Widget HTML #1

Kumpulan Panduan Teknis OSN Jenjang SMP

Juknis OSN SMP


INFO DAPODIK & PENDIDIKAN - Kumpulan Panduan Teknis OSN Jenjang SMP merupakan tema informasi kali ini.

Pada artikel ini Admin akan membagikan informasi seputar Kumpulan Panduan Teknis OSN Jenjang SMP.

Dalam rangka meningkatkan prestasi peserta didik di bidang sains, riset dan teknologi, Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Ristek menyelenggarakan kegiatan Olimpiade Sains Nasional atau disebut OSN.

Latar Belakang OSN Jenjang SMP

Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan salah satu fokus pembangunan pada Kabinet Indonesia Maju. 

Kualitas sumber daya manusia dapat ditingkatkan melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi secara terencana, terprogram, dan tersistem. 

Sistem pendidikan sebagaimana digagas Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk mengedepankan merdeka belajar dan kampus merdeka. 

Oleh karenanya kita semua berupaya untuk mendukung kebijakan tersebut dalam meningkatkan prestasi peserta didik dari jenjang yang paling dasar yaitu pendidikan dasar.

Jenjang pendidikan dasar memiliki peran yang sangat penting dalam mencetak generasi emas 2045, memastikan anak-anak tersebut dapat mengenyam pendidikan yang berkualitas, dan tentunya dibekali dengan pendidikan karakter yang mulia. 

Sebab cerdas saja tidak cukup namun perlu diimbangi dengan karakter, moral, dan mental yang kuat.

Adanya persaingan yang makin ketat, maka peserta didik khususnya pada jenjang pendidikan dasar dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang cukup.

Pengembangan kualitas lulusan peserta didik melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Ajang OSN ini menjadi ruang bagi peserta didik dalam mengasah pengetahuan dan keterampilan dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS. 

Mengingat situasi dan kondisi Indonesia masih berjuang untuk menghadapi pandemic covid-19 terutamanya varian omicron, maka kegiatan OSN SMP diselenggarakan secara daring. 

Perubahan merupakan sesuatu yang kekal, oleh sebab itu kita semua harus siap terhadap perubahan itu sendiri termasuk di dalamnya perkembangan informasi dan teknologi yang pesat.

Pelaksanaan OSN secara daring sangat erat kaitannya dengan teknologi informasi yang bukan menjadi hal baru bagi peserta didik, dikarenakan sudah memiliki pengalaman dalam 2 tahun terakhir belajar secara daring melalui penggunaan laptop maupun handphone

Pedoman ini diharapkan dapat memberikan informasi secara komprehensif kepada peserta didik, para guru Pembina, dan masyarakat luas untuk menyiapkan peserta didik mengikuti OSN SMP secara daring.

Panduan Teknis OSN Jenjang SMP Tahun 2021

Tema pelaksanaan KSN SMP 2021 adalah: Aku Hebat, Aku Sehat, Indonesiaku Kuat”.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Sekretariat Jenderal melalui Pusat Prestasi Nasional, melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan di bidang Matematika, IPA, dan IPS antara lain melalui penyelenggaraan kompetisi Matematika, IPA, dan IPS yang dikenal dengan nama Kompetisi Sains Nasional (KSN).

Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif. 

Selain itu melalui kegiatan KSN ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif.

Kemampuan-kemampuan itulah yang diperlukan agar peserta didik dapat bertahan pada keadaan yang penuh kompetisi. Kegiatan kompetisi ini sekaligus dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik dalam menguasai dan menciptakan teknologi baru di masa depan.

Mengingat Indonesia saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, kegiatan KSN SMP kembali dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan media teknologi dan jaringan internet.

Pemanfaatan media teknologi dalam kompetisi ini masih merupakan suatu hal yang relatif baru bagi peserta didik.

Sasaran KSN SMP tahun 2021 adalah peserta didik yang terdaftar sebagai siswa SMP dan/atau yang sederajat kelas 7 dan 8 pada tahun ajaran 2020/2021 atau kelas 8 dan 9 pada tahun ajaran 2021/ 2022 serta berusia maksimal 16 tahun saat mengikuti KSN babak penyisihan tahap 1, babak penyisihan tahap 2, dan pelaksanaan tingkat nasional tahun 2021.

Oleh karena itu, maka panduan teknis kegiatan KSN SMP tahun 2021 ini tetap disesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini.


Panduan Teknis KSN Jenjang SMP 2021


Panduan Teknis OSN Jenjang SMP Tahun 2022

Tema penyelenggaraan OSN SMP tahun 2022 yaitu “TALENTA SAINS UNTUK INDONESIA MAJU”.

Pelaksanaan OSN jenjang SMP tahun 2022 berupaya untuk dapat menghasilkan anak-anak berprestasi di bidang Matematika, IPA, dan IPS dan mampu berdaya saing nasional maupun global.

Adapun sasaran OSN SMP tahun 2022 adalah peserta didik yang terdaftar sebagai siswa SMP dan/atau yang sederajat kelas 7 dan 8 pada tahun ajaran 2020/ 2022 serta berusia maksimal 16 tahun per 31 Desember 2022.

Melalui OSN ini, Pusat Prestasi Nasional berharap dapat menjadi ruang atmosfer olimpiade yang sehat dan bertumbuh dalam budaya yang silih asih dan asuh.

Dukungan segenap pihak  sangat diperlukan dalam menyiapkan peserta didik menjadi  generasi bangsa yang kelak turut andil dalam kemajuan Indonesia.

Jadwal Pelaksanaan OSN SMP 2022

No Kegiatan Waktu Pelaksanaan
1 Sosialisasi Pedoman Pelaksanaan OSN SMP
tahun 2022
April 2022
2 Virtual Meeting dan penjelasan teknis
Puspresnas dengan Daerah
April 2022
3 Pendaftaran Peserta 20 April – 20 Mei 2022
4 Ujicoba aplikasi dan simulasi OSN Mei 2022
5 Seleksi babak penyisihan Mei 2022
6 Virtual meeting dan penjelasan pelaksanaan babak final Juni 2022
7 Pelaksanaan babak final OSN Nasional Juli 2022

Jika ada perubahan jadwal akan diinformasikan di sosial media (Instagram, Twitter, Facebook) Pusat Prestasi Nasional. 

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP dapat unduh panduan dan ketentuan lainnya pada tab dibawah ini:


Panduan Teknis OSN Jenjang SMP Tahun 2022

Surat Keterangan Sekolah Surat Pernyataan Peserta


Selanjutnya, bila Anda ingin mengetahui informasi lebih lengkap tentang Panduan Juknis OSN jenjang SMP untuk Tahun 2024 dapat Anda unduh pada tab unduhan di bawah ini:


Panduan OSN SMP Tahun 2024


Mengenai informasi tentang Silabus OSN jenjang SMP dapat Anda lihat disini ya...

Demikian informasi di atas mengenai Kumpulan Panduan Teknis OSN Jenjang SMP, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.

Post a Comment for "Kumpulan Panduan Teknis OSN Jenjang SMP"