Widget HTML #1

Juknis O2SN Jenjang SD & SMP

Juknis O2SN

INFO DAPODIK & PENDIDIKAN. Program dalam rangka meningkatkan prestasi peserta didik di bidang olahraga dan kesehatan jasmani yaitu penyelenggaraan kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional atau disebut O2SN.

Latar Belakang O2SN Jenjang SD & SMP

Kemajuan bangsa Indonesia terutama di masa depan tentu bergantung pada generasi muda sehingga perlu dibekali karakter yang baik. 

Presiden mempunyai visi dan misi untuk mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila sesuai dengan Visi dan Misi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024: “Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.”

Pendidikan dasar merupakan bagian dari sistem pendidikan yang menyeluruh dalam rangka pengembangan prestasi dan karakter peserta didik agar tumbuh dan berkembang secara seimbang baik jasmani dan rohani. 

Pengembangan prestasi dan karakter peserta didik yang dimaksudkan meliputi penguasaan ilmu pengetahuan, pembentukan kepribadian, moral, religius, serta memiliki keterampilan hidup menuju generasi muda yang potensial.

Pendidikan dasar juga menjadi peletak dasar karakter, rasa empati, simpati, sosial, partisipatif dan kreatif, serta kepedulian peserta didik. 

Kedua aspek tersebut harus dikembangkan secara terus-menerus dan berkesinambungan sehingga berdampak signifikan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Salah satu pemikiran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi terhadap pendidikan di Indonesia adalah menjadikan ekstrakurikuler tidak hanya sebagai wadah penyaluran minat dan bakat tetapi dapat memacu kemampuan soft skill anak, memacu leadership/ jiwa kepemimpinan anak, jiwa kompetitif dan spirit tim.

Selain itu, kegiatan ini akan menjadi ajang pengembangan rasa nasionalisme dan persahabatan seluruh peserta didik Indonesia. 

Juknis O2SN Jenjang SD & SMP Tahun 2022

Tema O2SN Pendidikan Dasar tahun 2022 adalah: “Generasi Sehat, Talenta Hebat.“

Sebagai upaya memberikan ruang untuk unjuk minat bakat, kemampuan soft skillleadership, jiwa kompetitif dan spirit tim maka Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, menyelenggarakan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Pendidikan Dasar tahun 2022 yang ke-15 ini didukung oleh PB IPSI dan PB FORKI serta Pengurus Daerah dan Cabang, Wasit dan Juri cabang olahraga pencak silat dan karate, Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/ Kota, penggiat olahraga, KKGO/ MGMP, praktisi dan akademisi maupun profesional di bidang olahraga, peserta didik/ atlet, serta kalangan masyarakat.

Dengan terselenggaranya O2SN tahun 2022, diharapkan memberikan wadah dan apresiasi sesuai dengan minat dan bakat peserta didik dalam bidang olahraga, terutama adalah pendidikan karakter yang tertanam dalam nilai-nilai luhur olahraga yaitu fair play

Kegiatan O2SN Pendidikan Dasar tahun 2022 ini diharapkan juga untuk tetap memelihara semangat dan komitmen para praktisi pendidikan dan penggiat olahraga, pembina olahraga dan atlet, sehingga memungkinkan mereka selalu berupaya mengembangkan proses pendidikan khususnya bidang olahraga. 

O2SN Pendidikan Dasar tahun 2022 akan menjadi salah satu pola pembinaan pendidikan bidang olahraga di Indonesia. 

Sasaran O2SN Pendidikan Dasar tahun 2022 adalah peserta didik jenjang pendidikan dasar yaitu peserta didik Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah (SD/ MI) dan Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/ MTs) di seluruh Indonesia serta Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).

Panduan teknis pelaksanaan O2SN Pendidikan Dasar tahun 2022 yang telah disusun merupakan penyempurnaan dari pedoman sebelumnya. 

Harapannya, panduan teknis ini dijadikan pedoman bagi seluruh pihak terkait dalam mengikuti pelaksanaan O2SN Pendidikan Dasar tahun 2022.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang Pendidikan Dasar dapat unduh panduan dan ketentuan lainnya pada tab dibawah ini: 

Juknis O2SN 2022

Surat Keterangan Sekolah Surat Pernyataan Peserta

Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.

Post a Comment for "Juknis O2SN Jenjang SD & SMP"