ini sangat mudah dijalankan oleh semua user. Fakta ini lantas tak menjadikan Blogger bukan pilihan yang baik untuk mengonlinekan Blog. Apabila Anda hanya ingin setup Blog sederhana tanpa fitur tingkat tinggi, maka Blogger adalah alternatif terbaik yang mudah.

Nah itulah perbandingan antara Blogspot dan WordPress. Semua platform Blog punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jika ingin Blog gratisan, kamu bisa menggunakan Blogspot atau WordPress.com. Namun jika ingin serius dalam dunia blogging, WordPress.org menjadi pilihan terbaik.

Terima Kasih. Semoga bermanfaat. Salam Literasi...

Sumber: Domainesia & Hostinger

Post a Comment for "WordPress Vs Blogspot"