Pedoman Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2024 SMP/MTs & SMA/MA

Table of Contents

Pedoman Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI)


INFO DAPODIK & PENDIDIKAN - Pedoman Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2024 SMP/MTs & SMA/MA adalah tema dari informasi kali ini.

Pada kesempatan ini Admin akan membagikan informasi tentang Pedoman Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2024 SMP/MTs & SMA/MA untuk Anda.

Adapun file dari Pedoman Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2024 SMP/MTs & SMA/MA dapat Anda unduh nanti di akhir tulisan ini ya...

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) SMP dan SMA adalah sebuah ajang talenta di bidang sains yang diselenggarakan untuk peserta didik SMP dan SMA.

Ajang OPSI SMP dan SMA dilaksanakan dalam rangkaian proses mulai dari registrasi, unggah proposal, review proposal, mendapatkan saran dan masukan, klirens etik, dan melaksanakan penelitian guna menjaring peserta terbaik dari 38 provinsi. 

Rangkaian proses dilakukan sebagai cara untuk melihat keberminatan dan keseriusan peserta didik di seluruh Indonesia untuk mendeskripsikan gagasannya dalam melakukan penelitian.

Dalam upaya mewujudkan visi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tahun 2020-2024 yaitu mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebhinekaan global, serta menjalankan fungsi kelembagaan tentang pelaksanaan pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik, Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menyelenggarakan ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah pada tahun 2024.

Penelitian dan pengembangan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya menjadi kunci bagi sebuah negara untuk tumbuh menjadi negara maju.

Peringkat publikasi penelitian Indonesia yang dirilis website Scimago Journal & Country Rank pada tahun 2021 mengalami peningkatan menjadi ranking 20 (52.079 publikasi). 

Capaian ini telah mengalahkan beberapa negara tetangga seperti Malaysia (ranking 24), Singapore (ranking 37), dan Brunei Darussalam (ranking 114). 

Oleh karena itu, OPSI tahun 2024 diselenggarakan dalam upaya mempersiapkan Sumber Daya Manusia khususnya generasi muda untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa atau peserta didik dalam upaya mendorong inovasi guna penguatan ekonomi untuk menjadi negara maju berbasis Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni dan Budaya.

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) diharapkan sebagai wadah pengembangan prestasi dan pembentukan kepribadian peserta didik yang mandiri dan tangguh. 

Kegiatan penelitian dapat meningkatkan integritas, sikap bertanggung jawab, kepedulian yang tinggi, kemampuan berpikir logis dan analitis, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, kemandirian, kepercayaan diri, serta keterampilan menyajikan gagasan ilmiah baik secara lisan melalui presentasi maupun tulis melalui karya ilmiah. 

Tema yang ditetapkan pada OPSI Tahun 2024 adalah Merdeka Berprestasi, Talenta Sains Menginspirasi dengan tagar #MERDEKA BERPRESTASI Talenta Sains Menginspirasi

Adapun tujuan dari Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2024 SMP/ MTs & SMA/ MA adalah sebagai berikut:

  • Memotivasi peserta didik untuk berkreasi dan berinovasi dalam berbagai bidang ilmu sesuai dengan minat dan bakatnya;
  • Membangun integritas dan sikap bertanggung jawab, kepedulian yang tinggi, kemampuan berpikir kritis, logis, analitis, dan kreatif serta kemampuan bekerja sama dalam kelompok, kemandirian, kepercayaan diri, serta keterampilan menyajikan gagasan ilmiah baik secara lisan melalui presentasi maupun tulis melalui karya ilmiah;
  • Menanam dan memupuk budaya meneliti agar tercipta literasi IPTEKS di kalangan peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang berasaskan pendidikan karakter;
  • Menjaring peserta didik yang memiliki bakat dan kemampuan dalam bidang penelitian serta memperoleh hasil penelitian yang kolaboratif, orisinal, berkualitas, dan kompetitif dalam rangka menyiapkan bibit unggul talenta nasional di bidang penelitian;
  • Memfasilitasi peserta didik peneliti dari berbagai daerah untuk menggelar karya penelitian.
  • Memilih peserta didik untuk diikutsertakan dalam berbagai kompetisi penelitian, forum ilmiah, serta publikasi nasional dan internasional;
  • Menyosialisasikan kegiatan dan hasil penelitian peserta didik kepada masyarakat dan dunia usaha/ industri.

Pedoman Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2024 SMP/MTs & SMA/MA ini disusun untuk memberikan informasi dan gambaran berbagai aspek penyelenggaraan ajang OPSI SMP dan SMA kepada para peserta, guru pembimbing, juri, dan para pemangku kepentingan lainnya. 

Selamat mempersiapkan diri, belajar, dan berkarya sebaik-baiknya agar kegiatan ajang dapat terlaksana sesuai rencana dan memberikan hasil maksimal.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Pedoman Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2024 SMP/MTs & SMA/MA dapat Anda unduh filenya dengan cara klik tab unduhan di bawah ini:


Pedoman OPSI Tahun 2024


Demikianlah informasi di atas tentang Pedoman Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2024 SMP/MTs & SMA/MA yang telah Admin bagikan kepada Anda, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.

Post a Comment