Widget HTML #1

Surat Edaran Tentang Persiapan Penetapan dan Alokasi Penerima BOS, BOP, BOP Kesetaraan TA 2023

Surat Edaran Tentang Persiapan Penetapan dan Alokasi Penerima BOS, BOP, BOP Kesetaraan

INFO DAPODIK & PENDIDIKAN. Salam Satu Data, Admin pada kesempatan kali ini akan menginformasikan mengenai Surat Edaran Tentang Persiapan Penetapan dan Alokasi Penerima BOS, BOP, BOP Kesetaraan TA 2023.

Surat Edaran Tentang Persiapan Penetapan dan Alokasi Penerima BOS, BOP, BOP Kesetaraan TA 2023 yang bernomor 7947/C/HK.04.01/2022 dan diterbitkan pada tanggal 10 Agustus 2022.

Berikut beberapa poin penting dari Surat Edaran Tentang Persiapan Penetapan dan Alokasi Penerima BOS, BOP, BOP Kesetaraan TA 2023 yang berasal dari Dirjen Pauddikdasmen, silahkan disimak ya.

Dalam rangka persiapan penetapan dan alokasi penerima Dana BOS, Dana BOP PAUD, dan Dana BOP Kesetaraan Tahun Anggaran 2023 dengan mempedomani Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 2 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini, Bantuan Operasional Sekolah, dan Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan, bersama ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

  • Penetapan satuan pendidikan penerima Dana BOS, Dana BOP PAUD, dan Dana BOP Kesetaraan TA 2023 dilakukan pada satuan pendidikan yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:
    • Telah mengisi dan melakukan pemutakhiran Dapodik sesuai dengan kondisi riil paling lambat tanggal 31 Agustus 2022;
    • Memiliki izin untuk menyelenggarakan pendidikan bagi satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat yang terdata pada Dapodik;
    • Memiliki Rekening Satuan Pendidikan atas nama Satuan Pendidikan; dan
    • Bukan merupakan satuan pendidikan kerja sama. 

Selain memenuhi persyaratan tersebut di atas, khusus satuan pendidikan penerima BOP Kesetaraan, harus memiliki peserta didik paling sedikit 10 (sepuluh) peserta didik pada setiap jenjang, sementara untuk satuan pendidikan penerima BOS, tidak merupakan satuan pendidikan yang dikelola oleh kementerian/ lembaga lain. 

  • Penetapan alokasi Dana BOS, Dana BOP PAUD, dan Dana BOP Kesetaraan TA 2023 dihitung berdasarkan besaran satuan biaya pada masing-masing daerah dikalikan dengan jumlah peserta didik yang memiliki NISN yang valid pada cut of Dapodik 31 Agustus 2022.
  • Persyaratan izin, jika terdapat satuan pendidikan dengan izin penyelenggaraan pendidikan masih dalam proses pembuatan atau perpanjangan, maka dapat dilakukan dengan menggunakan surat keterangan dari Dinas Pendidikan. 
  • Dalam hal terdapat satuan pendidikan tidak ditetapkan sebagai penerima Dana BOS Reguler/ BOP PAUD/ BOP Kesetaraan TA 2023, biaya operasional satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah menjadi tanggung jawab pemerintah daerah dan biaya operasional satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat menjadi tanggung jawab badan hukum penyelenggara satuan pendidikan bersangkutan.

Selanjutnya, masih dalam Surat Edaran Tentang Persiapan Penetapan dan Alokasi Penerima BOS, BOP, BOP Kesetaraan TA 2023 yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota.

Perihal poin-poin di atas tadi, maka Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota agar:

  • Melakukan pembinaan dan pengawasan pada satuan pendidikan di wilayah kewenangan Saudara yang meliputi:
    • Melakukan verifikasi dan validasi data satuan pendidikan yang diinput pada Dapodik sesuai dengan kondisi riil;
    • Membantu dan mengupayakan satuan pendidikan yang memiliki keterbatasan untuk melakukan pendataan secara mandiri;
    • Memastikan satuan pendidikan menyiapkan kelengkapan dan keabsahan isian data satuan pendidikan yang mutakhir dan bertanggung jawab atas keabsahan isian data satuan pendidikan; dan
    • Memastikan seluruh satuan pendidikan melakukan sinkronisasi Dapodik paling lambat 31 Agustus 2022. 
  • Menyampaikan surat keterangan yang ditujukan kepada Mendikbudristek c.q. Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah yang dilampiri data satuan pendidikan yang izin penyelenggaraannya masih dalam proses pembuatan/perpanjangan. Surat paling lambat dapat diterima tanggal 31 Agustus 2022 melalui tautan http://ringkas.kemdikbud.go.id/izinPenyelenggaran. Setelah proses izin penyelenggaraan selesai, Dinas Pendidikan harus melakukan pemutakhiran data pada tautan https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id. 
  • Menyampaikan pengusulan rekening satuan pendidikan terutama bagi satuan pendidikan yang belum memiliki rekening standar dan bermaksud menerima Dana BOS, Dana BOP PAUD, dan Dana BOP Kesetaraan TA 2023. 
  • Melakukan identifikasi satuan pendidikan yang dikelola oleh Kementerian/Lembaga lain dan menyampaikannya secara resmi kepada Mendikbudristek c.q. Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah paling lambat 31 Agustus 2022 melalui tautan http://ringkas.kemdikbud.go.id/sekolahKL.

Demikian informasi mengenai Surat Edaran Tentang Persiapan Penetapan dan Alokasi Penerima BOS, BOP, BOP Kesetaraan TA 2023, semoga dapat bermanfaat.

Selengkapnya terkait informasi selengkapnya mengenai Surat Edaran Tentang Persiapan Penetapan dan Alokasi Penerima BOS, BOP, BOP Kesetaraan TA 2023 dapat di download pada tab unduhan di bawah ini:


Surat Edaran Dirjen Pauddikdasmen


Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.

Post a Comment for "Surat Edaran Tentang Persiapan Penetapan dan Alokasi Penerima BOS, BOP, BOP Kesetaraan TA 2023"