Widget HTML #1

Kumpulan Juknis Pelaksanaan OPSI Jenjang SMP

Juknis Pelaksanaan OPSI


INFO DAPODIK & PENDIDIKAN - Kumpulan Juknis Pelaksanaan OPSI Jenjang SMP adalah tema dari informasi kali ini.

Kumpulan Juknis Pelaksanaan OPSI Jenjang SMP akan Admin bagikan informasi kepada Anda semua.

Adapun file dari Kumpulan Juknis Pelaksanaan OPSI Jenjang SMP dapat Anda unduh nanti di akhir postingan ini.

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia merupakan ajang penelitian pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Sederajat guna mempersiapkan peserta didik untuk membangun Indonesia melalui gagasan terbaru dan berkelanjutan. 

Latar Belakang OPSI Jenjang SMP

Dalam rangka mewujudkan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi harus terus berupaya membina dan mengembangkan minat, bakat dan prestasi peserta didik SMP/ MTs/ sederajat melalui berbagai kegiatan kesiswaan.

Sasaran utama proses pembelajaran dan pendidikan adalah peserta didik, yang harus dilibatkan dalam berbagai kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler yang komprehensif dan terpadu sebagai pola pembinaan kesiswaan. 

Pola pembinaan tersebut harus dapat mendukung penyiapan generasi yang berkualitas yang dibentuk dengan landasan kompetensi intelektual, keterampilan, dan sikap yang mumpuni.

Dalam rangka mewujudkan capaian prestasi dalam berbagai bidang ilmu. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia melalui Pusat Prestasi Nasional memandang bahwa program lomba, olimpiade, dan festival harus juga dapat dijadikan sarana pembinaan dan pengembangan kompetensi peserta didik dalam penguasaan IPTEK. 

Upaya tersebut diperkaya dengan berbagai program yang dapat meningkatkan minat, bakat, dan kemampuan peserta didik dalam penelitian. 

Peserta didik diharapkan dapat menghasilkan inovasi dan solusi atas fenomena atau permasalahan di lingkungan masyarakat sekitar.

Dengan demikian, masyarakat dapat memanfaatkan dan mengaplikasikan hasil penelitian peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. 

Untuk itu diperlukannya sebuah agenda kegiatan yang secara konsisten dapat dijadikan wahana pembinaan minat dan bakat para peserta didik SMP/ MTs/ sederajat terhadap dunia penelitian ilmiah.

Agenda penting Pusat Prestasi Nasional dalam rangka membangun manusia Indonesia yang berkarakter kreatif dan inovatif, adalah Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI). 

OPSI berfokus pada upaya menumbuhkan karakter ilmiah melalui kegiatan olimpiade penelitian peserta didik dalam rangka mewujudkan kemerdekaan berpikir peserta didik.

Kegiatan tersebut juga diharapkan sebagai wadah pengembangan prestasi dan pembentukan kepribadian peserta didik yang mandiri dan tangguh. 

Kegiatan penelitian diharapkan juga dapat meningkatkan integritas, sikap bertanggung jawab, kepedulian yang tinggi, kemampuan berpikir logis, analitis, kritis dan inovatif, kemampuan bekerjasama dalam kelompok, kepercayaan diri, serta keterampilan menyajikan gagasan ilmiah baik secara lisan melalui presentasi maupun tulis melalui karya ilmiah. 

Dengan demikian kegiatan ini dapat menumbuhkan karakter ilmiah melalui kegiatan olimpiade dalam rangka mengembangkan kemerdekaan berpikir siswa untuk belajar meneliti.

Juknis Pelaksanaan OPSI Jenjang SMP Tahun 2021

Sasaran KOPSI SMP tahun 2021 adalah peserta didik SMP/ MTs/ sederajat di seluruh wilayah Indonesia, dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).

Adapun Tema pelaksanaan KOPSI SMP Tahun 2021 adalah: “Menduniakan gagasan, Memulihkan Indonesia”.

Selanjutnya, strategi pelaksanaan KoPSI pada tahun 2021 adalah sebagai berikut:

  • KOPSI SMP tahun 2021 ini dilaksanakan dengan sistem daring/online karena kondisi sebagian besar wilayah Indonesia yang masih berzona merah/oranye/kuning dalam masa Pandemi Covid-19 dan masih berlakunya secara luas kebijakan PPKM. 
  • Media pelaksanaan kompetisi menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh panitia pusat. 
  • Pelaksanaan kompetisi harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Panduan selengkapnya tentang Juknis Pelaksanaan OPSI Jenjang SMP pada tahun 2021 bisa dilihat dan diunduh pada tab di bawah ini. 


Juknis OPSI Tahun 2021


Juknis Pelaksanaan OPSI Jenjang SMP Tahun 2022

Pada tahun 2022, Pusat Prestasi Nasional berkomitmen menyelenggarakan olimpiade penelitian ilmiah untuk para peserta didik SMP/ MTs/ sederajat yang dikemas dalam kegiatan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI).

OPSI tahun 2022 menggagas tema yaitu "Menduniakan Gagasan" dan dilaksanakan secara daring.

Adapun Sasaran OPSI SMP tahun 2022 adalah peserta didik SMP/ MTs/ sederajat di seluruh wilayah Indonesia, dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).

Selanjutnya, biaya pelaksanaan OPSI SMP tahun 2022 dibebankan pada Rencana Kerja Anggaran Kementerian dan Lembaga (RKAKL) Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Tahun 2022.

Agar pelaksanaan OPSI SMP tahun 2022 terselenggara dengan baik, maka disusun buku petunjuk pelaksanaan yang dapat digunakan sebagai pedoman panitia, peserta didik, guru, dewan juri dan pihak terkait lainnya. 

Petunjuk Pelaksanaan OPSI SMP tahun 2022 ini tidak hanya berisi petunjuk teknis pelaksanaan lomba OPSI, tapi juga memberikan perspektif pentingnya OPSI SMP tahun 2022 untuk diikuti oleh para peserta didik dalam pengembangan dunia penelitian di Indonesia.

Selengkapnya mengenai Juknis Pelaksanaan OPSI Jenjang SMP Tahun 2022 dapat dilihat dan diunduh pada tab di bawah ini:


Juknis OPS 2022
Form Surat Keterangan Kepala Sekolah Form Surat Pernyataan Peserta


Demikianlah informasi di atas mengenai Kumpulan Juknis Pelaksanaan OPSI Jenjang SMP yang telah Admin bagikan kepada Anda, semoga bermanfaat.

Untuk informasi tentang Juknis atau pedoman Pelaksanaan OPSI Jenjang SMP & SMA Tahun 2024 dapat Anda lihat disini.

Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.

Post a Comment for "Kumpulan Juknis Pelaksanaan OPSI Jenjang SMP"